Hal-hal yang perlu dilakukan agar siswa kelas trendah
erampil menulis adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
menulis kata
B.
menulis kalimat sederhana
C.
menguasai kaidah penulisan
D.
mengembangkan ide
No 32.
Tujuan membaca dalam hati di kelas rendah selain mampu
membaca tanpa bersuara, adalah mampu memahami
A.
perbedaan huruf-huruf yang bentuknya
mirip
B.
isi tuturan tertulis yang dibacanya
C.
menjawab pertanyaan yang berkaitan
dengan teks yang dibaca
D.
teknik-teknik membaca secara
sempurna
No 33.
Hal-hal yang dibinakan dalam membaca di kelas rendah adalah
seperti berikut, kecuali ....
A.
kemampuan membedakan bentuk wacana
B.
mekanisme membaca
C.
gerak mata membaca dari kiri ke
kanan
D.
membaca kata-kata dan kalimat
sederhana
No 34.
Bila standar kompetensi kelas 4 :mampu memahami teks
nonsastra dengan berbagai cara membaca melalui membaca memindai, sekilas,
intensif, dan membacakan teks untuk orang lain serta membaca teks cerita rakyat
dan pantun; kompetensi dasarnya: membaca intensif; menyusun cerita dari kalimat
acak, hasil belajarnya: menyusun cerita dari kalimat acak, materi pokoknya:
kartu-kartu kalimat, maka indikatornya adalah ....
D.
A.menjelaskan isi teks dengan runtut
A.
menyusun kalimat-kalimat acak
menjadi runtut
B.
menyusun ringkasan
C.
menyimpulkan isi teks
No 35.
Contoh pembelajaran ini menggunakan metode kata
A. Bu Juwita sedang
mengajarkan cara mengucapkan huruf /b/ dan /d/ kepada siswa kelas 1, sebagai
berikut. aba diucapkan a eb a, ada diucapkan a ed a
B. Bu Carolina menulis di papan tulis seperti
ini:
bi ca ra dirangkaikan menjadi bicara
ca ha ya dirangkaikan menjadi cahaya
C. Pak Karnadi memperkenalkan
kepada siswanya kata mata dan tabu, kemudian siswa diminta menguraikan menjadi
ma ta dan ta bu. Selanjutnya siswa diminta untuk merangkainya menjadi mata dan
tabu.
D. Pak Ahmad memberikan pembelajaran
membaca dengan menyajikan sebuah kalimat utuh, lalu kalimat tersebut dianalisis
menjadi kata-kata, kemudian kata-kata tersebut dianalisis menjadi suku kata,
berikutnya suku kata tersebut dianalisis menjadi huruf-huruf. Selanjutnya
huruf-huruf tersebut dirangkai menjadi suku kata, suku kata dirangkai menjadi
kata, dan kata dirangkai menjadi kalimat utuh kembali
No 36.
Perhatikan komponen pembelajaran berikut Kompetensi Dasar :
Membaca puisi Hasil Belajar : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat Indikator : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat Kegiatan inti yang sesuai dengan komponen di
atas adalah ....
A.
1) siswa berlatih membaca puisi; 2)
siswa membaca puisi di depan kelas, siswa lain menyimak; 3) guru memberi
komentar
B.
1) guru membagi fotokopi puisi; 2)
siswa mempelajari puisi; 3) siswa membaca puisi di depan kelas dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang jelas; 3) guru memberi komentar
C.
1) siswa membaca puisi secara
berkelompok, kelompok lain menyimak dan memberi penilaian
D.
1) guru membagi fotokopi puisi; 2)
siswa berlatih membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
No 37.
Contoh pembelajaran menulis di bawah ini dapat digunakan di
SD kelas tinggi, kecuali ....
A.
Siswa diberi kesempatan untuk
mengamati lingkungan di luar kelas, seperti di halaman sekolah, di
perpustakaan, atau di kantin. Setelah waktu yang ditetapkan habis, siswa
diminta masuk kelas. Guru dapat memandu dengan pertanyaan untuk mengingatkan
apa saja yang menarik perhatian siswa, misalnya dengan pertanyaan Apa yang kamu
amati tadi? Apa yang menarik dari benda/kejadian tadi? dst. Selanjutnya siswa
diminta menuliskannya sesuai dengan yang diamati.
B.
Siswa diminta melakukan pengamatan
di luar kelas. Sebelumnya guru memberi pengarahan agar siswa mengamati salah
satu benda, kemudian siswa diminta mendeskripsikan benda yang diamati
C.
Siswa diberi tugas ke luar sekolah,
misalnya mengamati aktivitas di sebuah toko/warung terdekat, atau bahkan untuk
terlibat langsung dengan aktivitas di tempat. Kemudian menuliskan pengalamannya
tersebut menjadi sebuah karangan yang menarik
D. Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan berbagai buku cerita
anak dengan berbagai tema, kemudian secara individu siswa diminta membuat
ringkasan ceritanya
No 38.
Penyusunan kalimat berikut ini menggunakan teknik memperluas
kalimat ....
A. Guru : "Kamu mau kemana?"
Siswa : "Saya
mau ke kantin"
Guru : "Kamu mau
membeli apa?"
Siswa : "Saya
mau membeli kue dan minuman."
B. Guru : Sempurnakan kalimat berikut dengan
menambahkan kata yang ada di sebelah
kanannya
1. Jeruk banyak mengandung vitamin ... - Jaya Wijaya
2. Gunung tertinggi di Indonesia .... - gempa bumi
3. Bencana alam yang sedang melanda Indonesia .... - C Siswa
: (Menyempurnakan kalimat tersebut dengan menambahkan kata yang cocok)
C. Guru : Anak-anak, perluaslah kalimat di bawah ini dengan
menggunakan kata matematika atau buku
Adik belajar. Ayah
membaca
Siswa : (menulis)
Adik belajar matematika. Ayah membaca buku
D. Guru : (memberikan sebuah kalimat model)
Budi memukul meja
Siswa : (mengubah bentuk kalimat model dan menuliskannya)
Budi memukul apa?
Guru : Kucing memanjat pohon
Siswa : Siapa yang memanjat pohon?
No 39.
Pembelajaran di SD
kelas rendah adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
pengalaman yang harus selalu diasah
B.
perubahan tingkah laku yang relatif
permanen
C.
perubahan tingkah laku yang
disebabkan latihan praktis
D.
perubahan tingkah laku yang muncul
secara tiba-tiba
No 40.
Menyimak adalah ....
A.
mendengarkan orang yang sedang
berbicara sambil menonton siaran televisi
B.
mendengarkan dengan sungguh-sungguh,
penuh perhatian, pemahaman, apresiatif, disertai dengan pemahaman makna
komunikasi dan disampaikan secara verbal
C.
mendengarkan bunyi-bunyi bahasa
lisan yang dapat dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja
D.
kegiatan seseorang mendengarkan
musik sambil membaca Koran
Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204
(Bagian 4)
No 31.
a. Salah, karena menulis kata merupakan salah satu kemampuan
yang harus dimiliki siswa kelas rendah sebagai dasar menulis kalimat.
b. Salah, karena menulis kalimat sederhana merupakan kemampuan
dasar menulis di kelas rendah dalam mengarang.
c. Salah, karena dalam menulis/mengarang perlu menguasai kaidah
penulisan untuk memperlancar proses menulis.
d. Benar, karena merupakan aspek yang harus dikuasai siswa
kelas tinggi.
No 32.
a. Salah, karena membedakan huruf merupakan tahap pengenalan
huruf
b. Benar, karena dengan membaca dalam hati siswa diharapkan
dapat lebih berkonsentrasi, sehingga lebih mudah dalam memahami isi bacaan
c. Salah, karena menjawab pertanyaan bukan merupakan tujuan
utamanya, tapi tujuan lebih lanjut. Dengan memahami isi bacaan, siswa dapat
menjawab pertanyaan yang dimaksud
d. Salah, karena merupakan tujuan membaca teknik
No 33.
a. Benar, karena membedakan bentuk wacana merupakan kemampuan
dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas tinggi
b. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada
siswa di kelas rendah menurut Oka
c. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada
siswa di kelas rendah menurut Oka
d. Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada
siswa di kelas rendah menurut Oka
No 34.
a. Salah, karena merupakan indikator yang berkompetensi dasar
membaca sekilas teks agak panjang
b. Benar, karena sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi
dasar, dan materi pokok
c. Salah, karena tidak sesuai dengan hasil belajar yang
diinginkan.
d. Salah, karena tidak sesuai dengan kompetensi dasar, hasil
belajar, dan materi pokok.
No 35.
a. Salah, karena merupakan metode bunyi
b. Salah, karena merupakan metode suku kata
c. Benar, karena dalam metode kata siswa diperkenalkan dengan
kata-kata terlebih dahulu;
d. Salah, karena merupakan metode SAS
No 36.
a. Salah, karena tidak jelas puisi yang dipelajari siswa dari
mana sumbernya
b. Benar, karena kegiatan inti tersebut sudah runtut dan sesuai
dengan tujuan.
c. Salah, karena membaca puisi tidak seharusnya dilakukan
secara berkelompok
d. Salah, karena tidak ada interaksi antara guru, siswa, sesama
siswa
No 37.
a. Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena
belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi
siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan
daya kreasinya
b. Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena
belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi
siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan
daya kreasinya;
c. Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena
belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi
siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan
daya kreasinya.
d. Benar, karena membuat ringkasan bukan merupakan pembelajaran
menulis di SD. Selain itu tugas tersebut cukup berat bagi siswa bila tidak
dikerjakan secara berkelompok.
No 38.
a. Salah, karena merupakan teknik menjawab pertanyaan.
b. Salah, karena merupakan teknik melengkapi kalimat;
c. Benar, sudah jelas, kalimat “Adik belajar” dengan
menambahkan kata "matematika" menjadi kalimat yang lebih luas
"Adik belajar matematika".
d. Salah, karena merupakan teknik transformasi.
No 39.
a. Salah, karena pengalaman merupakan sesuatu yang baru, yang
perlu diasah.
b. Salah, karena melalui pembelajaran seseorang akan mengalami
perubahan tingkah laku yang permanen.
c. Salah, karena melalui latihan praktis akan mengubah tingkah
laku seseorang.
d. Benar, karena perubahan tingkah laku melalui proses, tidak
secara tiba-tiba.
No 40.
a. Salah, karena hanya mendengarkan sepintas.
b. Benar, karena menyimak harus dilakukan dengan sengaja dan
penuh perhatian, agar dapat memahami apa yang disimak.
c. Salah, karena menyimak harus dilakukan dengan sengaja.
d. Salah, karena mendengarkannya tidak dengan sungguh-sungguh.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar