Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari
segi orang tua dapat terlihat melalui....
A.
mendukung anak untuk terlibat dalam
aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B.
keyakinan bahwa anak laki-laki lebih
unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada
pelajaran seni
C.
penampilan wanita di berbagai iklan
ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D.
perbedaan sikap atau reaksi pada
anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
No 22.
Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang,
koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di
sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A.
obesitas
B.
malnutrisi
C.
kekurangan makanan
D.
kekurangan waktu istirahat
No 23.
Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi
terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A.
kekurangan gizi mengakibatkan anak
menjadi rewel atau mudah marah
B.
kekurangan gizi akan mengalami
kesulitan dalam memahami sesuatu
C.
anak yang kurang gizi akan menjadi
sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D.
kekurangan gizi akan menghambat
pertumbuhan otak
No 24.
Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada
pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai
dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A.
terpenuhinya kebutuhan fisik
B.
dapat menggunakan seluruh bakat dan
potensinya
C.
meningkatkan harga diri
D.
terpenuhinya kebutuhan akan rasa
aman
No 25.
Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri
pada anak SD adalah....
A.
Tania selalu diantar dan dijemput
oleh ibunya ke sekolah
B.
Fery merupakan anak yang lambat
dalam belajar
C.
Tasya merupakan salah satu anak yang
sangat berbakat di bidang seni
D.
Kenzo tidak mau pergi ke sekolah
karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
No 26.
Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan
siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu
motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A.
tantangan
B.
rasa ingin tahu
C.
kontrol
D.
fantasi
No 27.
Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen
adalah....
A.
perubahan perilaku akibat suatu
pengalaman tertentu
B.
proses mengalami sesuatu untuk
menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C.
perubahan tingkah laku yang relatif
permanen yang terjadi karena pengalaman
D.
pengalaman yang menyebabkan suatu
perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
No 28.
Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A.
belajar dapat membantu perkembangan
optimal individu sebagai manusia utuh
B.
belajar sebagai proses terpadu harus
memposisikan anak sebagai titik sentral
C.
aktivitas pembelajaran yang
diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D.
belajar hanya dapat dilakukan secara
individual dan tidak kompetitif
No 29.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar
anak dari segi proses adalah....
A.
masukan dasar yang menggambarkan
kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B.
interaksi antara masukan dasar,
masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C.
perubahan tingkah laku yang
diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D.
masukan instrumental yang mencakup
guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
No 30.
Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan
belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A.
Joni mendapat nilai rata-rata pada
mata pelajaran Matematika
B.
Danisa tidak mampu menyelesaikan
soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena
sakit
C.
Indah selalu lambat dan tertinggal
oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D.
Septi tidak mengikuti pelajaran
Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili
sekolahnya
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar