
No 31.
Al Azhar termasuk sekolah favorit yang banyak diminati
terutama oleh masyarakat golongan menengah keatas, namun saat ini sudah
banyak
bermunculan sekolah yang setingkat dan mutunya pun lebih baik. Pengertian mutu
disini disebut ...
A.
TQM
B.
Mutu menurut konsumen
C.
Relatif
D.
Absolut
No 32.
Bila kurikulum suatu sekolah dikembangkan untuk membantu
siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi
kehidupannya, artinya sekolah tersebut telah memiliki fungsi ...
A.
sosial
B.
spiritual
C.
ekonomi
D.
politik
No 33.
Bila suatu sekolah menjadi berhasil karena mendapat banyak
dukungan dari sekelompok orang atau anggota kelompok, sekolah tersebut
dikatakan telah menggunakan pendekatan ...
A.
Goal-attainment approach
B.
Konstituen strategi
C.
Sistem
D.
Persaingan nilai
No 34.
Manajemen Berbasis Sekolah adalah model pengelolaan sekolah
yang memiliki pokok-pokok pikiran utama, salah satunya adalah ...
A.
pengambilan keputusan dalam hal
pengelolaan sekolah adalah kepala sekolah
B.
keputusan diambil secara kolektif
antara kepala sekolah dan guru
C.
sumber dana dapat diusulkan dan
dikelola oleh kepala sekolah
D.
Salah, sebab sumber dana diusulkan
dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan masing-masing sekolah
No 35.
Berikut adalah salah satu fungsi manajemen berbasis sekolah
....
A.
Ketenagaan
B.
Perencanaan
C.
Keuangan
D.
Pengembangan
No 36.
Landasan hukum pendirian MBS sebagai suatu pendekatan dalam pengelolaan
sistem pendidikan di Indonesia adalah ....
A.
UU Dasar Tahun 1945
B.
UU No. 19 Tahun 2005
C.
UU No. 22 Tahun 1999 tentang
Pemerintahan Daerah
D.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
No 37.
Secara profesional guru bertanggungjawab dalam menentukan
materi, metode dan evaluasi pembelajaran yang sesuai, meskipun demikian dalam
kontek MBS, guru dianjurkan untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan...
A.
pembelajaran kontektual
B.
siswa belajar aktif
C.
individual
D.
interaktif
No 39.
Menurut UU No. 2 thn 1989, pendidikan merupakan
tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam hal ini
masyarakat juga bertanggungjawab dalam ...
A.
menentukan kurikulum sekolah
B.
mengelola pendidikan
C.
biaya penyelenggaraan pendidikan
D.
keberhasilan proses pendidikan
No 40.
Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044 /V/2000
tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah, dijelaskan tentang beberapa peran
Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, kecuali...
A.
memberi pertimbangan dalam penentuan
dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
B.
pendukung, yang berupa finansial,
pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan
C.
mediator antara pemerintah dan dewan
perwakilan rakyat daerah (DPRD) dengan masyarakat
D. pengontrol
pelaksaan pembelajaran dalam rangka ketercapaian sekolah efektif
Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012 (bagian 4)
No 31.
a. Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai
suatu yang ideal
b. Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan
dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c. Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut stakeholder
d. Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen
dianggap sebagai penentu akhir
No 32.
a. Salah sebab fungsi sosial sekolah artinya sekolah sebagai
tempat mengembangkan pribadi dan hubungan sosial siswa dengan orang lain
b. Salah sebab fungsi spiritual artinya sekolah harus memberi
kontribusi bagi kehidupan pribadi dan masyarakat agar hidup lebih bermakna dng
pencipta-Nya
c. Benar sebab fungsi sosial membantu individu agar memiliki
pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupannya
d. Salah sebab fungsi politik artinya sekolah memberi
kontribusi kepada pengembangan politik dan sikap kewarganegaraan yang baik bagi
warganya
No 33.
a. Salah sebab artinya sekolah tersebut baik karena menggunakan
pendekatan berdasarkan tujuan
b. Benar, sebab sekolah yang berhasil karena mendapat dukungan
sekelompok orang artinya telah menggunakan pendekatan konstituen strategi
c. Salah, sebab sekolah yang menggunakan pendekatan system
artinya seluruh komponen dalam sekolah tersebut memberikan kontribusinya
d. Salah, sebab sekolah yang menggunakan kriteri persaingan
nilai, menggunakan ktiteri nilai untuk menilai efektifitas sekolah dari segi
kepentingan personal sekolah
No 34.
a. Salah sebab pengambilan keputusan dalam hal pengelolaan
diambil secara kolektif antara kepala sekolah, guru dan komite sekolah
b. Benar, sebab keputusan diambil secara kolektif antara kepala
sekolah dan guru merupakan pokok pikiran utama model pengelolaan sekolah
c. Salah, sebab sumber dana diusulkan dan dikelola oleh sekolah
sesuai perencanaan masing-masing sekolah
d. Salah, sebab batasan dalam pelaksanaan MBS dibuat oleh
kepala sekolah, guru dan komite sekolah
No 35.
a. Salah, sebab ketenagaan merupakan bidang substansi yang
dikelola sekolah
b. Benar, sebab perencanaan merupakan salah satu fungsi MBS
c. Salah, sebab keuangan merupakan salah satu substansi yang
dikelola sekolah
d. Salah sebab pengembangan tidak termasuk substansi yang
dikelola sekolah
No 36.
a. Benar, sebab UUD Tahun 1945 tidak menjadi landasan hukum
pendirian MBS
b. Salah, sebab UU no.19 thn 2005 bukan landasan pendirian MBS
c. Salah, sebab UU. No 22 thn 1999 tentang Pemerintah daerah
bukan sebagai landasan pendirian MBS
d. Salah,sebab UU no.20 thn 2003 tentang Sistem Pend Nasional
merupakan landasan hukum pendirian MBS
No 37.
a. Benar sebab dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk
menggunakan pendekatan pembelajaran kontektual
b. Salah sebab dalam MBS yang ditekankan bukan pendekatan CBSA
c. Salah sebab pendekatan individual tidak ditekankan dalam
pembelajaran dengan konteks MBS
d. Salah sebab dalam kontek MBS tidak anjurkan pendekatan
pembelajaran interaktif
No 38.
a. Salah sebab tujuan segitiga akuntabilitas bukan
menyeragamkan pengelolaan pendidikan
b. Benar fungsi segitiga akuntabilitas dibuat agar pengelolaan
pendidikan tidak keluar dari koridor kebijakan Nasional
c. Salah, sebab tujuan segitiga akuntabilitas bukan untuk
mencapai efektifitas dan efesiensi pendidikan
d. Salah sebab fungsi segitiga akuntabilitas bukan untuk
memudahkan pelaksanaan evaluasi
No 39.
a. Salah sebab kurikulum sekolah dikembangkan oleh pemerintah
b. Salah sebab mengelola pendidikan merupakan tanggungjawab
kepala sekolah , guru dan komite sekolah
c. Benar sebab menurut UU No. 2 thn 1989 masyarakat
bertanggungjawab dalam biaya penyelenggaraan pendidikan
d. Salah sebab keberhasilan proses pendidikan merupakan
tanggungjawab guru
No 40.
a. Salah sebab salah satu peran dewan pendidikan adalah memberi
pertimbangan dalam menentukan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
b. Salah, sebab salah satu peran dewan pend dan komite sekolah
adalah mendukung financial, pemikiran dan tenaga dlm penyelenggaraan pendidikan
c. Salah, dewan pendidikan dan komite sekolah sebagai mediator
antara pemerintah dan DPRD dan masyarakat
d. Benar, sebab dewan dan komite sekolah tidak mengontrol
pelaksanaan pembelajaran dalam rangka mencapai sekolah efektif
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar