Sunday, December 21, 2014

Kunci dan Soal Ujian Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 2)

No 11. Salah satu prinsip aliran empiris adalah “ajarkanlah bahasa, bukan tentang bahasanya.” Yang dimaksud dengan prinsip tersebut yaitu ....

A.      menggunakan bahasa dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan
B.      sebelum menggunakan bahasa untuk berkomunikasi harus memahami unsur-unsur kalimat
C.      aturan-aturan dalam tata bahasa harus dikuasi lebih dahulu
D.      bahasa yang menentukan kaidah bahasa, bukan kaidah bahasa yang menentukan bahasa

No 12.
Yang dimaksud dengan teknik ramu pendapat (brainstorming) adalah ....
A.      cara yang digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat lebih mendalami materi pelajaran yang diberikan guru
B.      upaya guru dalam menyampaikan materi agar siswa tertarik untuk belajar lebih lanjut pada materi
C.      usaha guru untuk memotivasi siswa dengan cara memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa
A.      D.pembelajaran yang menggunakan cara mengumpulkan pendapat para siswa tentang suatu hal untuk diseleksi, diklasifikasi, dan dianalisis bersama-sama

No 13.
Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada ....
A.      keaktifan siswa dalam belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas
B.      pengembangan kompetensi komunikasi siswa untuk mendukung kemampuan berkomunikasi
C.      proses belajar daripada hasil belajar siswa
D.      penguasaan salah satu keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, atau menulis

No 14.
Tema sangat diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, karena tema merupakan ....
A.      sarana untuk mempermudah dalam memperkaya kosakata bahasa Indonesia
B.      alat untuk menyederhanakan pembelajaran Bahasa Indonesia
C.      wadah untuk belajar bahasa
D.      jembatan dalam pembelajaran lintas materi

No 15.
Simak ilustrasi berikut ini.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bu Noor memberikan wacana seperti berikut:
Setiap Minggu pagi pukul 05.00 Nunung, Nanang, Ayah, dan Ibu lari-lari mengelilingi lapangan sepak bola di dekat rumahnya 5 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan main bulu tangkis selama 30 menit. Pukul 06.00 mereka makan bubur ayam dan minum teh hangat. Karena bubur ayam merupakan makanan kegemaran Nanang, pagi itu Nanang menghabiskan dua mangkok.
Langkah-langkah pembelajaran berikut ini mencerminkan model pembelajaran terpadu lintas kurikulum
A.      A.siswa diminta Bu Noor untuk menceritakan kembali wacana tersebut secara lisan di depan kelas, siswa lain memberi tanggapan
B.      B.siswa diberi tugas untuk membuat wacana yang bertema lari pagi sebanyak dua halaman dan membuat daftar istilah dalam keolahragaan
C.      wacana tersebut dibaca Bu Noor, siswa menyimak dengan saksama, kemudian siswa diminta untuk membuat laporan hasil simakannya secara tertulis
D.      D.Bu Noor memberi tugas kepada siswa untuk menghitung lamanya keluarga Nunung berolah raga dan menghitung banyaknya bubur ayam yang dihabiskan keluarga Nunung, lalu membuat laporannya secara tertulis dalam tugas kelompok

No 16.
Pengertian kurikulum berikut ini menurut pendapat Johnson ....
A.      Kurikulum adalah serangkain pengalaman pendidikan yang digunakan oleh sekolah untuk menyempurnakan perkembangan anak
B.      Kurikulum adalah semua alat pengajaran yang dipakai sekolah untuk memberi kesempatan belajar siswa menuju tujuan belajar yang dikehendaki
C.      Kurikulum adalah suatu rangkaian hasil belajar yang diinginkan, yang digunakan untuk mengantisipasi hasil pengajaran, bukan mengantisipasi alat untuk mencapai tujuan
D.      Kurikulum adalah semua pengalaman belajar dan mengajar yang terpimpin dan diarahkan oleh sekolah

No 17.
Fungsi kurikulum bagi guru adalah sebagai....
A.      A.sarana untuk membuat satuan pelajaran
B.      pedoman untuk menjalankan tugasnya sehari-hari
C.      pedoman untuk mengevaluasi perkembangan siswa
D.      keseimbangan proses pendidikan penyiapan bagi guru

No 18.
Jika materinya “cerita pengalaman ketika rekreasi” dan hasil belajarnya “menceritakan pengalaman liburan”, indikator yang tepat adalah seperti berikut, kecuali ....
A.      menceritakan kejadian-kejadian yang dialami selama pergi ke pantai bersama keluarga
B.      mengungkapkan peristiwa yang diceritakan pamannya tentang meletusnya gunung Krakatau
C.      menceritakan peristiwa yang dilihatnya sewaktu dalam perjalanan menuju Danau Toba bersama temannya
D.      mengungkapkan kejadian yang dilihatnya saat mengunjungi Kebun Raya Bogor

No 19.
Jika standar kompetensinya “mampu membaca dengan pemahaman teks agak panjang dengan bersuara dan membaca dalam hati secara intensif dan membaca dongeng dan puisi”, maka membacakan dongeng dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai” merupakan ....
A.      kompetensi dasar
B.      hasil belajar
C.      indikator
D.      materi pokok

No 20.
Jika materinya “teks cerita fiksi” dan hasil belajarnya “membaca cerita fiksi, menceritakan isi, dan meyimpulkan isi cerita, indikator yang tepat adalah seperti berikut, kecuali ....
A.      memparafrase isi cerita yang dibaca secara lisan, siswa lain menyimak
B.      menulis cerita fiksi berdasarkan pengalaman yang pernah dialami
C.      membuat kesimpulan hasil bacaannya
D.      mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita, kelompok lain menjawab



Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 2)

No 11.
a.      Benar, karena pada hakikatnya belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi
b.      Salah, karena dengan memahami unsur-unsur kalimat bukan merupakan belajar berkomunikasi;
c.       Salah, karena aturan/kaidah bahasa dapat dipelajari bersamaan dengan menggunakan bahasa
d.      Salah, karena pernyataan tersebut bagian dari prinsip empiris lainnya.

No 12.
a.       Salah, karena cara tersebut digunakan dalam teknik pemberian tugas
b.      Salah, karena tujuan teknik ramu pendapat bukan agar siswa tertarik belajar lebih lanjut, tetapi untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
c.       Salah, karena usaha tersebut jelas digunakan dalam teknik pemberian tugas
d.      Benar, karena dengan cara tersebut guru dapat memperoleh banyak pendapat/informasi, dengan demikian banyak pula materi yang dapat didiskusikan.

No 13.
a.       Salah, karena pernyataan tersebut penekanan dalam CBSA
b.      Benar, karena untuk mendukung kemampuan komunikasi siswa, siswa harus diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk melakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan
c.       Salah, karena hal itu merupakan penekanan dari pendekatan keterampilan proses
d.      Salah, karena dalam berkomunikasi harus menguasai keempat keterampilan berbahasa.

No 14.
a.       Salah, karena dalam pembelajaran bahasa, untuk memperkaya kosakata harus banyak membaca
b.      Salah, karena untuk membuat pembelajaran Bahasa Indonesia lebih sederhana adalah dengan memilih materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi sosial-budaya siswa
c.       Benar, karena dengan adanya tema pembelajaran bahasa dapat lebih terarah dan focus
d.      Salah, karena yang diperlukan dalam pembelajaran lintas materi adalah kemampuan siswa terhadap minimal dua keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan membaca dan menulis.

No 15.
a.       Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (berbicara-menyimak)
b.      Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (membaca-menulis)
c.       Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa ( menyimak-menulis)
d.      Benar, karena ilustrasi tersebut mencakup mata pelajaran Bahasa Indonnesia dan Matematika.

No 16.
a.       Salah, karena merupakan pendapat Franklin Bobbit;
b.      Salah, karena pengertian kurikulum tersebut mrupakan pendapat Krug,
c.       Benar, karena menurut Johnson kurikulum merupakan alat ukur untuk mencapai tujuan pembelajaran
d.      Salah, karena pendapat tersebut dikemukakan oleh Harnack

No 17.
a.       Salah, karena tugas guru tidak hanya membuat satuan pelajaran, tetapi antara lain melaksanakan proses belajar-mengajar
b.      Benar, karena dalam menjalankan tugasnya sehari-hari guru memerlukan kurikulum
c.       Salah karena pedoman untuk mengevaluasi siswa merupakan fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
d.      Salah, karena pernyataan tersebut merupakan fungsi kurikulum bagi sekolah.

No 18.
a.       Salah, karena orang pergi ke pantai pada umumnya untuk rekreasi.
b.      Benar, karena peristiwa meletusnya gunung Krakataubukan bukan merupakan pengalaman rekreasi.
c.       Benar, karena pergi ke Danau Toba merupakan pengalaman yang mengindikasikan rekreasi.
d.      Benar, karena pergi ke Kebun Raya mengindikasikan rekreasi.

No 19.
a.       Salah, karena kompetensi dasar yang tepat adalah cukup membaca dongeng
b.      Benar, karena pernyataan tersebut merupakan rumusan hasil belajar
c.       Salah, karena indikator yang tepat adalah membacakan dongeng dengan penghayatan sesuai isi: dengan lafal dan intonasi yang sesuai
d.      Salah, karena materi pokok yang tepat adalah teks dongeng

No 20.
a.       Salah, karena dengan memparafrasekan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita.
b.      Benar, karena indikator tersebut tidak sesuai hasil belajar.
c.       Salah, karena indikator tersebut tidak sesuai dengan materi dan hasil belajar yang diharapkan
d.      Salah, karena dengan mengajukan dan dapat menjawab pertanyaan yang sesuai isi cerita, berarti siswa memahami isi cerita

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar