Sunday, December 21, 2014

Kunci dan Soal Ujian Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 4)



No 31.
Hal-hal yang perlu dilakukan agar siswa kelas trendah erampil menulis adalah seperti berikut, kecuali ....

A.      menulis kata
B.      menulis kalimat sederhana
C.      menguasai kaidah penulisan
D.      mengembangkan ide

No 32.
Tujuan membaca dalam hati di kelas rendah selain mampu membaca tanpa bersuara, adalah mampu memahami
A.      perbedaan huruf-huruf yang bentuknya mirip
B.      isi tuturan tertulis yang dibacanya
C.      menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibaca
D.      teknik-teknik membaca secara sempurna

No 33.
Hal-hal yang dibinakan dalam membaca di kelas rendah adalah seperti berikut, kecuali ....
A.      kemampuan membedakan bentuk wacana
B.      mekanisme membaca
C.      gerak mata membaca dari kiri ke kanan
D.      membaca kata-kata dan kalimat sederhana

No 34.
Bila standar kompetensi kelas 4 :mampu memahami teks nonsastra dengan berbagai cara membaca melalui membaca memindai, sekilas, intensif, dan membacakan teks untuk orang lain serta membaca teks cerita rakyat dan pantun; kompetensi dasarnya: membaca intensif; menyusun cerita dari kalimat acak, hasil belajarnya: menyusun cerita dari kalimat acak, materi pokoknya: kartu-kartu kalimat, maka indikatornya adalah ....
D.      A.menjelaskan isi teks dengan runtut
A.      menyusun kalimat-kalimat acak menjadi runtut
B.      menyusun ringkasan
C.      menyimpulkan isi teks

No 35.
Contoh pembelajaran ini menggunakan metode kata
                    A. Bu Juwita sedang mengajarkan cara mengucapkan huruf /b/ dan /d/ kepada siswa kelas 1, sebagai berikut. aba diucapkan a eb a, ada diucapkan a ed a
        B. Bu Carolina menulis di papan tulis seperti ini:
 bi ca ra dirangkaikan menjadi bicara
 ca ha ya dirangkaikan menjadi cahaya

                 C. Pak Karnadi memperkenalkan kepada siswanya kata mata dan tabu, kemudian siswa diminta menguraikan menjadi ma ta dan ta bu. Selanjutnya siswa diminta untuk merangkainya menjadi mata dan tabu.
       D. Pak Ahmad memberikan pembelajaran membaca dengan menyajikan sebuah kalimat utuh, lalu kalimat tersebut dianalisis menjadi kata-kata, kemudian kata-kata tersebut dianalisis menjadi suku kata, berikutnya suku kata tersebut dianalisis menjadi huruf-huruf. Selanjutnya huruf-huruf tersebut dirangkai menjadi suku kata, suku kata dirangkai menjadi kata, dan kata dirangkai menjadi kalimat utuh kembali

No 36.
Perhatikan komponen pembelajaran berikut Kompetensi Dasar : Membaca puisi Hasil Belajar : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat Indikator : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat Kegiatan inti yang sesuai dengan komponen di atas adalah ....
A.      1) siswa berlatih membaca puisi; 2) siswa membaca puisi di depan kelas, siswa lain menyimak; 3) guru memberi komentar
B.      1) guru membagi fotokopi puisi; 2) siswa mempelajari puisi; 3) siswa membaca puisi di depan kelas dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang jelas; 3) guru memberi komentar
C.      1) siswa membaca puisi secara berkelompok, kelompok lain menyimak dan memberi penilaian
D.      1) guru membagi fotokopi puisi; 2) siswa berlatih membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

No 37.
Contoh pembelajaran menulis di bawah ini dapat digunakan di SD kelas tinggi, kecuali ....
A.      Siswa diberi kesempatan untuk mengamati lingkungan di luar kelas, seperti di halaman sekolah, di perpustakaan, atau di kantin. Setelah waktu yang ditetapkan habis, siswa diminta masuk kelas. Guru dapat memandu dengan pertanyaan untuk mengingatkan apa saja yang menarik perhatian siswa, misalnya dengan pertanyaan Apa yang kamu amati tadi? Apa yang menarik dari benda/kejadian tadi? dst. Selanjutnya siswa diminta menuliskannya sesuai dengan yang diamati.
B.      Siswa diminta melakukan pengamatan di luar kelas. Sebelumnya guru memberi pengarahan agar siswa mengamati salah satu benda, kemudian siswa diminta mendeskripsikan benda yang diamati
C.      Siswa diberi tugas ke luar sekolah, misalnya mengamati aktivitas di sebuah toko/warung terdekat, atau bahkan untuk terlibat langsung dengan aktivitas di tempat. Kemudian menuliskan pengalamannya tersebut menjadi sebuah karangan yang menarik
D.      Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan berbagai buku cerita anak dengan berbagai tema, kemudian secara individu siswa diminta membuat ringkasan ceritanya

No 38.
Penyusunan kalimat berikut ini menggunakan teknik memperluas kalimat ....
                   A. Guru : "Kamu mau kemana?"
 Siswa : "Saya mau ke kantin"
 Guru : "Kamu mau membeli apa?"
 Siswa : "Saya mau membeli kue dan minuman."
 B. Guru : Sempurnakan kalimat berikut dengan menambahkan kata yang ada di sebelah   kanannya
1. Jeruk banyak mengandung vitamin ...  - Jaya Wijaya
2. Gunung tertinggi di Indonesia ....  - gempa bumi
3. Bencana alam yang sedang melanda Indonesia .... - C Siswa : (Menyempurnakan kalimat tersebut dengan menambahkan kata yang cocok)
C. Guru : Anak-anak, perluaslah kalimat di bawah ini dengan menggunakan kata matematika atau buku
 Adik belajar. Ayah membaca
 Siswa : (menulis) Adik belajar matematika. Ayah membaca buku
        D. Guru : (memberikan sebuah kalimat model) Budi memukul meja
Siswa : (mengubah bentuk kalimat model dan menuliskannya) Budi memukul apa?
Guru : Kucing memanjat pohon
Siswa : Siapa yang memanjat pohon?

No 39.
 Pembelajaran di SD kelas rendah adalah seperti berikut, kecuali ....
A.      pengalaman yang harus selalu diasah
B.      perubahan tingkah laku yang relatif permanen
C.      perubahan tingkah laku yang disebabkan latihan praktis
D.      perubahan tingkah laku yang muncul secara tiba-tiba

No 40.
 Menyimak adalah ....
A.      mendengarkan orang yang sedang berbicara sambil menonton siaran televisi
B.      mendengarkan dengan sungguh-sungguh, penuh perhatian, pemahaman, apresiatif, disertai dengan pemahaman makna komunikasi dan disampaikan secara verbal
C.      mendengarkan bunyi-bunyi bahasa lisan yang dapat dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja
D.      kegiatan seseorang mendengarkan musik sambil membaca Koran






Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 4)

No 31.
a.       Salah, karena menulis kata merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa kelas rendah sebagai dasar menulis kalimat.
b.      Salah, karena menulis kalimat sederhana merupakan kemampuan dasar menulis di kelas rendah dalam mengarang.
c.       Salah, karena dalam menulis/mengarang perlu menguasai kaidah penulisan untuk memperlancar proses menulis.
d.      Benar, karena merupakan aspek yang harus dikuasai siswa kelas tinggi.

No 32.
a.       Salah, karena membedakan huruf merupakan tahap pengenalan huruf
b.      Benar, karena dengan membaca dalam hati siswa diharapkan dapat lebih berkonsentrasi, sehingga lebih mudah dalam memahami isi bacaan
c.       Salah, karena menjawab pertanyaan bukan merupakan tujuan utamanya, tapi tujuan lebih lanjut. Dengan memahami isi bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan yang dimaksud
d.      Salah, karena merupakan tujuan membaca teknik

No 33.
a.      Benar, karena membedakan bentuk wacana merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas tinggi
b.      Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka
c.       Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka
d.      Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka

No 34.
a.       Salah, karena merupakan indikator yang berkompetensi dasar membaca sekilas teks agak panjang
b.      Benar, karena sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan materi pokok
c.       Salah, karena tidak sesuai dengan hasil belajar yang diinginkan.
d.      Salah, karena tidak sesuai dengan kompetensi dasar, hasil belajar, dan materi pokok.

No 35.
a.       Salah, karena merupakan metode bunyi
b.      Salah, karena merupakan metode suku kata
c.       Benar, karena dalam metode kata siswa diperkenalkan dengan kata-kata terlebih dahulu;
d.      Salah, karena merupakan metode SAS

No 36.
a.       Salah, karena tidak jelas puisi yang dipelajari siswa dari mana sumbernya
b.      Benar, karena kegiatan inti tersebut sudah runtut dan sesuai dengan tujuan.
c.       Salah, karena membaca puisi tidak seharusnya dilakukan secara berkelompok
d.      Salah, karena tidak ada interaksi antara guru, siswa, sesama siswa

No 37.
a.       Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasinya
b.      Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasinya;
c.       Salah, model pembelajaran tersebut sangat dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasinya.
d.      Benar, karena membuat ringkasan bukan merupakan pembelajaran menulis di SD. Selain itu tugas tersebut cukup berat bagi siswa bila tidak dikerjakan secara berkelompok.

No 38.
a.       Salah, karena merupakan teknik menjawab pertanyaan.
b.      Salah, karena merupakan teknik melengkapi kalimat;
c.       Benar, sudah jelas, kalimat “Adik belajar” dengan menambahkan kata "matematika" menjadi kalimat yang lebih luas "Adik belajar matematika".
d.      Salah, karena merupakan teknik transformasi.

No 39.
a.       Salah, karena pengalaman merupakan sesuatu yang baru, yang perlu diasah.
b.      Salah, karena melalui pembelajaran seseorang akan mengalami perubahan tingkah laku yang permanen.
c.       Salah, karena melalui latihan praktis akan mengubah tingkah laku seseorang.
d.      Benar, karena perubahan tingkah laku melalui proses, tidak secara tiba-tiba.

No 40.
a.       Salah, karena hanya mendengarkan sepintas.
b.      Benar, karena menyimak harus dilakukan dengan sengaja dan penuh perhatian, agar dapat memahami apa yang disimak.
c.       Salah, karena menyimak harus dilakukan dengan sengaja.
d.      Salah, karena mendengarkannya tidak dengan sungguh-sungguh.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar