Tuesday, December 9, 2014

Kunci Jawaban Soal Ujian Penulisan Karya Ilmiah PDGK4402 (Bagian 5)


No 41.
Penyusunan abstrak yang bertujuan untuk mempermudah pembaca dalam memutuskan meneruskan membaca seluruh naskah atau
tidak digolongkan abstrak jenis ....
A.      deskriptif
B.      informatif
C.      agitatif
D.      persuasif

No 42.
Berikut ini yang tidak perlu ditulis dalam abstrak penelitian adalah ....
A.      perumusan masalah
B.      tujuan penelitian
C.      hasil penelitian
D.      simpulan

No 43.
Presentasi yang bertujuan agar peserta berubah pandangan tentang peran praktikum dalam pembelajaran IPA termasuk jenis penyajian presentasi ....
A.      komunikatif
B.      persuasif
C.      informatif
D.      deskriptif

No 44.
Kelompok pendengar yang menuntut penyaji tampil secara ekspresif adalah dari kelompok pendengar ....
A.      ramah dan terbuka
B.      netral
C.      Tidak berminat
D.      penuh kecurigaan

No 45.
Penyajian presentasi yang bertemakan pengaruh penggunaan telepon seluler terhadap kemampuan bahasa tulis, sebaiknya disajikan dengan sistematika berdasarkan ....
A.      kronologi
B.      topik
C.      sebab akibat
D.      tujuan

No 46.
Catatan perlu disiapkan sebelum presentasi, ini digunakan untuk ....
A.      membantu mengingat materi penyajian
B.      membuat keruntutan materi penyajian
C.      membantu menjawab pertanyaan
D.      menunjukkan bukti pada peserta

No 47.
Tayangan visual untuk penyajian prsentasi di ujian skripsi yang sesuai adalah ....
A.      banyak animasi dan warna
B.      ada animasi dan banyak warna
C.      ada animasi dan warnanya kontras
D.      tidak perlu animasi dan warna-warni

No 48.
Yang dimaksud dengan kredibilitas presenter adalah ....
A.      kejujuran dalam menyampaikan materi
B.      pengusaan materi yang meyakinkan
C.      kemampuan dalam menggunakan media
D.      mampu menarik simpati dari semua peserta

No 49.
Hambatan semantik sering membuat penyajian menjadi kurang menarik, hal ini disebabkan oleh ....
A.      tidak semua peserta mengerti istilah asing
B.      cara menjawab pertanyaan kurang meyakinkan
C.      kurang baiknya dalam penampilan saat penyajian
D.      terganggynya penampilan karena penyaji menerima telepon

No 50.
Bila ditemukan kesan yang ditangkap peserta berbeda dengan harapan presenter, maka yang dilakukan presenter adalah ....
A.      mengulangi presentasi
B.      menjelaskan ulang kepada peserta
C.      mencatat perbedaan kesan ini
D.      mengevaluasi kegiatan presentasi


Kunci Jawaban Penulisan Karya Ilmiah PDGK4402 (Bagian 5)

No 41.
a.       Salah; abstract descriptive tidak dimaksudkan agar calon pembaca memutuskan untuk membaca keseluruhan naskah.
b.      Salah; abstract informatif hanya membeberkan apa yang ada dalam naskah keseluruhannya
c.       Salah; abstrack agitatif hanya memberi penekanan pada konten tertentu dengan tidak melupakan konten yang lain dalam naskah
d.      Benar; abstract persuatif dimaksud untuk menarik minat calon pembaca untuk menelususri seluruh isi bacaan

No 42.
a.      Benar; rumusan masalah sangat spesifik dari isi karya tulis terutama dalam hal metode
b.      Salah; tujuan penelitian bisa dicantumkan dalam abstract sebuah makalah
c.       Salah; hasil penelitian secara detail tidak harus dicantumkan dalam abstract
d.      Salah; sebuah abstract tidak perlu membuat kesimpulan

No 43.
a.       Salah; presentsi komunikatif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
b.      Benar; presentasi persuatif memang dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
c.       Salah; presentasi informtif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
d.      Salah; presentasi descriptif sifat menyajika data dan fakta dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien

No 44.
a.      Benar; audiens yang terbuka cenderung mendesak agar penyajian sebih ekspresif
b.      Salah; audiens netral cenderung menerima saja apa yang disajikan
c.       Salah; audiens yang kurang berminat cenderung diam
d.      Salah; audiens yang penuh kecurigan cenderung menuntut sajian secara detail

No 45.
a.       Salah; sajian materi yang sifatnya menjelaskan pengaruh suatu variable tidak dituntut secara kronologis
b.      Benar; sajian materi yang sifatnya mengacu pada topik tertentu dituntut untuk disajiakan secara sistematika
c.       Salah; sajian materi yang sifat sebag-akibat harus disajikan secara kronologis
d.      Salah; sajian berdasarkan tujuan hendaknya disertai dengan jawaban atas tercapai-tidaknya tujuan yang ditetapkan

No 46.
a.       Salah; poin-poin penting diperlukan untuk membantu pengingatan terhadap aspek tertentu dalam presentasi
b.      Benar; catatan awal perlu disiapkan agar peresentasi berjalam lancar sesuai tujuan yang ditetapkan
c.       Salah; untuk menjawab pertanyaan tidak perlu disiapkan catatan, melainkan pemahaman terhadap isi yang diperlukan
d.      Salah; catatan awal tidak bisa ditunjukan kepada peserta sebagai bukti apapun tentang sajian yang dibawakan

No 47.
a.       Salah; terlalu banyak animasi dan warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
b.      Salah; banyak warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
c.       Benar; animasi dan warna diperlukan secukupnya sesuai keperluan
d.      Salah; terlalu banyak warni-warni dalam banyak hal akan mengganggu misi yang ingin dicapai

No 48.
a.       Salah; kredibilitas penyaji sulit diukur dari kejujuran dalam menyampaikan materi
b.      Benar; kredibilitas penyaji diukur dari tingkat penguasaannya terhadap materi yang disampaikan
c.       Salah; kemampuan menggunakan media mencerminkan keluasan wawasan penyaji
d.      Salah; kemampuan menarik simpati peserta mencerminkan keluwesan penyaji

No 49.
a.      Benar; penggunaan istilah asing terlalu banyak seringkali menjadi hambatan semantik sehingga sajian kuranag menarik
b.      Salah; hambatan semantik tidak berkaitan dengan cara atau metode menjawab
c.       Salah; kurang baiknya penampilan tidak tergolong ke dalam hambatan semantic
d.      Salah; gangguan sikap penyaji yang menerima telpon saat menyajian materi tidak tergolong hambatan semantic

No 50.
a.       Salah; Jika kesan tidak sampai kepada peserta maka tidak perlu dilakukan pengulangan presentasi
b.      Salah; penjelasan ulang materi yang telah disajikan sangat sulit dilakukan
c.       Salah; mencatat perbedaan kesan peserta hanya perlu saat melakukan penelitian
d.      Benar; kegiatan evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sajian dan penyajian materi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar