Thursday, December 4, 2014

Kunci dan Soal Ujian Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012 (bagian 5)

No 41.
Seorang kepala sekolah perlu melakukan diskusi dan tukar pendapat dengan stafnya tentang masalah yang dihadapi dan upaya peningkatan mutu sekolah. Dalama rangka MBS kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan ...
A.      Perencanaan
A.      B.Pelaksanaan
B.      Perumusan visi dan misi sekolah
C.      Evaluasi diri
No 42.
Dalam menerapkan MBS, setiap sekolah wajib melakukan evaluasi diri yang tujuannya untuk ...
A.      mengetahui sejaumana sekolah telah menerapkaan MBS dan bagaimana hasilnya
B.      mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah-masalah yang dialami serta harus diatasi
C.      meningkatkan kualitas sekolah di berbagai komponen berdasarkan potensi yang dimuliki
D.      menentukan status sekolah diantara sekolah yang lain dan melakukan tindak lanjut
No 43.
Dari uraian berikut yang merupakan pengertian misi adalah ....
A.      kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah bermutu
B.      tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi
C.      Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai visi
D.      program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah tercapai
No 44.
Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan siswa unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan utama yang dilakukan
A.      selalu menerapkan pendidikan berbasis ke berbagai kecerdasan jasmani
B.      mengirim siswa yang berbakat ke berbagai kompetisi di tingkat sekolah
C.      mengadakan kegiatan unggul untuk mengetahui bakat sebagai..
D.      mengadakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan keunggulan siswa sesuai dengan hobinya
No 45.
Hal-hal yang harus diperhatikan sekolah ketika membuat rencana tahunan adalah kecual...
A.      mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
B.      menyusun draf rencana tahunan sekolah bersama semua staf
C.      mempertimbangkan pengalaman sekolah lain yang berhasil
D.      mempertimbangkan kontek lingkungan dan aspirasi masyarakat
No 46.
Program yang dianjurkan pemerintah agar setiap sekolah dapat menjadi sekolah efektif adalah dengan menerapkan ...
A.      Program unggulan
B.      Manajemen Berbasis Sekolah
C.      Life Skill
D.      Kurikulum berbasis kompetensi
No 47.
Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan, mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai ...
A.      pemimpin
B.      manager
C.      organisator
D.      perencana
No 48.
Penerapan KBK menuntut seorang guru untuk dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik serta melakukan evaluasi pembelajaran yang objektif. Tugas ini merupakan salah satu peran guru kecuali..
A.      Guru kelas
B.      Staf sekolah
C.      Manager
D.      Profesional
No 49.
Salah satu kegiatan yang harus ada bila menyelenggarakan MBS di sekolah dasar adalah...
A.      perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
B.      setiap guru harus menerapkan pembelajaran terpadu
C.      Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
D.      Salah, sebab setiap guru memang harus merencanakan pembelajaran sesuai kondisi sekolah apakah di SD tersebut MBS sudah diterapkan ataupun tidak
No 50.
Perintisan MBS salah satunya dilatarbelakangi oleh adanya krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Pada saat itu Pemerintah menyelenggarakan suatu proyek untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar. Proyek tersebut dinamakan...
A.      Program Wajib Belajar Sembilan Tahun diseluruh indonesia
B.      Program kecakapan hidup yang dibutuhkan masyarakat
C.      Jaringan Pengaman Sosial beasiswa
D.      Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012 (bagian 5)

No 41.
a.       Salah sebab biasanya tukar pendapat antara kepala sekolah dan stafnya dilakukan bukan dalam rangka membuat perencanaan
b.      Salah sebab selama pelaksanaan pendidikan biasanya kepala sekolah tidak membahas masalah2 yang dihadapi dengan stafnya
c.       Salah, sebab masalah peningkatan mutu sekolah tidak dibahas kepala sekolah dengan stafnya ketika merumuskan visi dan misi sekolah
d.      Benar biasanya dalam rangka evaluasi diri,  kepala sekolah mendiskusikan masalah2 yang dihadapi sekolah dengan stafnya agar ada upaya peningkatan mutu

No 42.
a.       Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk mengetahui sejumlah sekolah yang menerapkan MBS
b.      Benar, sebab biasanya evaluasi diri dilakukan untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah2 yang harus diatasi
c.       Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk meningkatkan kualitas sekolah diberbagai komponen
d.      Salah sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk menentukan status sekolah diantara sekolah lain

No 43.
a.       Salah, kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah bermutu ditdak disebut misi
b.      Benar, misi adalah tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi
c.       Salah sebab langkah2 kegiatan untuk mencapai visi tidak disebut misi
d.      Salah, program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah tercapai bukan misi

No 44.
a.       Salah, sebab pendidikan berbasis kecerdasan jamak tidak menjamin menghasilkan siswa yang unggul, bila siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih
b.      Salah, sebab dengan banyak mengirim siswa ke berbagai kompetisi disekolah tidak menjamin menghasilkan siswa-siswa yang unggul
c.       Salah, sebab apa yang dimaksud kegiatan unggulan masih belum jelas, sehingga belum tentu menghasilkan siswa yang unggul
d.      Benar, sebab bila siswa sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan maka akan diketahui keunggulan setiap siswa, dengan demikian sekolah dapat mengembangkan lagi keunggulan setiap siswa

No 45.
a.       Salah, untuk membuat rencana tahunan sekolah harus mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
b.      Salah, ketika membuat rencana tahaunan sekolah harus menyusun draf rencana tahunan bersama semua staf
c.       Benar, ketika membuat rencana tahunan sekolah tidak perlu mempertimbangkan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil
d.      Salah, sebab rencana tahunan disusun dengan mempertimbangkan konteks ;ingkungan dan aspirasi masyarakat

No 46.
a.       Salah, sebab dengan menerapkan program unggulan tidak menjamin menjadi sekolah efektif
b.      Benar, dengan menerapkan MBS memungkinkan dirintisnya sekolah yang efektif
c.       Salah, dengan menerapkan program lifeskill belum tentu terwujud sekolah efektif
d.      Salah, dengan menerapkan KBK tidak dapat dijamin menjadi sekolah efektif

No 47.
a.      Benar, sebab salah satu fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin adalah senantiasa memberi arahan, mengendalikan dan memotivasi stafnya agar bekerja dng baik
b.      Salah, sebab sebagai manager kepala sekolah tdk memberi arahan dan memotivasi bawahannya dalam mengerjakan tugas sehari-hari
c.       Salah, sebab sebagai organisator kepala sekolah membagikan tugas dan wewenang kepada semua bawahan
d.      Salah sebab sebagai perencana salah satunya kepala sekolah merumuskaan cara-cara mencapai hasil yang telah ditetapkan

No 48.
a.       Salah, sebab sebagai guru kelas salah satunya perlu juga merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
b.      Benar, sebab sebagai staf sekolah guru tidak harus menjalankan peran tsb, cukup membantu bagaimana caranya agar visi dan misi sekolah dapat tercapai
c.       Salah ,sebab sebagai manager,guru juga harus mengelola proses pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa
d.      Salah, sebab guru sebagai seorang professional harus juga dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa

No 49.
a.      Benar, persyaratan untuk menerapkan MBS di SD perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
b.      Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
c.       setiap guru harus membuat rencana pembelajaran sesuai kondisi siswa dan sekolah
d.      Salah, sebab memberi bantuan pada siswa yang tidak mampu sudah merupakan tanggung jawab sekolah atau pemerintah, ada MBs ataupun Tidak

No 50.
a.       Salah, sebab proyek yang dirintis pemerintah ketika ada krisis thn 97-98 adalah bukan program wajib belajar 9 thn
b.      Salah, sebab program kecakapan hidup bukan proyek yang dirintis pemerintah ketika terjadi krisis thn 97-98
c.       Benar, yang dirintis pemerintah untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar ketika ada krisis thn 97-98 adalah program jaringan pengaman social
d.      Salah, KBK bukan program untuk mempertahankan kualitas SD

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar