Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian
3)
No 21.
Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan
pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
A.
edukatif
B.
sosial
C.
medis
D.
pribadi
No 22.
Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan
kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari
kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
A.
emosi
B.
curiga pada orang lain
C.
kepekaan terhadap lingkungan
D.
ketergantungan pada orang lain
No 23.
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti
orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari
aspek....
A.
Fisik
B.
motorik
C.
sosial
D.
akademis
No 24.
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra
adalah latihan....
A.
tali temali
B.
bermain bola
C.
membaca dan menulis huruf braille
D.
menulis huruf latin
No 25.
Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami
kerusakan organ pendengaran pada bagian....
A.
luar dan tengah
B.
tengah dalam dan syaraf pendengaran
C.
tengah
D.
dalam saja
No 26.
Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah
sebagai berikut, kecuali....
A.
rubela
B.
meningtis
C.
tympanisclerosis
D.
trauma akustik
No 27.
Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput
gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan
tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
A.
konduktif
B.
sensor
C.
endogen
D.
eksogen
No 28.
Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan
menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan
karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
A.
akademis
B.
sosial
C.
kesehatan
D.
fisik
No 29.
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi,
layanan....
A.
pendidikan yang sama dengan anak
normal.
B.
memperbanyak pelajaran praktek
C.
akademik dan layanan untuk
mengurangi kelaianannya.
D.
latihan, administrasi
No 30.
Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan,
tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
A.
oral
B.
membaca ujaran
C.
manual ( isyarat)
D.
komunikasi total
Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404
(bagian 3)
No 21.
a. salah, karena pencegahan secara edukatif yang berperan
adalah keluarga dan sekolah.
b. salah, karena pencegahan secara sosial dapat dilakukan
melalui penyuluhan.
c. benar, yaitu dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini.
d. salah, karena jawaban yang diberikan kurang sesuai
No 22.
a. Salah, karena mudah tersinggung
b. salah, karena curiga pada orang lain.
c. benar, yaitu kepekaan pada lingkungan.
d. salah, karena ketergantunganpada orang orang lain.
No 23.
a. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b. benar, yaitu aspek motorik
c. salah, bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
No 24.
a. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b. salah, karena kurang mendukung latihan bagi tunanetra
c. benar, yaitu memberikan latihan membaca dan menulis huruf
braille.
d. salah, bukan merupakan latihan yang sesuai
No 25.
a. benar, yaitu luar dan tengah
b. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
c. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
No 26.
a. benar, yaitu disebabkan karena virus yang berbahaya dan
sulit didiagnosis
b. benar, yaitu radang selaput otak yang disebabkan karena bakteri.
c. salah, karena tunarungu terjadi disebabkan faktor konduktif.
d. benar, yaitu disebabkan adanya suara bising dalam waktu yang
lama.
No 27.
a. benar, yaitu kerusakan telinga tengah.
b. salah, karena faktor genetic
c. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
No 28.
a. salah, karena anak tunarungu dalam pelajaran verbal akan
lebih dibandingkan anak normal
b. benar, anak tunarungu lebih dekat dengansesama anak
tunarungu lainnya.
c. salah, karena dari kesehatan anak tunarungu dapat merawat
diri sendiri.
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
No 29.
a. salah, karena pendidikan anak normal dengan tunanetra
berbeda karakternya.
b. salah, karena pelayanan yang diberikan tidak harus banyak
praktek.
c. benar, selain secara akademis perlu diberi layanan yang
dapat mengurangi dampak kelainannya.
d. salah, karena jawabannya kurang sesuai.
No 30.
a. salah, karena komunikasi yang digunakan melalui bahasa
lisan.
b. salah, karena membaca ujaran
digunakan untuk anak tunarungu yang
mengalami kesulitan menyimak.
c. salah, karen metode komunikasi ini menggunakan bahasa
isyarat dan ejaan jari.
d. benar, yaitu menggunakan segala metode komunikasi, baik
tulisan, lisan, maupun isyarat.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar