No 41.
Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan
tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar
wajib dan tersedia
cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi
hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A.
27
B.
28
C.
29
D.
31
No 42.
Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib
pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya
operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A.
gedung, buku-buku serta perlengkapan
kegiatan belajar lainnya
B.
tenaga pendidik yang sesuai dengan
kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
C.
pendidikan nonformal bagi yang belum
mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D.
dana BOS sehingga anak berkesempatan
untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
No 43.
Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak
anak adalah....
A.
Ibu Tati tidak menggunakan media
karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
B.
Joko yang mengalami cacat fisik
diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
C.
Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih
jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai
pembina Pramuka
D.
Darti berhasil menjadi juara kelas karena
orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
No 44.
Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya
bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di
antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A.
guru hendaknya menyesuaikan diri
dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
B.
penataan kembali strategi dan
prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi
maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui
pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi
pembuat keputusan yang baik
C.
pencapaian kehidupan demokrasi
melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
D.
guru hendaknya membantu siswa
menjadi pembuat keputusan yang baik
No 45.
Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di
sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam
kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A.
berupaya mengoperasionalkan
kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
B.
memberi tugas belajar secara terarah
dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
C.
berupaya agar setiap siswa memiliki
catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar
siswa dari waktu ke waktu
D.
bekerja sama dengan anak dalam
membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
No 46.
Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam
hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A.
memberi bantuan atau dukungan ketika
anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B.
memberikan pujian ketika anak
berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
C.
memberikan contoh konkret dan
tantangan positif pada anak
D.
memperlakukan anak dengan penerimaan
dan penghargaan tanpa syarat
No 47.
Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan
bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A.
buku pedoman atau paket bimbingan
pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
B.
format-format pedoman observasi,
catatan anekdot, dan daftar isian
C.
buku catatan kegiatan bimb ingan dan
konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
D.
buku pribadi dan map siswa
No 48.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program
bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD
adalah....
A.
menyediakan pengalaman belajar yang
tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
B.
mengkoordinasikan kegiatan bimbingan
dengan dibantu oleh guru-guru lain
C.
pencapaian kecakapan siswa dalam
melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
D.
cara belajar bermakna di SD
ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
No 49.
Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi
kerja sama dapat terlaksana melalui....
A.
penginterpretasian data hasil tes,
aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
B.
menjalin hubungan baik secara
internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
C.
memberikan layanan konsultasi atau
nasihat kepada siswa
D.
merekrut siswa yang memenuhi
persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas
unggulan
No 50.
Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling
di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A.
mengulangi presentasi
B.
menjelaskan ulang kepada peserta
C.
mencatat perbedaan kesan ini
D.
mengevaluasi kegiatan presentasi
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar