Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian
2)
No 11.
Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus
untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung
dengan....
A.
anak normal
B.
anak seusia
C.
saudaranya
D.
teman - temannya
No 12.
Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam
dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang
dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model....
A.
layanan di sekolah biasa
B.
sekolah biasa dengan guru konsultan
C.
sekolah biasa dengan ruang sumber
D.
sekolah khusus ALB
No 13.
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam
membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan
pendekatan ....
A.
mandiri
B.
kolaborasi
C.
pereodik
D.
berkesinambungan
No 14.
Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A.
Moh Yamin
B.
Erancoya
C.
Clark
D.
teman
No 15.
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan
karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A.
sosial
B.
fisik
C.
akademik
D.
emosional
No 16.
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi
mereka untuk....
A.
A.pengembangan fungsi otak yang
efektif dan efisien
B.
membutuhkan kepedulian masyarakat
C.
pengembangan aset bangsa
D.
emosional
No 17.
Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat
adalah....
A.
Pengajaran semua matapelajaran di
sekolah
B.
penguasaan konsep penting
matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C.
meningkatkan potensi belajar di atas
rata - rata kelas
D.
membina terciptanya anak unggulan
No 18.
Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan
karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai
berikut, kecuali....
A.
mengadakan kelas pengayaan
B.
menggunakan guru konsultan
C.
sekolah umum
D.
studi mandiri
No 19.
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan
karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A.
percepatan/ akselerasi siswa
B.
studi mandiri
C.
menggunakan guru konsultan
D.
menggunakan ruangan sumber belajar.
No 20.
Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low
vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A.
20/20 - 20/50 feet
B.
60/60 - atau 20/200 feet
C.
virus o
D.
6/20 atau 20/70 feet
Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404
(bagian 2)
No 11.
a. benar, penyediaan pendidikan bagi ALB di sekolah yang sama
dengan anak normal.
b. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
c. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d. salah, karena bukan jawaban yang sesuai.
No 12.
a. salah, karena di sekolah biasa tidak ada guru PLB.
b. benar, guru PLB sebagai konsultan.
c. salah, karena pada
ruang sumber ALB berpisah dengan anak normal pada waktu tertentu.
d. salah, karena pada sekolah khusus ALB terpisah dengan anak
normal.
No 13.
a. salah, karena pendekatan mandiri bukan merupakan jawaban
yang sesuai.
b. benar, yaitu pelayanan yang diberikan secara bekerjasama
dalam membantu ALB
c. salah, karena pendekatan pereodik bukan merupakan jawaban
yang sesuai.
d. salah, karena pendekatan berkesinambungan bukan merupakan
jawaban yang sesuai
No 14.
a. salah, karena anak yang menunjukkan kemampuan rata- rata
baik dalam kemampuan intelektual maupun intelektual unggul.
b. salah, karena berhubungan dengan kecakapan secara jelas
berada di atas rata- rata dalam satu atau lebih rendah bakat manusia.
c. salah, karena anak berbakat adalah anak yang menunjukkan
kemampun yang tinggi dalam bidang- bidang intelektual, seni, yang memerlukan
pelayanan aktivitas yang tidak bisa disediakan oleh sekolah agar tiap kemampuan
berkembang secara penuh.
d. benar, yaitu anak berbakat anak yang memiliki skor IQ 130 –
140.
No 15.
a. salah, karena ditandai dengan diterimanya oleh mayoritas
teman sebaya.
b. salah, karena ditandai dengan penampilan yang menarik dan
rapi.
c. benar, yaitu anak memiliki ketekunan dan rasa ingin tahu
yang benar
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
No 16.
a. benar, yaitu pengembangan fungsi otak yang efektif dan
efisien.
b. salah, karena merupakan pendidikan yng berhubungan dengan
kepentingan masyarakat.
c. salah, karena merupakan pendidikan yang berhubungan dengan
kepentingan masyarakat.
d. salah, karena merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan
kepentingan masyarakat.
No 17.
a. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b. benar, yaitu anak berbakat harus menguasai sistem konseptual
c. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
No 18.
a. benar, yaitu dengan mengadakan kelas pengayaan.
b. benar, dengan menggunakan guru konsultan
c. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d. benar, yaitu dengan studi mandiri
No 19.
a. benar, yaitu melalui percepatan/ akselerasi siswa
b. salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar.
c. salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar
d. salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar.
No 20.
a. benar, yaitu memiliki ketajaman 20/20 - 20/50
b. salah, karena termasuk dapat melihat dengan bantuan khusus
c. salah, karena sudah tidak mampu lagi melihat rangsangan
cahaya
d. salah, karena dikategorikan tunanetra.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar