Sunday, December 21, 2014

Kunci dan Soal Ujian Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 3)


No 21.Hal yang harus diperhatikan dalam menyusun buku teks berdasarkan prinsip seleksi seperti berikut, kecuali ....

A.      penahapan bahan pelajaran, baik jumlah maupun satuan-satuannya
B.      tujuan pengajaran bahasa, level bahasa yang diajarkan, dan jumlah waktu
C.      jumlah materi yang akan disajikan
D.      kriteria yang dipakai melandasi pilihan

No 22.
Ketentuan dalam menyusun bahan ajar menurut Imam Machfudz dan Solchan yaitu ...
A.      bagian-bagian naskah yang ditulis harus lengkap
B.      naskah yang ditulis bisa berupa naskah hasil revisi yang pernah diterbitkan
C.      bersumber dari kurikulum
D.      bersumber dari karakteristik setiap mata pelajaran

No 23.
Sasaran kemampuan membaca permulaan adalah siswa dapat ....
A.      mengubah dan melafalkan lambang-tertulis dengan bunyi bermakna
B.      mengeja suku kata demi suku kata dengan tepat
C.      membaca kata demi kata dengan benar
D.      membaca satu kalimat utuh dengan lancar

No 24.
Yang dimaksud dengan metode SAS adalah ....
A.      teknik yang digunakan untuk tujuan membaca permualan tingkat dasar
B.      teknik yang digunakan untuk tujuan menulis permulaan tingkat dasar
C.      Cara yang digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis bagi siswa pemula
D.      proses belajar membaca dan menulis untuk siswa kelas rendah


No 25.
Dalam pembelajaran MMP menggunakan bacaan susunan bersama guru-siswa, setelah guru memperlihatkan beberapa gambar, kartu huruf dan suku kata, langkah selanjutnya adalah seperti berikut, kecuali ....
A.      siswa diminta menyebutkan nama-nama gambar dan menempelkan kartu sesuai dengan nama gambar
B.      siswa memilih beberapa gambar sebagai bahan diskusi dan simulasi
C.      siswa diminta membuat beberapa kalimat sesuai gambar, lalu dirangkai menjadi cerita sederhana
D.      siswa diminta membuat beberapa kalimat sesuai gambar, lalu dirangkai menjadi cerita sederhana

No 26.
Bu Arina akan memperkenalkan huruf a, i, dan d kepada siswa kelas 1 SD. Langkah pertama Bu Arina memperlihatkan gambar seorang anak perempuan yang bernama ida dan seorang anak laki-laki bernama adi. Setelah Bu Arina memperkenalkan nama gambar tersebut, langkah-langkah pembelajarannya selanjutnya adalah, kecuali ....
A.      (setelah melalui proses tanya jawab berulang kali) siswa diminta menunjuk mana gambar yang bernama ida dan mana yang bernama adi
B.      Bu Arina menulis di papan tulis secara perlahan-lahan, siswa diminta memperhatikannya gerakan tangan dan cara mengucapkan huruf-huruf tersebut, kemudian pengucapan kata
C.      Bu Arina nganalisis dan mensintesiskan kembali tulisan tersebut di papan tulis
D.      Siswa diminta menggambar anak perempuan dan laki-laki

No 27.
Penilaian pembelajaran berikut ini menggunakan penilaian holistik....
A.      Pak Seto pagi ini memberi tugas siswa kelas 6 untuk mengarang dengan tema rekreasi. Siswa diberi waktu 45 menit untuk karangan sepanjang dua halaman. Pada sepuluh menit pertama banyak siswa yang masih terlihat gelisah, kertas yang disediakan masih kosong, tapi mereka sudah mulai mencoret-coret di kertas buram. Dengan sabarnya Pak Seto berkeliling memperhatikan para siswa, sesekali menanyakan sesuatu. Beberapa menit kemudian mereka seperti mendapatkan inspirasi. Mereka dapat menulis dengan lancar, bahkan sebelum waktunya habis, mereka sudah selesai. Satu minggu kemudian Pak Seto membagikan hasil karangan siswa, ada beberapa siswa yang harus memperbaiki karangannya, bahkan Roy dan Fariz sampai dua kali memperbaiki. Dengan demikian tidak ada siswa yang mendapat nilai tidak memuaskan
B.      Ulangan membaca di kelas 3 SD minggu kemarin cukup mudah, yaitu siswa diminta membaca dengan pemahaman dari teks sederhana. Siswa banyak yang dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana. Waktu dibagikan Pak Umar. Banyak siswa yang senyum-senyum karena mendapat nilai bagus.
C.      Arda sebenarnya anak yang cukup cerdas, namun karena dia mudah panik dan cemas, dia tidak bisa mengerjakan soal-soal UAN dengan baik, sehingga hasilnya jauh dari memuaskan. Dia sangat kecewa, karena tidak dapat diterima di sekolah yang diinginkan
D.      Talita, siswa kelas 3 SD yang sering menjuarai lomba pidato tampak murung karena nilai ulangan akhir semester Bahasa Indonesia Talita turun drastis, padahal ulangan hariannya selalu sangat memuaskan. Pada waktu akan terima rapor, Talita berdebar-debar. Ternyata dugaan Talita meleset, dia tetap mendapat nilai yang memuaskan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia

No 28.
Aspek kemampuan berbahasa seperti berikut ini, kecuali ...
A.      menyimak
B.      berbicara
C.      menulis
D.      Struktur

No 29.
Berikut ini adalah contoh pembelajaran dengan fokus sastra yang menekankan pada membaca indah di kelas tinggi....
A.      Kelas 5A pagi itu suasananya cukup ramai, sering terdengar tepuk tangan yang meriah. Rupanya mereka sedang berlatih membaca puisi. Tiap siswa maju ke depan membacakan puisi ciptaan masing-masing, siswa lain memberi tanggapan hasil ciptaan puisi dan hasil membaca puisi temannya.
B.      Bu Erni membacakan sebuah cerita jenaka di depan kelas, kemudian beberapa siswa diminta mensimulasikan gerakan-gerakan sesuai dengan yang ada dalam cerita tersebut
C.      Pak Budi membagikan fotokopi teks dongeng rakyat kepada siswa kelas 4. Para siswa diminta membaca dengan pemahaman, kemudian menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh Pak Budi. Setelah selesai siswa diminta mencari kata-kata kiasan yang terdapat dalam teks tersebut.
D.      Siang ini Bu Jamilah tidak dapat mengajar di kelas 6, karena menghadiri seminar di kecamatan. Karena tidak ada guru pengganti, para siswa diberi tugas menulis bebas, misalnya puisi, cerpen, atau pengalaman yang menarik untuk mengisi majalah dinding.

No 30.
Tujuan membaca di SD kelas tinggi adalah ....
A.      mengenal kata dan kalimat
B.      memahami isi bacaan
C.      mengetahui makna istilah
D.      memilih bacaan yang sesuai




Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 3)

No 21.
a.      Benar, karena pernyataan tersebut merupakan kriteria dalam prinsip presentasi bahan
b.      Salah, karena dalam prinsip seleksi harus ada keterkaitan antara tujuan pengajaran, level materi, dan lamanya belajar
c.       Salah, karena jumlah materi juga berkaitan dengan jumlah waktu belajar.
d.      Salah, karena kriteria sangat diperlukan dalam seleksi sebagai landasan untuk menentukan pilihan.

No 22.
a.      Benar, kelengkapannya meliputi: bagian awal naskah, bagian isi naskah
b.      Salah, karena naskah yang ditullis harus asli dan belum pernah diterbitkan
c.       Salah, karena merupakan patokan umum menurut Tarigan;
d.      Salah, karena merupakan patokan khusus menurut Tarigan

No 23.
a.      Benar, karena sasaran membaca permulaan cukup sampai melek huruf
b.      Salah, karena mengeja suku diajarkan bila siswa telah melek huruf.
c.       Salah, karena mengeja suku kata dan membaca kata diajarkan bila siswa telah melek huruf
d.      Salah, karena membaca kalimat sudah merupakan sasaran membaca lebih lanjut

No 24.
a.       Salah, karena tujuan metode SAS tidak hanya digunakan untuk membaca, tapi juga untuk menulis
b.      Salah, karena metode SAS tidak hanya untuk menulis permulaan, tetapi juga membaca permulaan
c.       Benar, karena merupakan tujuan metode SAS.
d.      Salah, karena sasaran tersebut terlalu luas

No 25.
a.       Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.       Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tuuan pembelajaran.
d.      Benar, karena guru akan memberikan penjelasan bila siswa tidak memahami gambar tersebut, hal itu kemungkinan kecil terjadi, karena guru selain memperlihatkan gambar, juga memperlihatkan kartu kata, diharapkan kartu kata tersebut sudah menggiring siswa untuk memahami gambar.

No 26.
a.       Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.       Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
d.      Benar, karena tidak sesuai, alasannya siswa tidak perlu menggambar seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki, karena tujuan pembelajarannya adalah pengenalan huruf, bukan menggambar

No 27.
a.       Salah, karena menggunakan penilaian keterampilan proses
b.      Salah, karena menggunakan penilaian hasil
c.       Salah, karena menggunakan penilaian hasil
d.      Benar, karena nilai akhir Talita tidak hanya dilihat dari hasil UAS, tetapi dilihat secara keseluruhan, yaitu dari nilai-nilai ulangan harian, bahkan prestasi di luar kelas pun (pandai pidato) diperhitungkan sebagai nilai tambah.

No 28.
a.       Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
b.      Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
c.       Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
d.      Benar, karena merupakan aspek kemampuan kebahasaan

No 29.
a.      Benar, karena kegiatannya diawali dengan membaca puisi, membaca puisi adalah membaca indah
b.      Salah, karena Bu Erni menekankan pada aspek menyimak
c.       Salah, karena pembelajaran yang disampaikan Pak Budi adalah pembelajaran yang menekankan pada keterampilan membaca dengan pemahaman
d.      Salah, karena tugas yang diberikan Bu Jamilah menekankan pada keterampilan menulis

No 30.
a.       Salah, karena mengenal kata dan kalimat merupakan tujuan membaca di kelas rendah.
b.      Benar, karena membaca dengan pemahaman mempermudah untuk memahami isi bacaan.
c.       Salah, karena  tujuan tersebut merupakan tujuan untuk bidang kebahasaan.
d.      Salah, karena pernyataan tersebut merupakan salah satu langkah metode SQ3R

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar