Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian
5)
No 41.
Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata
merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A.
fisik
B.
emosional
C.
akademik
D.
sosial
No 42.
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A.
memberi keterampilan khusus untuk
bekal hidup
B.
memberi hukuman
C.
menjelaskan perilaku yang akan
diubah
D.
mengatakan perilaku yang akan
diterima
No 43.
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat
perhatian khusus adalah gangguan....
A.
perhatian
B.
berbahasa
C.
motorik
D.
kesulitan membaca
No 44.
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan
pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A.
akademik
B.
perkembangan
C.
pertumbuhan
D.
motorik
No 45.
Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai
berikut, kecuali....
A.
hiperaktif
B.
gangguan persepsi motorik
C.
kesulitan menyesuaikan diri
D.
gangguan bicara dan mendengar
No 46.
Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran,
merupakan salah satu tujuan asesmen....
A.
kemampuan membaca
B.
prosedur bimbingan membaca
C.
pendekatan remidial membaca
D.
membantu siswa membaca pemahaman
No 47.
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus
sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A.
semi konkrit - konkrit - abstrak
B.
konkrit - semi konkrit - abstrak
C.
konkrit
D.
abstrak - semi konkrit - konkrit
No 48.
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di
sekolah biasa adalah....
A.
memeriksa riwayat hidup siswa
B.
mencatat nama siswa yang mengalami
kelainan
C.
melakukan identifikasi
D.
melakukan wawancara
No 49.
Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari
kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai
anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah
merupakan tindakan....
A.
evaluasi
B.
wawancara
C.
diagnosa
D.
identifikasi
No 50.
Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada
pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A.
menentukan kemampuan yang semestinya
dikuasai anak.
B.
untuk pengembangan potensi yang
optimal
C.
setiap anak memerlukan bantuan
khusus dari guru.
D.
setiap anak mempunyai kebutuhan yang
berbeda
Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404
(bagian 5)
No 41.
a. salah, karena ditandai dengan adanya gangguan tidur, makan
b. salah, karena ditandai dengan adanya rasa cemas dan rasa
gelisah.
c. benar, yaitu pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah
rata- rata.
d. salah, karena ditandai dengan perilaku melanggar aturan
keluarga, sekolah, dan tindakan agresif.
No 42.
a. benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar
mengajar.
b. salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c. salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
d. salah, karena merupakan penataan lingkungan belajar.
No 43.
a. salah, karena merupakan perkembangan.
b. salah, karena merupakan gangguan perkembengan.
c. salah, karena merupakan gangguan perkembangan.
d. benar, yaitu kesulitan membaca.
No 44.
a. benar, yaitu bidang akademik.
b. salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan
perhatian.
c. salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan
perkembangan.
d. salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan
perkembangan.
No 45.
a. benar, yaitu hiperaktif
b. benar, yaitu gangguan persepsional.
c. salah, karena termasuk kurang mampu menyesuiakan diri.
d. benar, yaitu gangguan dalam bicara dan mendengar.
No 46.
a. benar, yaitu dengan pengelompokan bantuan belajar lebih
efektif dan efisien.
b. salah, karena merupakan bimbingan terhadap siswa yang
berkesulitan belajar.
c. salah, karena merupakan model pendekatan yang dipergunakan
untuk mengatasi kesulitan membaca bervariasi.
d. salah, karena merupakan pendekatan dengan penekanan pada
makna.
No 47.
a. salah, kiarena bukan urutan yang tepat
b. benar, yaitu dari konkrit - semi konkrit - abstrak.
c. salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
d. salah, karena bukan merupakan urutan yang sesuai.
No 48.
a. salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b. salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
c. benar,yaitu melakukan identifikasi.
d. salah, karena bukan jawaban yang sesuai.
No 49.
a. salah, karena evaluasi merupakan kegiatan penilaian.
b. salah, karena belum waktunya mengadakan wawancara.
c. salah, karena belum waktunya memberikan diagnosa.
d. benar, yaitu tindakan guru tersebut mengidentifikasi anak
berkesulitan belajar.
No 50.
a. benar, yaitu kemampuan yang semestinya dikuasai sesuai usia
tertentu.
b. benar, yaitu mengembangkan potensi yang optimal.
c. salah, karena setiap anak tidak sama untuk bimbingan khusus
dari guru
d. benar, yaitu setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar