Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD
adalah....
A.
proses membawa manusia dari apa
adanya kepada bagaimana seharusnya
B.
suatu proses menumbuhkembangkan
eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan
yang berdimensi lokal, nasional, dan global
C.
pengaruh lingkungan atas individu
untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap,
dan tingkah laku
D.
pemberian informasi pengetahuan dan
pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan,
kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan
sosial yang memuaskan
No 2.
Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan
kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai
tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
A.
memberikan materi yang sama kepada
seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B.
menyiapkan anak dengan berbagai
pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C.
memberikan dasar-dasar pengetahuan
membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D.
menyiapkan siswa untuk memiliki
kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar
yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan
prinsip-prinsip ilmiah
No 3.
Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga
masyarakat dan warga negara adalah....
A.
membentuk dan meningkatkan kualitas
kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B.
membentuk siswa menjadi warga yang
baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan
kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C.
mewariskan budaya dari generasi satu
ke generasi berikutnya
D.
memberi berbagai kemampuan, sikap,
serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi
kehidupan dirinya
No 4.
Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata
adalah....
A.
inti dari budaya pendidikan di Era
Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik
sebagai titik sentral
B.
perkembangan adalah proses yang tak
pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses
sepanjang hayat
C.
setiap pendidikan dan proses
pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang
berkembang
D.
prinsip dan hukum-hukum perkembangan
individu harus menjadi titik tolak pendidikan
No 5.
Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap
sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A.
meniru perilaku orang yang berada di
sekelilingnya
B.
mengurutkan cerita sesuai kejadian
C.
mencari penyelesaian masalah setelah
menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D.
mengambil, memutar, menjatuhkan, dan
melempar mainannya
No 6.
Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar
adalah....
A.
kondisi di dalam diri seseorang yang
memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B.
kemampuan bawaan sebagai potensi
yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C.
kemampuan untuk melakukan suatu
tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D.
kondisi dimana kemampuan sesorang
muncul akibat latihan terus menerus
No 7.
Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat
adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A.
dukungan keluarga
B.
minat anak
C.
dukungan masyarakat
D.
minat orang tua
No 8.
Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD
adalah....
A.
Adi dapat menyusun puzzle yang
terdiri dari 8 keping
B.
Chika mampu menyanyikan lagu
Indonesia Raya di depan kelas
C.
Tony mampu mengembangkan gambar segi
empat menjadi bentuk lain
D.
Desi mampu menyebutkan nama-nama
binatang dalam bahasa Inggris
No 9.
Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat
melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A.
tingkat intelegensinya tinggi pasti
kreatif
B.
tingkat intelegensinya rendah
biasanya kreatif
C.
kreatif harus memiliki tingkat
intelegensi yang tinggi
D.
kreatif belum tentu memiliki tingkat
intelegensia yang tinggi
No 10.
Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A.
memberikan pertanyaan yang
mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B.
menggabungkan pemikiran konvergen
dengan divergen
C.
meminta anak untuk memecahkan
masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D.
mengajukan pertanyaan tertutup
kepada siswa
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar