No 41.
Penyusunan abstrak yang bertujuan untuk mempermudah pembaca
dalam memutuskan meneruskan membaca seluruh naskah atau
tidak digolongkan
abstrak jenis ....
A.
deskriptif
B.
informatif
C.
agitatif
D.
persuasif
No 42.
Berikut ini yang tidak perlu ditulis dalam abstrak penelitian
adalah ....
A.
perumusan masalah
B.
tujuan penelitian
C.
hasil penelitian
D.
simpulan
No 43.
Presentasi yang bertujuan agar peserta berubah pandangan
tentang peran praktikum dalam pembelajaran IPA termasuk jenis penyajian
presentasi ....
A.
komunikatif
B.
persuasif
C.
informatif
D.
deskriptif
No 44.
Kelompok pendengar yang menuntut penyaji tampil secara
ekspresif adalah dari kelompok pendengar ....
A.
ramah dan terbuka
B.
netral
C.
Tidak berminat
D.
penuh kecurigaan
No 45.
Penyajian presentasi yang bertemakan pengaruh penggunaan
telepon seluler terhadap kemampuan bahasa tulis, sebaiknya disajikan dengan
sistematika berdasarkan ....
A.
kronologi
B.
topik
C.
sebab akibat
D.
tujuan
No 46.
Catatan perlu disiapkan sebelum presentasi, ini digunakan
untuk ....
A.
membantu mengingat materi penyajian
B.
membuat keruntutan materi penyajian
C.
membantu menjawab pertanyaan
D.
menunjukkan bukti pada peserta
No 47.
Tayangan visual untuk penyajian prsentasi di ujian skripsi
yang sesuai adalah ....
A.
banyak animasi dan warna
B.
ada animasi dan banyak warna
C.
ada animasi dan warnanya kontras
D.
tidak perlu animasi dan warna-warni
No 48.
Yang dimaksud dengan kredibilitas presenter adalah ....
A.
kejujuran dalam menyampaikan materi
B.
pengusaan materi yang meyakinkan
C.
kemampuan dalam menggunakan media
D.
mampu menarik simpati dari semua
peserta
No 49.
Hambatan semantik sering membuat penyajian menjadi kurang
menarik, hal ini disebabkan oleh ....
A.
tidak semua peserta mengerti istilah
asing
B.
cara menjawab pertanyaan kurang
meyakinkan
C.
kurang baiknya dalam penampilan saat
penyajian
D.
terganggynya penampilan karena
penyaji menerima telepon
No 50.
Bila ditemukan kesan yang ditangkap peserta berbeda dengan
harapan presenter, maka yang dilakukan presenter adalah ....
A.
mengulangi presentasi
B.
menjelaskan ulang kepada peserta
C.
mencatat perbedaan kesan ini
D.
mengevaluasi kegiatan presentasi
Kunci Jawaban Penulisan Karya Ilmiah PDGK4402 (Bagian 5)
No 41.
a. Salah; abstract descriptive tidak dimaksudkan agar calon pembaca
memutuskan untuk membaca keseluruhan naskah.
b. Salah; abstract informatif hanya membeberkan apa yang ada
dalam naskah keseluruhannya
c. Salah; abstrack agitatif hanya memberi penekanan pada konten
tertentu dengan tidak melupakan konten yang lain dalam naskah
d. Benar; abstract persuatif dimaksud untuk menarik minat calon
pembaca untuk menelususri seluruh isi bacaan
No 42.
a. Benar; rumusan masalah sangat spesifik dari isi karya tulis
terutama dalam hal metode
b. Salah; tujuan penelitian bisa dicantumkan dalam abstract
sebuah makalah
c. Salah; hasil penelitian secara detail tidak harus
dicantumkan dalam abstract
d. Salah; sebuah abstract tidak perlu membuat kesimpulan
No 43.
a. Salah; presentsi komunikatif sifatnya datar dan tidak
dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
b. Benar; presentasi persuatif memang dimaksudkan untuk
mempengaruhi audien
c. Salah; presentasi informtif sifatnya datar dan tidak
dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
d. Salah; presentasi descriptif sifat menyajika data dan fakta
dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
No 44.
a. Benar; audiens yang terbuka cenderung mendesak agar
penyajian sebih ekspresif
b. Salah; audiens netral cenderung menerima saja apa yang
disajikan
c. Salah; audiens yang kurang berminat cenderung diam
d. Salah; audiens yang penuh kecurigan cenderung menuntut
sajian secara detail
No 45.
a. Salah; sajian materi yang sifatnya menjelaskan pengaruh
suatu variable tidak dituntut secara kronologis
b. Benar; sajian materi yang sifatnya mengacu pada topik
tertentu dituntut untuk disajiakan secara sistematika
c. Salah; sajian materi yang sifat sebag-akibat harus disajikan
secara kronologis
d. Salah; sajian berdasarkan tujuan hendaknya disertai dengan
jawaban atas tercapai-tidaknya tujuan yang ditetapkan
No 46.
a. Salah; poin-poin penting diperlukan untuk membantu
pengingatan terhadap aspek tertentu dalam presentasi
b. Benar; catatan awal perlu disiapkan agar peresentasi
berjalam lancar sesuai tujuan yang ditetapkan
c. Salah; untuk menjawab pertanyaan tidak perlu disiapkan
catatan, melainkan pemahaman terhadap isi yang diperlukan
d. Salah; catatan awal tidak bisa ditunjukan kepada peserta
sebagai bukti apapun tentang sajian yang dibawakan
No 47.
a. Salah; terlalu banyak animasi dan warna tidak disarankan
untuk sajian ujian skripsi
b. Salah; banyak warna tidak disarankan untuk sajian ujian
skripsi
c. Benar; animasi dan warna diperlukan secukupnya sesuai
keperluan
d. Salah; terlalu banyak warni-warni dalam banyak hal akan
mengganggu misi yang ingin dicapai
No 48.
a. Salah; kredibilitas penyaji sulit diukur dari kejujuran
dalam menyampaikan materi
b. Benar; kredibilitas penyaji diukur dari tingkat
penguasaannya terhadap materi yang disampaikan
c. Salah; kemampuan menggunakan media mencerminkan keluasan
wawasan penyaji
d. Salah; kemampuan menarik simpati peserta mencerminkan
keluwesan penyaji
No 49.
a. Benar; penggunaan istilah asing terlalu banyak seringkali
menjadi hambatan semantik sehingga sajian kuranag menarik
b. Salah; hambatan semantik tidak berkaitan dengan cara atau
metode menjawab
c. Salah; kurang baiknya penampilan tidak tergolong ke dalam
hambatan semantic
d. Salah; gangguan sikap penyaji yang menerima telpon saat
menyajian materi tidak tergolong hambatan semantic
No 50.
a. Salah; Jika kesan tidak sampai kepada peserta maka tidak
perlu dilakukan pengulangan presentasi
b. Salah; penjelasan ulang materi yang telah disajikan sangat
sulit dilakukan
c. Salah; mencatat perbedaan kesan peserta hanya perlu saat
melakukan penelitian
d. Benar; kegiatan evaluasi sangat diperlukan untuk
meningkatkan kualitas sajian dan penyajian materi.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar