
A.
menggunakan bahasa dalam
berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan
B.
sebelum menggunakan bahasa untuk
berkomunikasi harus memahami unsur-unsur kalimat
C.
aturan-aturan dalam tata bahasa
harus dikuasi lebih dahulu
D.
bahasa yang menentukan kaidah
bahasa, bukan kaidah bahasa yang menentukan bahasa
No 12.
Yang dimaksud dengan teknik ramu pendapat (brainstorming)
adalah ....
A.
cara yang digunakan dalam
pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat lebih mendalami materi pelajaran
yang diberikan guru
B.
upaya guru dalam menyampaikan materi
agar siswa tertarik untuk belajar lebih lanjut pada materi
C.
usaha guru untuk memotivasi siswa
dengan cara memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa
A.
D.pembelajaran yang menggunakan cara
mengumpulkan pendapat para siswa tentang suatu hal untuk diseleksi,
diklasifikasi, dan dianalisis bersama-sama
No 13.
Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan pembelajaran
yang menekankan pada ....
A.
keaktifan siswa dalam belajar baik
di dalam kelas maupun di luar kelas
B.
pengembangan kompetensi komunikasi
siswa untuk mendukung kemampuan berkomunikasi
C.
proses belajar daripada hasil
belajar siswa
D.
penguasaan salah satu keterampilan
berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, atau menulis
No 14.
Tema sangat diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
karena tema merupakan ....
A.
sarana untuk mempermudah dalam
memperkaya kosakata bahasa Indonesia
B.
alat untuk menyederhanakan
pembelajaran Bahasa Indonesia
C.
wadah untuk belajar bahasa
D.
jembatan dalam pembelajaran lintas
materi
No 15.
Simak ilustrasi berikut ini.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bu Noor memberikan
wacana seperti berikut:
Setiap Minggu pagi pukul 05.00 Nunung, Nanang, Ayah, dan Ibu
lari-lari mengelilingi lapangan sepak bola di dekat rumahnya 5 kali. Setelah
itu dilanjutkan dengan main bulu tangkis selama 30 menit. Pukul 06.00 mereka
makan bubur ayam dan minum teh hangat. Karena bubur ayam merupakan makanan
kegemaran Nanang, pagi itu Nanang menghabiskan dua mangkok.
Langkah-langkah pembelajaran berikut ini mencerminkan model
pembelajaran terpadu lintas kurikulum
A.
A.siswa diminta Bu Noor untuk
menceritakan kembali wacana tersebut secara lisan di depan kelas, siswa lain
memberi tanggapan
B.
B.siswa diberi tugas untuk membuat
wacana yang bertema lari pagi sebanyak dua halaman dan membuat daftar istilah
dalam keolahragaan
C.
wacana tersebut dibaca Bu Noor,
siswa menyimak dengan saksama, kemudian siswa diminta untuk membuat laporan hasil
simakannya secara tertulis
D.
D.Bu Noor memberi tugas kepada siswa
untuk menghitung lamanya keluarga Nunung berolah raga dan menghitung banyaknya
bubur ayam yang dihabiskan keluarga Nunung, lalu membuat laporannya secara
tertulis dalam tugas kelompok
No 16.
Pengertian kurikulum berikut ini menurut pendapat Johnson
....
A.
Kurikulum adalah serangkain
pengalaman pendidikan yang digunakan oleh sekolah untuk menyempurnakan
perkembangan anak
B.
Kurikulum adalah semua alat
pengajaran yang dipakai sekolah untuk memberi kesempatan belajar siswa menuju
tujuan belajar yang dikehendaki
C.
Kurikulum adalah suatu rangkaian
hasil belajar yang diinginkan, yang digunakan untuk mengantisipasi hasil pengajaran,
bukan mengantisipasi alat untuk mencapai tujuan
D.
Kurikulum adalah semua pengalaman
belajar dan mengajar yang terpimpin dan diarahkan oleh sekolah
No 17.
Fungsi kurikulum bagi guru adalah sebagai....
A.
A.sarana untuk membuat satuan
pelajaran
B.
pedoman untuk menjalankan tugasnya
sehari-hari
C.
pedoman untuk mengevaluasi
perkembangan siswa
D.
keseimbangan proses pendidikan
penyiapan bagi guru
No 18.
Jika materinya “cerita pengalaman ketika rekreasi” dan hasil
belajarnya “menceritakan pengalaman liburan”, indikator yang tepat adalah
seperti berikut, kecuali ....
A.
menceritakan kejadian-kejadian yang
dialami selama pergi ke pantai bersama keluarga
B.
mengungkapkan peristiwa yang
diceritakan pamannya tentang meletusnya gunung Krakatau
C.
menceritakan peristiwa yang
dilihatnya sewaktu dalam perjalanan menuju Danau Toba bersama temannya
D.
mengungkapkan kejadian yang
dilihatnya saat mengunjungi Kebun Raya Bogor
No 19.
Jika standar kompetensinya “mampu membaca dengan pemahaman
teks agak panjang dengan bersuara dan membaca dalam hati secara intensif dan
membaca dongeng dan puisi”, maka membacakan dongeng dengan penghayatan dan
ekspresi yang sesuai” merupakan ....
A.
kompetensi dasar
B.
hasil belajar
C.
indikator
D.
materi pokok
No 20.
Jika materinya “teks cerita fiksi” dan hasil belajarnya
“membaca cerita fiksi, menceritakan isi, dan meyimpulkan isi cerita, indikator
yang tepat adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
memparafrase isi cerita yang dibaca
secara lisan, siswa lain menyimak
B.
menulis cerita fiksi berdasarkan
pengalaman yang pernah dialami
C.
membuat kesimpulan hasil bacaannya
D.
mengajukan pertanyaan yang sesuai
dengan isi cerita, kelompok lain menjawab
Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204
(Bagian 2)
No 11.
a. Benar, karena pada hakikatnya belajar bahasa adalah belajar
berkomunikasi
b. Salah, karena dengan memahami unsur-unsur kalimat bukan
merupakan belajar berkomunikasi;
c. Salah, karena aturan/kaidah bahasa dapat dipelajari
bersamaan dengan menggunakan bahasa
d. Salah, karena pernyataan tersebut bagian dari prinsip
empiris lainnya.
No 12.
a. Salah, karena cara tersebut digunakan dalam teknik pemberian
tugas
b. Salah, karena tujuan teknik ramu pendapat bukan agar siswa
tertarik belajar lebih lanjut, tetapi untuk mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya
c. Salah, karena usaha tersebut jelas digunakan dalam teknik
pemberian tugas
d. Benar, karena dengan cara tersebut guru dapat memperoleh
banyak pendapat/informasi, dengan demikian banyak pula materi yang dapat
didiskusikan.
No 13.
a. Salah, karena pernyataan tersebut penekanan dalam CBSA
b. Benar, karena untuk mendukung kemampuan komunikasi siswa,
siswa harus diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk melakukan komunikasi
baik lisan maupun tulisan
c. Salah, karena hal itu merupakan penekanan dari pendekatan
keterampilan proses
d. Salah, karena dalam berkomunikasi harus menguasai keempat
keterampilan berbahasa.
No 14.
a. Salah, karena dalam pembelajaran bahasa, untuk memperkaya
kosakata harus banyak membaca
b. Salah, karena untuk membuat pembelajaran Bahasa Indonesia
lebih sederhana adalah dengan memilih materi pelajaran yang sesuai dengan
kondisi sosial-budaya siswa
c. Benar, karena dengan adanya tema pembelajaran bahasa dapat
lebih terarah dan focus
d. Salah, karena yang diperlukan dalam pembelajaran lintas
materi adalah kemampuan siswa terhadap minimal dua keterampilan berbahasa,
yaitu keterampilan membaca dan menulis.
No 15.
a. Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu
lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia
yang mencakup dua keterampilan berbahasa (berbicara-menyimak)
b. Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu
lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia
yang mencakup dua keterampilan berbahasa (membaca-menulis)
c. Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu
lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia
yang mencakup dua keterampilan berbahasa ( menyimak-menulis)
d. Benar, karena ilustrasi tersebut mencakup mata pelajaran
Bahasa Indonnesia dan Matematika.
No 16.
a. Salah, karena merupakan pendapat Franklin Bobbit;
b. Salah, karena pengertian kurikulum tersebut mrupakan
pendapat Krug,
c. Benar, karena menurut Johnson kurikulum merupakan alat ukur
untuk mencapai tujuan pembelajaran
d. Salah, karena pendapat tersebut dikemukakan oleh Harnack
No 17.
a. Salah, karena tugas guru tidak hanya membuat satuan
pelajaran, tetapi antara lain melaksanakan proses belajar-mengajar
b. Benar, karena dalam menjalankan tugasnya sehari-hari guru
memerlukan kurikulum
c. Salah karena pedoman untuk mengevaluasi siswa merupakan
fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
d. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan fungsi kurikulum
bagi sekolah.
No 18.
a. Salah, karena orang pergi ke pantai pada umumnya untuk
rekreasi.
b. Benar, karena peristiwa meletusnya gunung Krakataubukan
bukan merupakan pengalaman rekreasi.
c. Benar, karena pergi ke Danau Toba merupakan pengalaman yang
mengindikasikan rekreasi.
d. Benar, karena pergi ke Kebun Raya mengindikasikan rekreasi.
No 19.
a. Salah, karena kompetensi dasar yang tepat adalah cukup
membaca dongeng
b. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan rumusan hasil
belajar
c. Salah, karena indikator yang tepat adalah membacakan dongeng
dengan penghayatan sesuai isi: dengan lafal dan intonasi yang sesuai
d. Salah, karena materi pokok yang tepat adalah teks dongeng
No 20.
a. Salah, karena dengan memparafrasekan cerita fiksi, siswa
dapat memahami isi cerita.
b. Benar, karena indikator tersebut tidak sesuai hasil belajar.
c. Salah, karena indikator tersebut tidak sesuai dengan materi
dan hasil belajar yang diharapkan
d. Salah, karena dengan mengajukan dan dapat menjawab
pertanyaan yang sesuai isi cerita, berarti siswa memahami isi cerita
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar