Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan
oleh Goleman (1998) adalah....
A.
kapasitas untuk mengenal perasaan
diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur
emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
B.
dasar fungsi kehidupan yang membantu
seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
C.
aktivitas intelektual yang bertujuan
untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu
proses pemikiran dengan lingkungan
D.
kemampuan untuk menyembunyikan
keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
No 12
Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh
Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A.
mengatur emosi penting agar
seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan
berusaha untuk mencapai cita-cita
B.
menjaga hubungan dengan sesama
maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
C.
mengendalikan emosi yang terlalu
dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai
keseimbangan
D.
membaca tanda-tanda non verbal dan
mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan
kecenderungan yang ditampilkan orang lain
No 13.
Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak
berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A.
yang mengikuti peraturan, memiliki,
dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak
yang baik
B.
cenderung berperilaku dengan cara
mengatur permintaan sosial
C.
cenderung berdasarkan penilaian atas
berbagai situasi dan masyarakat
D.
menerima aturan dari figur otoritas
dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
No 14.
Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui
disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A.
melalui disiplin anak dibantu untuk
hidup sesuai dengan norma sosial
B.
anak akan mengembangkan kata hatinya
dalam membuat keputusan
C.
anak belajar mengapa pola perilaku
tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
D.
melalui disiplin anak tahu apa yang
boleh dan tidak boleh dilakukan
No 15.
Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa
pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak
memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang
dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A.
penghargaan
B.
hukuman
C.
alat untuk membentuk moral
D.
konsistensi
No 16.
Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan
disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A.
setiap kali anak melakukan kesalahan
B.
disertai alasan mengapa orang tua
melakukan itu
C.
fisik sehingga anak tidak mau
mengulangi perbuatan salahnya lagi
D.
dengan cara mengisolasi anak selama
beberapa waktu
No 17.
Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak
usia SD dengan cara....
A.
memberikan hafalan doa harian kepada
anak
B.
menyuruh anak beribadah sesuai
dengan agamanya masing-masing
C.
memperkenalkan berbagai hari besar
keagamaan kepada anak
D.
meminta anak untuk berdoa sebagai
pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
No 18.
Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan
melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari
pernyataan ini adalah untuk....
A.
membuat anak mengerti mengenai
perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
B.
melatih anak menyukai orang lain dan
aktivitas sosial
C.
melatih anak mempunyai peran dan
memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
D.
membuat anak memiliki penyesuaian
diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
No 19.
Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD
menurut Hurlock adalah....
A.
acap kali menggunakan kode-kode
rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
B.
kelompok sebaya selalu mengadakan
pertemuan di tempat umum
C.
anggota kelompok terdiri dari 5
orang atau lebih
D.
menggunakan bahasa sehari-hari dalam
berkomunikasi
No 20.
Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan
kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A.
anak lebih berpihak pada apa yang
diakui oleh kelompoknya
B.
kecenderungan anak untuk mudah
merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai
permusuhan
C.
kecenderungan untuk membuat
perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
D.
kemampuan untuk memahami arti dari
situasi social
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar