No 21.
Menurut standar Pelayanan Minimal di tingkat sekolah
menengah pertama, faktor yang harus diperhatikan dalam hal anak didik
adalah
kecuali...
A.
persyaratan sebagai siswa
B.
pakain siswa
C.
biaya sekolah siswa
D.
unit kegiatan siswa
No 22.
Hambatan yang sangat dirasakan sekolah dalam melaksanakan
dan menerapkan MBS adalah...
A.
belum adanya kesiapan personal
sekolah dalam melaksanakan MBS
B.
tingginya dana yang dibutuhkan
sekolah untuk pengelolaan MBS
C.
belum ada kesiapan pemerintah pusat
untuk melaksanakan MBS
D.
MBS dianggap tidak sesuai dengan
sistem persekolahan di Indonesia
No 23.
Pelatihan yang harus diikuti kepala sekolah untuk
meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan adalah....
A.
training kemampuan profesional
tenaga pendidikan
B.
training kelompok kerja pengembangan
dan pendampingan MBS
C.
workshop manajemen MBS
D.
workshop tentang standar pendidikan
Nasional
No 24.
Dalam UU No. 20 Thn 2003 tentang standar Pendidikan
Nasaional dikatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab
menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam pasal 31 ayat 4 UUD 45
dibahas pada pasal ....
A.
46 ayat 1 dan 2
B.
47 ayat 1 dan 2
C.
48 ayat 1
D.
49 ayat 1,2,3 dan 4
No 25.
Pendanaan Pendidikan berbasis sekolah menuntut setiap
sekolah utk memberikan layanan pendidikan pada siswa berdasarkan prinsip
kecukupan, hal ini dapat dilakukan dengan cara...
A.
memberi bantuan biaya pendidikan
berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa
B.
menghitung satuan biaya peranak
untuk setiap bentuk satuan pendidikan
C.
menghitung penerimaan sekolah dari
pemerintah kemudian dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah
D.
biaya minimal ditetapkan berdasarkan
syarat pendirian sekolah dan tuntutan kurikulum
No 26.
Pelaksanaan MBS khususnya yang berhubungan dengan
efektifitas profesionalisme guru dan tenaga kependidikan, telah berjalan dengan
lancar dan baik. Sehubungan dengan hal tersebut maka yang harus direorientasi
oleh pemerintah adalah mengenai..
A.
pengawasan
B.
lembaga pelatihan guru dan tenaga
kependidikan
C.
peraturan kebijakan pengadaan sarana
dan prasarana
D.
monitoring dan evaluasi MBS
No 27.
MBS adalah salah satu bentuk otonomi pendidikan pada satuan
pendidikan dimana kepala sekolah dan guru dibantu komite sekolah dlm mengelola
pendidikan. Definisi ini merupakan pendapat yang disampaikan oleh ....
A.
Mellen,Ogawa dan Kranz
B.
Neal
C.
Taylor
D.
Depdiknas
No 28.
Salah satu tujuan MBS berupa peningkatan akuntabilitas
sekolah dan komitmen semua berarti bahwa ...
A.
sekolah bertanggungjawab atas semua
yang dilakukan secara adminitrasi
A.
B.sekolah bertanggungjawab terhadap
teknis edukatif tentang program....
B.
dewan pendidikan dan komite sekolah
bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
C.
sekolah bertanggungjawab ata
peningkatan mutu dan relevansi mutu sekolah ..
No 29.
Input dan proses pendidikan merupakan dua aspek yang saling
berkaitan dan menentukan output pendidikan. Salah satu input pendidikan yang
mempengaruhi proses pendidikan adalah....
A.
tenaga pengajar
B.
biaya pendidikan
C.
kurikulum
D.
teknologi
No 30.
Bila mutu suatu lembaga pendidikan ditentukan berdasarkan
keinginan/kebutuhan dan syarat-syarat yang dikehendaki oleh pelanggan, artinya
sekolah tersebut menganut konsep mutu ...
A.
Absolut
B.
Relatif
C.
Stakeholder
D.
Konsumen Absolut
Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012 (bagian 3)
No 21.
a. Salah, sebab persyaratan siswa merupakan salah satu faktor
anak didik yang diperhatian dlam SMP tingkat
b. Salah, sebab pakaian siswa merupakan salah satu factor yang
diperhatikan dalam SPM tingkat SMP
c. Benar, sebab masalah biaya sekolah siswa tidak tercantum
dalam SPM tingkat SMPC.
d. Salah, sebab menurut SPM di tingkat SMP, unit kegiatan siswa
merupakan factor anak didik harus diperhatian
No 22.
a. Benar, sebab yang menjadi factor penghambat dalam
pelaksanaan MBS adalah belum adanya kesiapan personal sekolah untuk
melaksanakan MBS
b. Salah, sebab tingginya dana pengelolaan tergantung dari
masing-masing sekolah sehingga tidak menjadi factor penghambat dalam
melaksanakan MBS
c. Salah, sebab pelaksanaan MBS di sekolah-sekolah tidak
tergantung pada kesiapan pemerintah pusat
d. Salah , sebab pelaksanaan MBS merupakan kebutuhan
masing-masing sekolah sehingga ada anggapan bahwa MBS tidak sesuai dengan
system persekolahan, bukan merupakan masalah
No 23.
a. Salah, sebab training kemampuan professional tenaga
pendidikan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan / kemandirian personil
sekolah
b. Salah, sebab traning kelompok kerja pengembangan dan
pendampingan MBS memberi kemampuan agar peserta dapat menjadi pendamping bagi
sekolah yang akan merintis MBS
c. Benar, sebab untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil
keputusan seorang kepala sekolah harus mengikuti workshop manajemen MBS
d. Salah sebab workshop tentang standar pendidikan nasional
adalah untuk memberi pemahaman para peserta agar memiliki pemahaman tentang SPN
No 24.
a. Benar, sebab Pasal 26 ayat 1dan 2 dlm UU No. 20 thn 2003,
berbunyi bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan
anggaran pendidikan
b. Salah, sebab pasal 47 ayat 1 dan 2 membahas tentang sumber
pendanaan pendidikan
c. Salah, sebab pasal 48 ayat 1 berbunyi bahwa pengelolaan dana
pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, efesiensi, transparasi dan
akuntabilitas public
d. Salah, sebab pasal 49 ayat 1,2,3 dan 4 menyatakan dana
pendidikan dialokasikan 20% dari APBN dan minimal 20% dari APBD
No 25.
a. Salah, sebab pemberian bantuan biaya pendidikan berdasarkan
kondisi sosial ekonomi siswa tidak dijelaskan dalam prinsip kecukupan
b. Benar, sebab prinsip kecukupan dalam memberikan layanan
pendidikan dapat dilakukan dengan menghitung satuan biaya peranak sesuai
tingkat tingkat sekolah
c. Salah, sebab menghitung penerimaan sekolah dari pemerintah
dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah tidak termasuk dalam prinsip
kecukupan
d. Salah, sebab prinsip kecukupan tidak dihitung dari biaya
minimal
No 26.
a. Benar, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan sudah baik, untuk mempertahankan kondisi tersebut perlu
dilakukan pengawasan
b. Salah, sebab bila profesionalisme guru dan tenaga pendidikan
sudah efektif tidak perlu lagi dibuka lembaga pelatihan guru dan tenaga
pendidikan
c. Salah, sebab peraturan kebijakan penagadaan sarana dan
prasarana tidak ada kaitannya dengan efektifitas profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan
d. Salah, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan sudah baik perlu dilakukan monitoring dan evaluasi namun
bukan mengenai MBS
No 27.
a. Benar, sebab definisi MBS tersebut menurut pendapat
Mellen,Ogawa dan Kranz
b. Salah sebab menurut Neal, MBS adalah sekolah yang
berdasarkan penelitian, komitmen dan struktur tertentu dan pengoperasian
sekolah menggunakan metode desentralistik
c. Salah, sebab menurut MBS adalaha satu bentuk organisasi
manajemen sekolah dan pembuat keputusan harian dibuat oleh unit yang ada dalam
system tersebut
d. Salah, sebab menurut depdiknas MBS adalaha bentuk otonomi
manajemen pendidikan pada satuan pendidikan meliputi kepala sekolah dibantu
oleh komite sekolah dan guru
No 28.
a. Salah, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen
stekholder artinya sekolah tidak bertanggungjawab secara administrative
b. Benar, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen
stekholder artinya pertanggungjawaban diberikan pada berbagai pihak internal
dan external
c. Salah, sebab dewan pendidikan dan komite sekolah tidak
bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
d. Salah, sebab sekolah bukan satu-satunya yang
bertanggungjawab atas peningkatan mutu sekolah
No 29.
a. Benar, sebab input yang sangat mempengaruhi mutu pendidikan
adalah tenaga pendidikan
b. Salah, sebab biaya pendidikan tidak langsung mempengaruhi
proses mutu pendidikan
c. Salah, sebab kurikulum tidak secara langsung mempengaruhi
mutu pendidikan tetapi harus dirancang oleh guru dalam bentuk RP
d. Salah, sebab teknologi dapat mempengaruhi proses mutu
pendidikan apa bila guru menggunakannya dalam pembelajaran
No 30.
a. Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai
suatu yang ideal
b. Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan
dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c. Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut
stakeholder
d. Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen dianggap
sebagai penentu akhir
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar