No 21.Hal yang harus diperhatikan dalam menyusun buku teks
berdasarkan prinsip seleksi seperti berikut, kecuali ....
A.
penahapan bahan pelajaran, baik
jumlah maupun satuan-satuannya
B.
tujuan pengajaran bahasa, level
bahasa yang diajarkan, dan jumlah waktu
C.
jumlah materi yang akan disajikan
D.
kriteria yang dipakai melandasi
pilihan
No 22.
Ketentuan dalam menyusun bahan ajar menurut Imam Machfudz
dan Solchan yaitu ...
A.
bagian-bagian naskah yang ditulis
harus lengkap
B.
naskah yang ditulis bisa berupa
naskah hasil revisi yang pernah diterbitkan
C.
bersumber dari kurikulum
D.
bersumber dari karakteristik setiap
mata pelajaran
No 23.
Sasaran kemampuan membaca permulaan adalah siswa dapat ....
A.
mengubah dan melafalkan
lambang-tertulis dengan bunyi bermakna
B.
mengeja suku kata demi suku kata
dengan tepat
C.
membaca kata demi kata dengan benar
D.
membaca satu kalimat utuh dengan
lancar
No 24.
Yang dimaksud dengan metode SAS adalah ....
A.
teknik yang digunakan untuk tujuan
membaca permualan tingkat dasar
B.
teknik yang digunakan untuk tujuan
menulis permulaan tingkat dasar
C.
Cara yang digunakan untuk proses
pembelajaran membaca dan menulis bagi siswa pemula
D.
proses belajar membaca dan menulis
untuk siswa kelas rendah
No 25.
Dalam pembelajaran MMP menggunakan bacaan susunan bersama
guru-siswa, setelah guru memperlihatkan beberapa gambar, kartu huruf dan suku
kata, langkah selanjutnya adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
siswa diminta menyebutkan nama-nama
gambar dan menempelkan kartu sesuai dengan nama gambar
B.
siswa memilih beberapa gambar
sebagai bahan diskusi dan simulasi
C.
siswa diminta membuat beberapa
kalimat sesuai gambar, lalu dirangkai menjadi cerita sederhana
D.
siswa diminta membuat beberapa
kalimat sesuai gambar, lalu dirangkai menjadi cerita sederhana
No 26.
Bu Arina akan memperkenalkan huruf a, i, dan d kepada siswa
kelas 1 SD. Langkah pertama Bu Arina memperlihatkan gambar seorang anak
perempuan yang bernama ida dan seorang anak laki-laki bernama adi. Setelah Bu Arina
memperkenalkan nama gambar tersebut, langkah-langkah pembelajarannya
selanjutnya adalah, kecuali ....
A.
(setelah melalui proses tanya jawab
berulang kali) siswa diminta menunjuk mana gambar yang bernama ida dan mana
yang bernama adi
B.
Bu Arina menulis di papan tulis
secara perlahan-lahan, siswa diminta memperhatikannya gerakan tangan dan cara
mengucapkan huruf-huruf tersebut, kemudian pengucapan kata
C.
Bu Arina nganalisis dan
mensintesiskan kembali tulisan tersebut di papan tulis
D.
Siswa diminta menggambar anak
perempuan dan laki-laki
No 27.
Penilaian pembelajaran berikut ini menggunakan penilaian
holistik....
A.
Pak Seto pagi ini memberi tugas
siswa kelas 6 untuk mengarang dengan tema rekreasi. Siswa diberi waktu 45 menit
untuk karangan sepanjang dua halaman. Pada sepuluh menit pertama banyak siswa
yang masih terlihat gelisah, kertas yang disediakan masih kosong, tapi mereka
sudah mulai mencoret-coret di kertas buram. Dengan sabarnya Pak Seto
berkeliling memperhatikan para siswa, sesekali menanyakan sesuatu. Beberapa
menit kemudian mereka seperti mendapatkan inspirasi. Mereka dapat menulis
dengan lancar, bahkan sebelum waktunya habis, mereka sudah selesai. Satu minggu
kemudian Pak Seto membagikan hasil karangan siswa, ada beberapa siswa yang
harus memperbaiki karangannya, bahkan Roy dan Fariz sampai dua kali
memperbaiki. Dengan demikian tidak ada siswa yang mendapat nilai tidak
memuaskan
B.
Ulangan membaca di kelas 3 SD minggu
kemarin cukup mudah, yaitu siswa diminta membaca dengan pemahaman dari teks
sederhana. Siswa banyak yang dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan
isi wacana. Waktu dibagikan Pak Umar. Banyak siswa yang senyum-senyum karena
mendapat nilai bagus.
C.
Arda sebenarnya anak yang cukup
cerdas, namun karena dia mudah panik dan cemas, dia tidak bisa mengerjakan
soal-soal UAN dengan baik, sehingga hasilnya jauh dari memuaskan. Dia sangat
kecewa, karena tidak dapat diterima di sekolah yang diinginkan
D.
Talita, siswa kelas 3 SD yang sering
menjuarai lomba pidato tampak murung karena nilai ulangan akhir semester Bahasa
Indonesia Talita turun drastis, padahal ulangan hariannya selalu sangat
memuaskan. Pada waktu akan terima rapor, Talita berdebar-debar. Ternyata dugaan
Talita meleset, dia tetap mendapat nilai yang memuaskan untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia
No 28.
Aspek kemampuan berbahasa seperti berikut ini, kecuali ...
A.
menyimak
B.
berbicara
C.
menulis
D.
Struktur
No 29.
Berikut ini adalah contoh pembelajaran dengan fokus sastra
yang menekankan pada membaca indah di kelas tinggi....
A.
Kelas 5A pagi itu suasananya cukup
ramai, sering terdengar tepuk tangan yang meriah. Rupanya mereka sedang
berlatih membaca puisi. Tiap siswa maju ke depan membacakan puisi ciptaan
masing-masing, siswa lain memberi tanggapan hasil ciptaan puisi dan hasil
membaca puisi temannya.
B.
Bu Erni membacakan sebuah cerita
jenaka di depan kelas, kemudian beberapa siswa diminta mensimulasikan
gerakan-gerakan sesuai dengan yang ada dalam cerita tersebut
C.
Pak Budi membagikan fotokopi teks
dongeng rakyat kepada siswa kelas 4. Para siswa diminta membaca dengan
pemahaman, kemudian menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh Pak Budi. Setelah
selesai siswa diminta mencari kata-kata kiasan yang terdapat dalam teks
tersebut.
D.
Siang ini Bu Jamilah tidak dapat
mengajar di kelas 6, karena menghadiri seminar di kecamatan. Karena tidak ada
guru pengganti, para siswa diberi tugas menulis bebas, misalnya puisi, cerpen,
atau pengalaman yang menarik untuk mengisi majalah dinding.
No 30.
Tujuan membaca di SD kelas tinggi adalah ....
A.
mengenal kata dan kalimat
B.
memahami isi bacaan
C.
mengetahui makna istilah
D.
memilih bacaan yang sesuai
Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204
(Bagian 3)
No 21.
a. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan kriteria dalam
prinsip presentasi bahan
b. Salah, karena dalam prinsip seleksi harus ada keterkaitan
antara tujuan pengajaran, level materi, dan lamanya belajar
c. Salah, karena jumlah materi juga berkaitan dengan jumlah
waktu belajar.
d. Salah, karena kriteria sangat diperlukan dalam seleksi
sebagai landasan untuk menentukan pilihan.
No 22.
a. Benar, kelengkapannya meliputi: bagian awal naskah, bagian
isi naskah
b. Salah, karena naskah yang ditullis harus asli dan belum
pernah diterbitkan
c. Salah, karena merupakan patokan umum menurut Tarigan;
d. Salah, karena merupakan patokan khusus menurut Tarigan
No 23.
a. Benar, karena sasaran membaca permulaan cukup sampai melek
huruf
b. Salah, karena mengeja suku diajarkan bila siswa telah melek
huruf.
c. Salah, karena mengeja suku kata dan membaca kata diajarkan
bila siswa telah melek huruf
d. Salah, karena membaca kalimat sudah merupakan sasaran
membaca lebih lanjut
No 24.
a. Salah, karena tujuan metode SAS tidak hanya digunakan untuk
membaca, tapi juga untuk menulis
b. Salah, karena metode SAS tidak hanya untuk menulis
permulaan, tetapi juga membaca permulaan
c. Benar, karena merupakan tujuan metode SAS.
d. Salah, karena sasaran tersebut terlalu luas
No 25.
a. Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah
pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah
pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c. Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah
pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tuuan pembelajaran.
d. Benar, karena guru akan memberikan penjelasan bila siswa
tidak memahami gambar tersebut, hal itu kemungkinan kecil terjadi, karena guru
selain memperlihatkan gambar, juga memperlihatkan kartu kata, diharapkan kartu
kata tersebut sudah menggiring siswa untuk memahami gambar.
No 26.
a. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah
tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah
tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah
tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
d. Benar, karena tidak sesuai, alasannya siswa tidak perlu
menggambar seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki, karena tujuan
pembelajarannya adalah pengenalan huruf, bukan menggambar
No 27.
a. Salah, karena menggunakan penilaian keterampilan proses
b. Salah, karena menggunakan penilaian hasil
c. Salah, karena menggunakan penilaian hasil
d. Benar, karena nilai akhir Talita tidak hanya dilihat dari
hasil UAS, tetapi dilihat secara keseluruhan, yaitu dari nilai-nilai ulangan
harian, bahkan prestasi di luar kelas pun (pandai pidato) diperhitungkan
sebagai nilai tambah.
No 28.
a. Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
b. Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
c. Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
d. Benar, karena merupakan aspek kemampuan kebahasaan
No 29.
a. Benar, karena kegiatannya diawali dengan membaca puisi,
membaca puisi adalah membaca indah
b. Salah, karena Bu Erni menekankan pada aspek menyimak
c. Salah, karena pembelajaran yang disampaikan Pak Budi adalah
pembelajaran yang menekankan pada keterampilan membaca dengan pemahaman
d. Salah, karena tugas yang diberikan Bu Jamilah menekankan
pada keterampilan menulis
No 30.
a. Salah, karena mengenal kata dan kalimat merupakan tujuan
membaca di kelas rendah.
b. Benar, karena membaca dengan pemahaman mempermudah untuk
memahami isi bacaan.
c. Salah, karena tujuan
tersebut merupakan tujuan untuk bidang kebahasaan.
d. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan salah satu
langkah metode SQ3R
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar