Tuesday, December 2, 2014

Soal Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 Bagian 5+Kunci Jawaban





Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian 5)


No 41.
Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A.      fisik
B.      emosional
C.      akademik
D.      sosial

No 42.
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A.      memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B.      memberi hukuman
C.      menjelaskan perilaku yang akan diubah
D.      mengatakan perilaku yang akan diterima

No 43.
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
A.      perhatian
B.      berbahasa
C.      motorik
D.      kesulitan membaca

No 44.
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A.      akademik
B.      perkembangan
C.      pertumbuhan
D.      motorik

No 45.
Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      hiperaktif
B.      gangguan persepsi motorik
C.      kesulitan menyesuaikan diri
D.      gangguan bicara dan mendengar

No 46.
Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
A.      kemampuan membaca
B.      prosedur bimbingan membaca
C.      pendekatan remidial membaca
D.      membantu siswa membaca pemahaman


 No 47.
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A.      semi konkrit - konkrit - abstrak
B.      konkrit - semi konkrit - abstrak
C.      konkrit
D.      abstrak - semi konkrit - konkrit

No 48.
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
A.      memeriksa riwayat hidup siswa
B.      mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C.      melakukan identifikasi
D.      melakukan wawancara

No 49.
Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
A.      evaluasi
B.      wawancara
C.      diagnosa
D.      identifikasi

No 50.
Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A.      menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
B.      untuk pengembangan potensi yang optimal
C.      setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D.      setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda

 


Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian 5)

No 41.
a.       salah, karena ditandai dengan adanya gangguan tidur, makan
b.      salah, karena ditandai dengan adanya rasa cemas dan rasa gelisah.
c.       benar, yaitu pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata.
d.      salah, karena ditandai dengan perilaku melanggar aturan keluarga, sekolah, dan tindakan agresif.

No 42.
a.      benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b.      salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c.       salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
d.      salah, karena merupakan penataan lingkungan belajar.

No 43.
a.       salah, karena merupakan perkembangan.
b.      salah, karena merupakan gangguan perkembengan.
c.       salah, karena merupakan gangguan perkembangan.
d.      benar, yaitu kesulitan membaca.

No 44.
a.      benar, yaitu bidang akademik.
b.      salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perhatian.
c.       salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perkembangan.
d.      salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perkembangan.

No 45.
a.       benar, yaitu hiperaktif
b.      benar, yaitu gangguan persepsional.
c.       salah, karena termasuk kurang mampu menyesuiakan diri.
d.      benar, yaitu gangguan dalam bicara dan mendengar.

No 46.
a.      benar, yaitu dengan pengelompokan bantuan belajar lebih efektif dan efisien.
b.      salah, karena merupakan bimbingan terhadap siswa yang berkesulitan belajar.
c.       salah, karena merupakan model pendekatan yang dipergunakan untuk mengatasi kesulitan membaca bervariasi.
d.      salah, karena merupakan pendekatan dengan penekanan pada makna.

No 47.
a.       salah, kiarena bukan urutan yang tepat
b.      benar, yaitu dari konkrit - semi konkrit - abstrak.
c.       salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan merupakan urutan yang sesuai.

No 48.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
c.       benar,yaitu melakukan identifikasi.
d.      salah, karena bukan jawaban yang sesuai.

No 49.
a.       salah, karena evaluasi merupakan kegiatan penilaian.
b.      salah, karena belum waktunya mengadakan wawancara.
c.       salah, karena belum waktunya memberikan diagnosa.
d.      benar, yaitu tindakan guru tersebut mengidentifikasi anak berkesulitan belajar.

No 50.
a.       benar, yaitu kemampuan yang semestinya dikuasai sesuai usia tertentu.
b.      benar, yaitu mengembangkan potensi yang optimal.
c.       salah, karena setiap anak tidak sama untuk bimbingan khusus dari guru
d.      benar, yaitu setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar