No 41.
Yang dimaksud dengan
peningkatan daya simak dengan teknik loci adalah mengingat dengan ....
A.
memvisualisasikan materi yang harus
diingat
B.
menggabungkan beberapa pesan secara
berantai.
C.
memberikan struktur baru pada
informasi yang diterima
D.
memenggal pesan-pesan yang panjang
No 42.
Yang dimaksud dengan
menyimak untuk menganalisis fakta adalah ....
A.
menyimak dengan mendengarkan radio,
menonton televisi, ceramah, atau pertemuan ilmiah
B.
menyimak dengan memahami makna dari
segi terkecil
C.
menyimak syair lagu dari radio,
televisi, atau rekaman
D.
menyimak untuk memutuskan diterima
atau tidaknya fakta yang diperoleh setelah dievaluasi
No 43.
Contoh pembelajaran
menyimak dengan metode simak terka yaitu ....
A. Guru : Anak-anak,
simak apa yang Ibu ucapkan, lalu ulangi bersama-sama.
Guru: : “ini saku
baju"
Siswa : "Ini
saku baju"
Guru : "Ada kura-kura"
Siswa : "Ada kura-kura"
B. Guru : "Simak
dengan teliti pertanyaan berikut ini, kemudian jawablah dengan benar".
Siswa : (siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan guru)
C. Guru : "Simak dengan saksama teks yang ibu baca ini,
kemudian tuliskan ringkasan ceritanya". (Guru membacakan teks 2 kali)
Siswa :
(Meringkas teks yang dibaca guru menggunakan kalimat sederhana)
D. Guru : "Ada makhluk yang badannya kurus kecil, tapi
ekornya panjang, keluar-masuk hutan. Apakah itu?"
Siswa : "Jarum dan benang"
No 44.
Pembelajaran bahasa dalam situasi formal adalah aktivitas
sistemik, sistematis, dan terencana. Yang dimaksud dengan terencana adalah ....
A.
terdapat seperangkat sistem yang
saling berkaitan dan berinteraksi secara fungsional untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan
B.
adanya pelaksanaan pembelajaran
terdapat tatanan dan tahapan yang bersifat prosedural dan berhubungan secara
kronologis-kausatif
C.
terlihat secara jelas dan tegas
adanya dasar, arah/tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai
D.
terdapat proses yang alami dengan
adanya kegiatan awal sampai akhir
No 45.
Berbicara dengan metode impromptu adalah ....
A.
kegiatan berbicara yang terjadi
antara seseorang dengan satu pendengar
B.
berbicara di depan umum dengan
menggunakan teks/naskah
C.
berbicara di depan umum tanpa
menggunakan teks/mendadak
D.
berbicara dengan tujuan membuat
orang lain senang
No 46.
Contoh teknik berbicara yang memiliki pengetahuan yang luas
adalah ....
A.
Markonah mendapat tugas menjadi
pembawa acara perpisahan di kelasnya. Dia memang sudah terbiasa berbicara di
depan umum. Dengan suara yang jelas, lantang, dan lancar, tanpa ada kesalahan,
dia berhasil menarik perhatian para hadirin
B.
Harmoni siswa kelas 6 dinobatkan
sebagai siswa teladan tingkat propinsi. Pada suatu kesempatan, setelah
berbicara di depan Gubernur untuk menyampaikan kesan-kesannya sebagai siswa
teladan, banyak hadirin yang menanyakan tentang berbagai hal, yang di luar
dugaannya. Awalnya Harmoni berdebar-debar, karena untuk pertama kalinya
berbicara di depan para pejabat. Akhirnya dia dapat menguasainya, dengan tenang
dan penuh percaya diri dia menjawab semua pertanyaan tersebut.
C.
Amanda sudah dua kali mengikuti
lomba pidato tingkat kabupaten, tapi belum pernah berhasil. Dengan dukungan
para guru dan teman-temannya, Amanda mengikuti kembali lomba serupa. Pengalaman
membuat Amanda tampil lebih tenang dan penuh percaya diri, karena mempunyai
tekad yang kuat untuk berhasil
D.
Bu Lintang sebagai pembicara dalam
seminar pendidikan mendapat sambutan yang meriah dari para peserta. Selain
topiknya menarik, Bu Lintang sangat menguasai materinya, sehingga dalam
menyampaikan gagasan-gagasannya sangat lancar dan teratur. Pada sesi
tanya-jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan.
No 47.
Standar Kompetensi
: Bercerita
Hasil Belajar : Siswa dapat menceritakan
gambar bersambung
Indikator : 1) siswa dapat
menentukan kata kunci di setiap gambar; 2) siswa dapat menceritakan gambar
bersambung dengan lancar
Berdasarkan komponen
tersebut, langkah-langkah pembelajarannya adalah ....
A.
1) guru membagikan gambar bersambung
yang berbeda ke setiap kelompok 2) tiap kelompok mendiskusikan gambar 3)
kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompok
B.
1) Guru membentuk kelompok, lalu
membagi gambar, 2) siswa mendiskusikan gambar yang diterima, 3) wakil kelompok
menceritakan gambar bersambung
C.
1) siswa mendiskusikan gambar yang
diterima, 2) siswa melaporkan hasil kelompok di depan kelas, 3) guru
memberitanggapan
D.
1) guru membagikan gambar bersambung
yang bebeda untuk setiap kelompok, 2) siswa mendiskusikan gambar dalam
kelompoknya, 3) wakil kelompok melaporkan hasil kerja dengan menuliskan kata
kunci di setiap gambar dan menceritakan gambar bersambung di depan kelas, 4)
kelompok lain dan guru memberi tanggapan
No 48.
Contoh berikut
merupakan aktivitas pembelajaran berbicara individual nonilmiah di kelas
tinggi....
A.
Guru menuliskan sebuah peribahasa
yang menggunakan kata tangan di papan tulis, kemudian beberapa siswa diminta maju
satu per satu untuk menuliskan peribahasa lain yang menggunakan kata tangan
B.
Guru menjelaskan tentang kalimat
majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat, kemudian siswa diminta membuat
kalimat majemuk setara dan bertingkat di LKS masing-masing
C.
Siswa diminta membaca puisi hasil
karya masing-masing, siswa lain menyimak dan memberi tanggapan
D.
Siswa diminta maju secara
berkelompok, kemudian bermain peran sebagai wartawan yang mewawancarai pemenang
lomba membaca puisi
No 49.
Ciri-ciri sastra anak adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
meghindari masalah yang berkaitan
dengan dendam yang menimbulkan kebencian
B.
gaya penyajiannya secara langsung
C.
berisi hal-hal yang menambah
pengetahuan dan bermanfaat
D.
bertema percintaan yang erotis
No 50.
Tujuan pembelajaran sastra anak di SD kelas 1 adalah ....
A.
mendengarkan dongeng guru, menjawab
pertanyaan, dan menceritakan kembali
B.
mendeklamasikan pantun dengan
penghayatan dan ekspresi yang sesuai
C.
memerankan ekspresi emosional
tertentu (marah, senang, sedih)
D.
menanggapi tokoh-tokoh dalam cerita
dari mendengarkan cerita
Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 5)
No 41.
a. Benar, karena dengan memvisualisasikan materi yang harus diingat akan
lebih mudah dalam mengingatnya.
b. Salah, karena merupakan teknik penggabungan.
c. Salah, karena merupakan teknik pengelompokan kategorial.
d. Salah, karena merupakan teknik menyimak pemenggalan.
No 42.
a. Salah, karena tujuannya untuk mendapatkan informasi.
b. Benar, karena dengan memahami hal-hal yang terkecil dari materi yang
disimak, akan lebih mudah dalam menganalisis fakta.
c. Salah, karena menyimak seperti itu hanya untuk mendapatkan hiburan.
d. Salah, karena merupakan fungsi menyimak untuk mengevaluasi fakta.
No 43.
a. Salah, karena merupakan metode simak-ulang ucap.
b. Salah, karena merupakan metode simak-jawab.
c. Salah, karena merupakan metode simak-rangkum.
d. Benar, guru menyampaikan suatu tebakan, siswa diminta menerka.
No 44.
a. Salah, karena merupakan penjabaran dari aktivitas yang sistemik
b. Salah, karena mearupakan penjelasan dari aktivitas yang sistematis
c. Benar, dalam pembelajaran harus ada aturan, tahapan, dan tujuan yang
jelas
d. Salah karena dalam proses tersebut tidak terdapat adanya tujuan yang
ingin dicapai
No 45.
a. Salah, karena merupakan berbicara interpersonal
b. Salah, karena berbicara dengan metode impromptu tidak menggunakan
naskah/teks/mendadak
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, karena merupakan berbicara dengan tujuan membuat orang lain
senang
No 46.
a. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memahami proses
komunikasi massa, Markonah semula merasa grogi, tapi karena dia memahami
proses komunikasi massa, menjadi lebih tenang dan dapat menjawab
pertanyaan denan baik
b. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memahami proses
komunikasi massa, Harmooni semula merasa grogi, tapi karena dia memahami
proses komunikasi massa, menjadi lebih tenang dan dapat menjawab
pertanyaan denan baik
c. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memiliki keberanian dan
tekad yang kuat. Amanda mempunyai tekad yang kuat untuk menang.
d. Benar, karena Bu Lintang memiliki pengetahuan yang luas, sehingga
dapat menyajikan materi seminar/gagasannya dengan lancar.
No 47.
a. Salah, karena tidak mengandung keterampilan berbicara, tidak sesuai
dengan tujuan
b. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut kurang lengkap
dan tidak sesuai dengan indikator.
c. Salah, karena tidak jelas dari mana sumber gambar, dan tidak sesuai
dengan tujuan
d. Benar, karena langkah-langkah pembelajarannya runtut dan sesuai
dengan tujuan
No 48.
a. Salah, karena kegiatan tersebut tidak ada unsur keterampilan
berbicara, hanya menulis
b. Salah, karena aktivitas pembelajaran tersebut tidak ada aspek
keterampilan berbicara, hanya menyimak dan menulis.
c. Benar, karena membaca puisi dilakukan secara individu
d. Salah, karena kegiatan tersebut tidak dilakukan secara individu,
tetapi berkelompok
No 49.
a. Salah, karena rasa dendam yang dapat menimbulkan kebencian dapat
berpengaruh buruk pada perkembangan jiwa anak
b. Salah, karena gaya penyajian secara langsung lebih mudah dipahami
anak-anak
c. Salah, karena anak sedang dalam taraf menuntut ilmu yang bermanfaat
untuk masa depan.
d. Benar, karena tema percintaan yang erotis belum waktunya diberikan
kepada anak-anak.
No 50.
a. Benar, karena kelas 1 merupakan kelas permulaan, tingkat pemahaman
mereka baru sebatas pengenalan terhadap karya sastra yang paling mudah
dipahami yaitu dongeng, yang sudah biasa mereka dengarkan sebelum masuk
sekolah dasar.
b. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas 2, untuk kelas
1, mendeklamasikan puisi atau syair lagu
c. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas 2, kalau di
kelas satu memerankan tokoh tertentu dalam dongeng.
d. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas tinggi
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar