No 41.
Seorang kepala sekolah perlu melakukan diskusi dan tukar
pendapat dengan stafnya tentang masalah yang dihadapi dan upaya peningkatan
mutu sekolah. Dalama rangka MBS kegiatan ini merupakan implementasi dari
kegiatan ...
A.
Perencanaan
A.
B.Pelaksanaan
B.
Perumusan visi dan misi sekolah
C.
Evaluasi diri
No 42.
Dalam menerapkan MBS, setiap sekolah wajib melakukan
evaluasi diri yang tujuannya untuk ...
A.
mengetahui sejaumana sekolah telah menerapkaan
MBS dan bagaimana hasilnya
B.
mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan
masalah-masalah yang dialami serta harus diatasi
C.
meningkatkan kualitas sekolah di berbagai
komponen berdasarkan potensi yang dimuliki
D.
menentukan status sekolah diantara sekolah yang
lain dan melakukan tindak lanjut
No 43.
Dari uraian berikut yang merupakan pengertian misi adalah
....
A.
kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi
sekolah bermutu
B.
tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk
mencapai visi
C.
Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai
visi
D.
program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan
sekolah tercapai
No 44.
Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan siswa
unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan utama
yang dilakukan
A.
selalu menerapkan pendidikan berbasis ke
berbagai kecerdasan jasmani
B.
mengirim siswa yang berbakat ke berbagai
kompetisi di tingkat sekolah
C.
mengadakan kegiatan unggul untuk mengetahui
bakat sebagai..
D.
mengadakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan
keunggulan siswa sesuai dengan hobinya
No 45.
Hal-hal yang harus diperhatikan sekolah ketika membuat
rencana tahunan adalah kecual...
A.
mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
B.
menyusun draf rencana tahunan sekolah bersama
semua staf
C.
mempertimbangkan pengalaman sekolah lain yang
berhasil
D.
mempertimbangkan kontek lingkungan dan aspirasi
masyarakat
No 46.
Program yang dianjurkan pemerintah agar setiap sekolah dapat
menjadi sekolah efektif adalah dengan menerapkan ...
A.
Program unggulan
B.
Manajemen Berbasis Sekolah
C.
Life Skill
D.
Kurikulum berbasis kompetensi
No 47.
Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan,
mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan
baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya
sebagai ...
A.
pemimpin
B.
manager
C.
organisator
D.
perencana
No 48.
Penerapan KBK menuntut seorang guru untuk dapat merencanakan
dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik serta
melakukan evaluasi pembelajaran yang objektif. Tugas ini merupakan salah satu
peran guru kecuali..
A.
Guru kelas
B.
Staf sekolah
C.
Manager
D.
Profesional
No 49.
Salah satu kegiatan yang harus ada bila menyelenggarakan MBS
di sekolah dasar adalah...
A.
perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
B.
setiap guru harus menerapkan pembelajaran
terpadu
C.
Salah, sebab pembelajaran terpadu baik
diterapkan pada sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
D.
Salah, sebab setiap guru memang harus
merencanakan pembelajaran sesuai kondisi sekolah apakah di SD tersebut MBS
sudah diterapkan ataupun tidak
No 50.
Perintisan MBS salah satunya dilatarbelakangi oleh adanya
krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Pada saat itu Pemerintah menyelenggarakan
suatu proyek untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar. Proyek tersebut
dinamakan...
A.
Program Wajib Belajar Sembilan Tahun diseluruh
indonesia
B.
Program kecakapan hidup yang dibutuhkan
masyarakat
C.
Jaringan Pengaman Sosial beasiswa
D.
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012 (bagian 5)
No 41.
a. Salah sebab biasanya tukar pendapat antara kepala sekolah
dan stafnya dilakukan bukan dalam rangka membuat perencanaan
b. Salah sebab selama pelaksanaan pendidikan biasanya kepala
sekolah tidak membahas masalah2 yang dihadapi dengan stafnya
c. Salah, sebab masalah peningkatan mutu sekolah tidak dibahas
kepala sekolah dengan stafnya ketika merumuskan visi dan misi sekolah
d. Benar biasanya dalam rangka evaluasi diri, kepala sekolah mendiskusikan masalah2 yang
dihadapi sekolah dengan stafnya agar ada upaya peningkatan mutu
No 42.
a. Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk mengetahui
sejumlah sekolah yang menerapkan MBS
b. Benar, sebab biasanya evaluasi diri dilakukan untuk
mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah2 yang harus diatasi
c. Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk
meningkatkan kualitas sekolah diberbagai komponen
d. Salah sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk menentukan
status sekolah diantara sekolah lain
No 43.
a. Salah, kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah
bermutu ditdak disebut misi
b. Benar, misi adalah tugas-tugas pokok yang harus dilakukan
untuk mencapai visi
c. Salah sebab langkah2 kegiatan untuk mencapai visi tidak
disebut misi
d. Salah, program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan
sekolah tercapai bukan misi
No 44.
a. Salah, sebab pendidikan berbasis kecerdasan jamak tidak
menjamin menghasilkan siswa yang unggul, bila siswa tidak diberi kesempatan
untuk berlatih
b. Salah, sebab dengan banyak mengirim siswa ke berbagai
kompetisi disekolah tidak menjamin menghasilkan siswa-siswa yang unggul
c. Salah, sebab apa yang dimaksud kegiatan unggulan masih belum
jelas, sehingga belum tentu menghasilkan siswa yang unggul
d. Benar, sebab bila siswa sering dilibatkan dalam berbagai
kegiatan maka akan diketahui keunggulan setiap siswa, dengan demikian sekolah
dapat mengembangkan lagi keunggulan setiap siswa
No 45.
a. Salah, untuk membuat rencana tahunan sekolah harus
mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
b. Salah, ketika membuat rencana tahaunan sekolah harus
menyusun draf rencana tahunan bersama semua staf
c. Benar, ketika membuat rencana tahunan sekolah tidak perlu
mempertimbangkan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil
d. Salah, sebab rencana tahunan disusun dengan mempertimbangkan
konteks ;ingkungan dan aspirasi masyarakat
No 46.
a. Salah, sebab dengan menerapkan program unggulan tidak
menjamin menjadi sekolah efektif
b. Benar, dengan menerapkan MBS memungkinkan dirintisnya
sekolah yang efektif
c. Salah, dengan menerapkan program lifeskill belum tentu
terwujud sekolah efektif
d. Salah, dengan menerapkan KBK tidak dapat dijamin menjadi
sekolah efektif
No 47.
a. Benar, sebab salah satu fungsi kepala sekolah sebagai
pemimpin adalah senantiasa memberi arahan, mengendalikan dan memotivasi stafnya
agar bekerja dng baik
b. Salah, sebab sebagai manager kepala sekolah tdk memberi
arahan dan memotivasi bawahannya dalam mengerjakan tugas sehari-hari
c. Salah, sebab sebagai organisator kepala sekolah membagikan
tugas dan wewenang kepada semua bawahan
d. Salah sebab sebagai perencana salah satunya kepala sekolah
merumuskaan cara-cara mencapai hasil yang telah ditetapkan
No 48.
a. Salah, sebab sebagai guru kelas salah satunya perlu juga
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan
kebutuhan
b. Benar, sebab sebagai staf sekolah guru tidak harus
menjalankan peran tsb, cukup membantu bagaimana caranya agar visi dan misi
sekolah dapat tercapai
c. Salah ,sebab sebagai manager,guru juga harus mengelola
proses pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa
d. Salah, sebab guru sebagai seorang professional harus juga
dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan
siswa
No 49.
a. Benar, persyaratan untuk menerapkan MBS di SD perlu ada dana
hibah bersaing atau block grant
b. Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada
sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
c. setiap guru harus membuat rencana pembelajaran sesuai
kondisi siswa dan sekolah
d. Salah, sebab memberi bantuan pada siswa yang tidak mampu
sudah merupakan tanggung jawab sekolah atau pemerintah, ada MBs ataupun Tidak
No 50.
a. Salah, sebab proyek yang dirintis pemerintah ketika ada
krisis thn 97-98 adalah bukan program wajib belajar 9 thn
b. Salah, sebab program kecakapan hidup bukan proyek yang
dirintis pemerintah ketika terjadi krisis thn 97-98
c. Benar, yang dirintis pemerintah untuk mempertahankan
kualitas pendidikan dasar ketika ada krisis thn 97-98 adalah program jaringan
pengaman social
d. Salah, KBK bukan program untuk mempertahankan kualitas SD
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar