Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang
dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu
teori harus....
A.
memberikan penjelasan tentang suatu
fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B.
menguji fenomena terkini dan
mengembangkan teori yang baru
C.
dapat memperkirakan terjadinya sesuatu
atas dasar peristiwa sebelumnya
D.
menggambarkan sesuatu yang terjadi
dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
No 32.
Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
A.
proses pembelajaran dimana anak
berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
B.
kemampuan memanipulasi struktur atau
bunyi bahasa
C.
kepekaan terhadap logika,
kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D.
kemampuan mengamati ruang dan visual
secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi
33.
Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi
ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple
intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A.
interpersonal
B.
kinestetik
C.
Matematika-logika
D.
intrapersonal
No 34.
Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal
adalah....
A.
program pendidikan khusus bagi
rumpun sekolah dasar luar biasa
B.
pengembangan kualitas, relevansi,
dan efisiensi pendidikan
C.
upaya penampungan anak-anak yang
putus sekolah
D.
model pendidikan yang terintegrasi
No 35.
Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat
tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu
kecuali hubungan....
A.
reaktif
B.
proaktif
C.
responsif
D.
interaktif
No 36.
Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
A.
mengembangkan metode pembelajaran
yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
B.
menggunakan alternative fasilitas
belajar
C.
mengembangkan media yang mahal
D.
mengajukan bantuan biaya pengadaan
sarana dan prasarana ke pemerintah
No 37.
Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
A.
sesuatu yang harus dipenuhi oleh
seseorang
B.
tugas dan tanggung jawab terhadap
pihak lain
C.
perjanjian yang mengikat secara
yuridis
D.
sesuatu yang melekat pada diri
seseorang semenjak lahir
No 38.
Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku
“Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A.
mengemukakan pendapat
B.
dilindungi tanpa mempertimbangkan
ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
C.
mendapat perawatan jasmani dan
rohani yang memadai
D.
berkembang dengan baik secara fisik
dan psikologis
No 39.
Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah
implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan
kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan
kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta
langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan
konvensi hak anak berdasarkan....
A.
pihak yang berkewajiban melaksanakan
konvensi hak anak
B.
konvensi induk hak asasi manusia
C.
komite hak anak PBB
D.
cakupan hak yang terkandung dalam
konvensi hak anak
No 40.
Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman
Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan,
contohnya....
A.
Pasal 19 yang meminta agar Negara
melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk
melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
B.
Pasal 25 yang meminta agar dilakukan
peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah
ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan
kesehatan fisik dan mentalnya
C.
Pasal 11 tentang Negara yang
meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat
tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi
negaranya
D.
Pasal 21 yang membahas tentang hak
anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar