Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian
4)
No 31.
Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil,
merupakan jenis kelainan jasmani ....
A.
kretin
B.
hydrocephal.
C.
microcephal
D.
Macrocephal
No 32.
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah
sebagai berikut, kucuali....
A.
infeksi dan keracunan
B.
faktor bawaan
C.
kerusakan gen
D.
kelainan kromoson
No 33.
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita
dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A.
penyuluhan genetik
B.
diagnostik prenatal
C.
pemeliharaan kesehatan
D.
sanitasi lingkungan
No 34.
Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya
pada umur 12 tahun termasuk....
A.
ringan
B.
sedang
C.
berat
D.
sangat berat
No 35.
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul
di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A.
ringan
B.
sedang
C.
berat
D.
sangat berat
No 36.
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak
tunagrahita antara lain....
A.
berkesempatan bergaul dengan anak
normal
B.
pergaulan lebih spesifik
C.
lebih konsentrasi dalam belajar.
D.
lahir dari rasa rendah diri
No 37.
AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat
diketahui dengan gejala....
A.
mudah tersinggung
B.
mudah marah
C.
keterbelakangan mental
D.
ketidakmampuan bicara
No 38.
Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan
kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
A.
mematangkan moral
B.
meningkatkan ekspresi diri
C.
membantu perkembangan fisik
D.
mematangkan aspek sosial
No 39.
Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB
adalah....
A.
25 menit
B.
30 menit
C.
45 menit
D.
50 menit
No 40.
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah-
langkah yang terdapat dalam....
A.
perencanaan kegiatan belajar
mengajar
B.
prinsip multi sensori
C.
prinsip individual
D.
fungsi pembelajaran menyediakan
ruangan khusus
Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404
(bagian 4)
No 31.
a. salah, karena ciri- ciri ini, badan gemuk dan pendek, tangan
pendek dan bengkok, kulit kering, tebal, dan keriput.
b. salah, karena ciri- ciri ini kepala besar, raut muka kecil,
pandangan tidak sempurna.
c. benar, yaitu memiliki ukuran kepala yang kecil
d. salah, karena memiliki ukuran yang besar dari ukuran normal.
No 32.
a. salah, karena terjangkitnya penyakit selama janin masih
dalam kandungan.
b. benar, yaitu bisa terjadi karena mewarisi kelainan dari
orangtuanya.
c. benar, yaitu kelainan gen terjadi akibat pada waktu mutasi.
d. benar, yaitu terjadi karena melilit
No 33.
a. benar, yaitu pencegahan dengan mengkomunikasikan berbagai
informasi mengenai masalah genitika.
b. salah, karena merupakan pemeriksaan kehamilan, sehingga
dapat diketahui lebih dini apakah janin mengalami kelainan.
c. salah, karena usaha ini dilakukan ibu hamil menyakut
pemeriksaan kesehatan selama kehamilan.
d. salah, karena usaha ini mengupayakan terciptanya lingkungan
yang baik, sehingga tidak menghambat perkembangan bayi.
No 34.
a. benar, yaitu kematangan belajar membaca dicapai pada usia 12
tahun.
b. salah, karena perkembangan bahasanya lebih terbatas.
c. salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.
d. salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.
No 35.
a. benar, yaitu mengurus dan membina gdiri sendiri, serdapat
bergaul di masyarakat.
b. salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri
seperti, makan, minum, berpakaian, kebersihan badan.
c. salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri
secara sederhana, memberi tanda atau kata- kata bila menginginkan sesuatu.
d. salah,karena anak tunagrahita dapat melakukan kesibukan yang
bermanfaat, misalnya mengisi kotak- kotak dengan paku.
No 36.
a. benar, pergaulan dengan anak normal merupakan latihan hidup
yang sebenarnya.
b. salah, karena pergaulan jenis ini lebih umum.
c. salah, karena konsentrasi belajar tidak berhubungan langsung
dengan sistyem pendidikan.
d. salah, karena rasa rendah diri tak ada hubungannya dengan
sistem pendidikan.
No 37.
a. salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
b. salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
c. benar, yaitu mengalami keterbelakangan mental.
d. salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan fisik.
No 38.
a. salah, karena pendidikan anak tunadaksa melalui keagamaan,
norma kehidupan.
b. benar, yaitu melalui kesenian, keterampilan, dan kerajinan.
c. salah, karena tujuan pendidikan anak tunagrahita dengan
membantu memelihara kesehatan fisik.
d. salah, karena memfokuskan pada penanaman konsep diri.
No 39.
a. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b. benar, yaitu 30 menit.
c. salah, karena merupakan jawaban yang sesuai dengan SLTPLB
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai dengan
kurikulum.
No 40.
a. benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar
mengajar.
b. salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c. salah, karena merpakan prinsip pembelajaran.
d. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar