Pengantar Pendidikan
MKDK4001
-Pengantar Pendidikan. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat manusia
dan pendidikan, landasan pendidikan
, lingkungan pendidikan, sejarah pendidikan di Indonesia, macam- macam aliran pendidikan sejak zaman klasik, aliran pokok pendidikan di Indonesia, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional, serta inovasi pendidikan. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui tes tertulis atau online dalam bentuk tes obyektif.
Berikut contoh soal materi pengantar pendidikan Universitas Terbuka.
1. Ernst Cassier berpendapat bahawa manusia akan menemukan jatidiri melalui...
, lingkungan pendidikan, sejarah pendidikan di Indonesia, macam- macam aliran pendidikan sejak zaman klasik, aliran pokok pendidikan di Indonesia, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional, serta inovasi pendidikan. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui tes tertulis atau online dalam bentuk tes obyektif.
Berikut contoh soal materi pengantar pendidikan Universitas Terbuka.
1. Ernst Cassier berpendapat bahawa manusia akan menemukan jatidiri melalui...
- A. pergaulan sosial
- B. Tuhannya
- C. dirinya sendiri
- D, kepercayaannya
Ernst
Cassier menyatakan manusia tidak akan menemukan diri, manusia takkan
menyadari individualitasnya, kecuali melalui perantara pergaulan
sosial.(1.10)(A)
2. Isi utama dari kajian pendidikan yang bersifat mikro adalah...
2. Isi utama dari kajian pendidikan yang bersifat mikro adalah...
- A. interaksi antara pendidikan dan peserta didik
- B. tujuan pendidikan
- C. pengelolaan pendidikan
- D. perancangan pendidikan
Isi utama dari kajian pendidikan yang bersifat mikro adalah interaksi antara pendidikan dan peserta didik.(A) 3.
Budi yang pendiam dan selalu menarik diri dengan temannya, sekarang
sudah mulai terbuka dan mempunyai banyak teman. Budi sudah mempunyai
sifat percaya diri sejak dia menemukan bakat dalam dirinya dan dapat
mengembangkan secara maksimal di sekolahnya. Ilustrasi di atas
menunjukkan bahwa sekolah Budi telah menerapkan asas...
- A. potensialitas
- B. dinamika
- C. individualitas
- D. keunikan
Asas-Asas Kemungkinan Pendidikan
- Asas Potensialitas. Berbagai potensi yang ada pada manusia yang memungkinkan ia akan mampu menjadi manusia, tetapi untuk itu memerlukan suatu sebab, yaitu pendidikan. Contohnya, dalam aspek kesusilaan, manusia di harapkan mampu berperilaku sesuai dengan norma-norma moral dan nilai-nilai moral yang diakui.
- Asas Dinamika. Manusia selalu aktif baik dalam aspek fsikologik maupun spiritualnya. Ia selalu menginginkan dan mengejar segala hal yang lebih dari apa yang telah ada atau yang telah dicapainya.
- Asas individualitas. Individu memiliki kedirisendirian (subjektivitas), ia berbeda dari yang lainnya dan memiliki keinginan untuk menjadi seseorang sesuai keinginan dirinya sendiri.
- Asas sosialitas. Sebagai insan sosial manusia hidup bersama dengan sesamanya, ia butuh bergaul dengan orang lain. Dalam kehidupan bersama dengan sesamanya ini akan terjadi hubungan pengaruh timbal balik.
- Asas moralitas. Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan yang baik dan yang tidak baik, dan pada dasarnya ia berpotensi untuk berprilaku baik atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya (aspek moralitas).(A)
- A. moral
- B. intelektual
- C. emosional
- D. personal
Peningkatan
martabat manusia secara material, antara lain terefleksikan pada hak
asasi ekonomi, yaitu hak memiliki sesuatu, membeli dan menjual sesuatu,
serta memilih pekerjaan. Melalui hak asasi mempewroleh kesempatan
mengikuti jenjang pendidikan, manusia di beri kesempatan untuk
meningkatakan ilmu pengetahuan, kemampuan dan keterampilanya yang pada
gilirannya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan
meningkatkan martabat manusia yang bersangkautan .
Sedangkan peningkatan martabat secara non material, antara lain terefleksikan pada perolehan hak asasi pribadi, berupa hak asasi politik, mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum serta sosial dan kebudayaan.(D)
5. Penerapan hak asasi manusia dalam bidang pendidikan Depdiknas mengeluarkan undang-undang dimana di dalamnya mengatur tentang kewajiban orang tua, masyarakat, dan pemerintah terhadap anak-anak. Penjelasan tersebut diatur dalam undang-undang yang termuat dalam...
Sedangkan peningkatan martabat secara non material, antara lain terefleksikan pada perolehan hak asasi pribadi, berupa hak asasi politik, mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum serta sosial dan kebudayaan.(D)
5. Penerapan hak asasi manusia dalam bidang pendidikan Depdiknas mengeluarkan undang-undang dimana di dalamnya mengatur tentang kewajiban orang tua, masyarakat, dan pemerintah terhadap anak-anak. Penjelasan tersebut diatur dalam undang-undang yang termuat dalam...
- A. pasal 2 UU RI Nomor 20 tahun 2oo3
- B. pasal 30 UUD 1945
- C. pasal 5 UU RI Nomor 20 Tahun 2003
- D. pasal 7 UU RI Nomor 20 Tahun 2003
Pasal
7 UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas "Orang tua anak wajib
belajar, berkewajiban memberikan pendidikan kepada anaknya". Sedangkan
masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam
penyelenggaraan.(D)
6. Yang dimaksud filsafat pendidikan adalah...
- A. cara berpikir radikal tantang pendidikan
- B. berpikir menyeluruh dan mendasar tentang pendidikan
- C. sistem pendidikan yang melandasi tujuan pendidikan
- D. perangkat nilai yang melandasi arah pencapaian tujuan pendidikan
Pandangan
fislafat pendidikan sama dengan perananya merupakan landasan filosofis
yang menjiwai seluruh kebijaksanaan pelaksanaan pendidikan. Dimana
landasan filsofis merupakan landasan yang berdasarkan atas filsafat.
Landasan filsafat menalaah sesuatu secara radikal, menyeluruh, dan
konseptual tentang religi dan etika yang bertumpu pada penalaran. Oleh
karena itu antara filsafat dengan pendidikan sangat erat kaitannya,
dimana filsafat mencoba merumuskan citra tentang manusia dan masyarkaat
sedangkan pendidikan berusahan mewujudkan citra tersebut.(B)
7. Landasan yuridis pendidikan merupakan sesuatu yang diharapkan dan mengikat untuk dilaksanakan oleh setiap pengelola, penyelenggara, dan pelaksana pendidikan di dalam sistem pendidikan nasional. Karena landasan pendidikan bersifat....
7. Landasan yuridis pendidikan merupakan sesuatu yang diharapkan dan mengikat untuk dilaksanakan oleh setiap pengelola, penyelenggara, dan pelaksana pendidikan di dalam sistem pendidikan nasional. Karena landasan pendidikan bersifat....
- A. sempurna
- B. ideal dan normatif
- C. mengikuti perkembangan ilmu
- D. sempurna dan normatif
Landasan
yuridis pendidikan bersifat ideal dan normatif, artinya merupakan
sesuatu yang diharapkan dilaksanakan dan mengikat untuk dilaksanakan
oleh leh setiap pengelola, penyelenggara, dan pelaksana pendidikan di dalam sistem pendidikan nasional.(2.7)(B)
8. Pemilihan dan aplikasi metode pembelajaran sesuai dengan dasar filsafat seharusnya bersifat...
8. Pemilihan dan aplikasi metode pembelajaran sesuai dengan dasar filsafat seharusnya bersifat...
- A. multifungsi
- B. multimedia
- C. multimetode
- D. multiintegrasi
9.
Adanya kelas percepatan atau akselerasi di suatu sekolah bertujuan
untuk mengakomodasi siswa yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata.
Program percepatan di sekolah tersebut bertujuan untuk menerapkan
teori...
- A. nativisme
- B. empirisme
- C. konvergensi
- D. humanisme
Aliran empirisme merupakan aliran yang mementingkan stimulasi eksternal dalam perkembangan manusia. Aliran ini mengatakan bahwa perkembangan anak tergantung pada lingkungan, sedangkan pembawaan anak yang dibawa semenjak lahir tidak dianggap penting. Menurut pandangan Empirisme (enviromentalisme), pendidikan memegang peranan penting, sebab pendidikan menyediakan lingkungan yang sangat ideal kepada anak-anak. Lingkungan itu akan diterima anak sebagai sejumlah pengalaman yang telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan.(B)
10. Hubungan pendidikan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah....
10. Hubungan pendidikan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah....
- A. pendidikan terselenggara untuk bangsa dan negara
- B. pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan
- C. pendidikan meningkatkan ketahanan dalam suatu negara
- D. pendidikan milik bangsa dan dilaksanakan oleh negara
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 3 menegaskan bahwa fungsi dan tujuan pendidikan nasional
adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap. Kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan.(B)
11. Menurut George F Kneller, berdasarkan sudut pandang antropologi pendidikan adalah...
11. Menurut George F Kneller, berdasarkan sudut pandang antropologi pendidikan adalah...
- A. kebudayaan
- B. sosialita
- C. enkulturasi
- D. sosiologi
George
F Kneller, berdasarkan sudut pandang antropologi pendidikan adalah
enkulturasi, melalui mana anak bertumbuh diinisiasikan ke dalam cara
hidup dari masyarakatnya.(2.29)(C)
12. Menurut Redja Mudyarahardjo, pendidikan merupakan penyesuaian diri yang terbaik terhadap lingkungan kebudayaan...
12. Menurut Redja Mudyarahardjo, pendidikan merupakan penyesuaian diri yang terbaik terhadap lingkungan kebudayaan...
- A. tertentu
- B. masa depan
- C. masa kini
- D. masa lampau
Redja Mudyarahardjo, 1995, Pendidikan
merupakan penyesuaian diri yang terbaik terhadap lingkungan kebudayaan
masa lampau, dari seorang manusia yang sadar telah berkembang jasmani
dan mentalnya.(2.30)(D)
13. Yang dimaksud dengan human investment dalam pendidikan adalah...
13. Yang dimaksud dengan human investment dalam pendidikan adalah...
- A. upaya manusia untuk menambah modal pendidikan
- B. upaya penanaman modal pada diri manusia
- C. kerjasama antara investor dan dunia pendidikan
- D. investasi pengusaha di dalam dunia pendidikan
Human investment = upaya penanaman modal pada diri manusia.(B)
14. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa memungkinkan...
14. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa memungkinkan...
- A. siswa disuruh mempelajari sendiri suatu bahasan dari buku tertentu
- B. siswa diberi beberapa sumber bahan untuk merangkumnya
- C. siswa disuruh melakukan percobaan sendiri dengan lembar kerja yang telah disediakan
- D. dalam kelas bahasa siswa disuruh menyususn puisi yang mengungkapkan cita-citanya
Roy
Killen (1998) misalnya mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran,
yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centred approaches)
dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centred approaches).
Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran
langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran
ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa
menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi
pembelajaran induktif.(C)
15. Pendidikan di dalam keluarga sering dikatakan sebagai pendidikan yang utama karena tanggung jawab secara...terletak pada orang tua.
15. Pendidikan di dalam keluarga sering dikatakan sebagai pendidikan yang utama karena tanggung jawab secara...terletak pada orang tua.
- A. yuridis
- B. moral
- C. informal
- D. kodrati
Salah
satu fungsi keluarga adalah pendidikan, dalam hal ini orangtua (ibu dan
ayah) adalah pengemban tanggung jawab pedidikan anak. Secara kodrati
orangtua bertanggung jawab atas pendidikan anak dan atas kasih sayangnya
orangtua mendidik anak, selain orangtua saudara-saudaranya yang masih
tinggal serumah pun akan turut bergaul dengan anak sehingga akan turut
mempengaruhi bahkan mendidiknya.(D)
16. Yang termasuk jalur pendidikan dasar di Indonesia adalah...
16. Yang termasuk jalur pendidikan dasar di Indonesia adalah...
- A. TK dan SD
- B. SD dan SMP
- C. TK dan RA
- D. SD dan MI
Di
jalur pendidikan formal pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar dan
Madarasah Ibtidaiyah, serta Sekolah Menengah Pertama (SMP).(3.8)(B)
17.Orang tua yang dalam keseharian rajin melaksanakan ibadah (misalnya shalat) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, mereka pada hakekatnya menanamkan pada anak....
17.Orang tua yang dalam keseharian rajin melaksanakan ibadah (misalnya shalat) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, mereka pada hakekatnya menanamkan pada anak....
- A. hak dan kewajiban
- B. kedisiplinan dan tanggung jawab
- B. kedisiplinan dan rela berkorban
- D. kejujuran dan toleran
Kedisiplinan dan tanggungjawab.(B)
18. Pendidikan adalah kegiatan dialogis antara...
18. Pendidikan adalah kegiatan dialogis antara...
- A. tiap orang dan tugasnya
- B. tiap orang dan bahan ajar
- C. peserta didik dan pendidik
- D. tiap orang dan kelompok
Pendidikan adalah kegiatan dialogis antara tiap orang dan tugasnya.(A)
19. Menurut PH Combs komponen pendidikan yang berfungsi memperlancar dan meningkatkan kinerja sistem pendidikan disebut...
19. Menurut PH Combs komponen pendidikan yang berfungsi memperlancar dan meningkatkan kinerja sistem pendidikan disebut...
- A. teknologi
- B. alat bantu
- C. biaya pendidikan
- D. pengawasan mutu
PH Combs (1982) mengemukakan dua belas komponen pendidikan sebagai berikut:
- Tujuan dan Prioritas adalah fungsi mengarahkan kegiatan. Hal ini merupakan
- Peserta didik adalah fungsinya belajar diharapkan peserta didik mengalami proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan sistem pendidikan
- Manajemen atau pengelolan adalah fungsinya mengkoordinasi, mengarahkan dan menilai sistem pendidikan
- Struktur dan jadwal waktu adalah mengatur pembagian waktu dan kegiatan
- Isi dan bahan pengajaran adalah mengambarkan luas dan dalamnya bahan pelajaran yang harus dikuasai peserta didik.
- Guru dan pelaksanaan adalah menyediakan bahan pelajaran dan menyelengarakan proses belajar untuk peserta didik
- Alat bantu belajar adalah fungsi membuat proses pendidikan yang lebih menarik dan bervariasi
- Fasilitas adalah fungsinya untuk tempat terjadinya proses pembelajaran
- Teknologi adalah fungsi memperlancar dan meningkatkan hasil guna proses pendidikan
- Pengawasan mutu adalah fungsi membina peraturan dan standar pendidikan
- Penelitian adalah fungsi memperbaiki dan mengembangkan ilmu pengetahuan
- Biaya adalah fungsinya memperlancar proses pendidkan (A)
- A. pemilihan stimulus yang diskriminatif dan penggunaan penguatan
- B. pemilihan stimulus yang homogen dan penggunaan penguatan
- C. pemilihan respon yang diskriminatif dan penggunaan penguatan
- D. pemilihan respon yang homogen dan penggunaan penguatan
Operant
conditioning menekankan pembentukan perilaku sebagai dampak dari efek
yang ditimbulkannya. Jika efek tersebut berdampak pada penguatan
hubungan stimulus dan sespons-nya, maka perilaku tersebut akan cenderung
diulang. Contoh, jika makan dapat meredakan rasa lapar dan menuju
kepada kenyamanan rasa kenyang, maka makan akan menjadi pilihan perilaku
ketika perut merasakan lapar. Karena itulah, rumus pembentukan perilaku
menurut Skinner adalah S –> R –>R (Reinf). S adalah Stimulus, R
adalah Respon, R (Reinf) adalah Respon yang diperkuat.(A)
21. Pak Hanafi akan selalu membantu memecahkan masalah siswanya. Hal ini disebabkan oleh tugas guru yang dilandasi...
21. Pak Hanafi akan selalu membantu memecahkan masalah siswanya. Hal ini disebabkan oleh tugas guru yang dilandasi...
- A. kewajibannya
- B. kasih sayang
- C. keyakinannya
- D. tanggung jawab
Pak Hanafi melaksanakan tugas guru yang dilandasi tanggung jawab.(D)
22. Pada awal perkembangan agama islam di Jawa dan Sumatera, pendidikan agama Islam dilakukan di tempat berikut, yaitu....
22. Pada awal perkembangan agama islam di Jawa dan Sumatera, pendidikan agama Islam dilakukan di tempat berikut, yaitu....
- A. di langgar/surau
- B. sekolah
- C. rumah penduduk
- D. tempat peristirahatan
Pada
awal perkembangan agama Islam di jawa dan Sumatera pendidikan selain
berlangsung di dalam keluarga juga berlangsung di lembaga-lembaga
pendidikan, lainya, yaitu di langgar-langgar/surau, mesjid dan
pesanteran.(5.5)(A)
23. Zaman yang menjadi ujung tombak dari essensialisme adalah....
23. Zaman yang menjadi ujung tombak dari essensialisme adalah....
- A. Romawi kuno
- B. Renaissance
- C. Romawi
- D. Yunani
Aliran
Filsafat Esensialisme adalah suatu aliran filsafat yang menginginkan
agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Mereka beranggapan bahwa
kebudayaan lama itu telah banyak memperbuat kebaikan-kebaikan untuk umat
manusia. Yang mereka maksud dengan kebudayaan lama itu adalah yang
telah ada semenjak peradaban manusia yang pertama-tama dahulu. Akan
tetapi yang paling mereka pedomani adalah peradaban semenjak zaman Renaissance, yaitu yang tumbuh dan berkembang disekitar abad 11, 12, 13 dan ke 14 Masehi.(B)
24. Sekolah-sekolah yang diselenggarakan dengan lebih berorientasi kepada agama tertentu dapat terjadi karena adanya filsafat pendidikan yang bersifat...
24. Sekolah-sekolah yang diselenggarakan dengan lebih berorientasi kepada agama tertentu dapat terjadi karena adanya filsafat pendidikan yang bersifat...
- A. konstruktivisme
- B. pereanilisme
- C. essensialisme
- D. progresivisme
Perenealisme
memiliki kesamaan dengan Essensialisme dalam hal menentang
progresivisme, tetapi perenaelisme berbeda dengan Essensialisme antara
lain dalam hal prinsip perenealist yang religius(Theologis), yang agama
oriented.(4.27)(B)
25. Pandangan filsafat pendidikan perenialisme berkeyakinan bahwa peradaban dasar dunia dipengaruhi oleh hal berikut, kecuali...
25. Pandangan filsafat pendidikan perenialisme berkeyakinan bahwa peradaban dasar dunia dipengaruhi oleh hal berikut, kecuali...
- A. nilai
- B. realita
- C. pengetahuan
- D. keyakinan
Perenialisme
berasal dari kata perennial yang berarti abadi atau kekal atau bersifat
lestari. Perenialisme muncul atau berkembang sebagai reaksi dan solusi
yang diajukan atas terjadinya suatu keadaan yang mereka sebut sebagai
krisis kebudayaan dalam masyarakat modern. Seperti dikutip Muhammad Noor
Syam (1984), Brameld menyatakan ”.....kaum perenialisme mereaksi dan
melawan kegagalan-kegagalan dan tragedi-tragedi dalam abad moderen ini
dengan kembali pada kepercayaan-kepercayaan yang telah teruji tangguh,
baik mengenahi hakikat realitas, pengetahuan maupun nilai, yang telah menjadi dasar fundamental bagi abad-abad sebelumnya”.(D)
26. Pendidikan pada zaman kolonial belanda ditandai dengan hal-hal berikut, kecuali...
26. Pendidikan pada zaman kolonial belanda ditandai dengan hal-hal berikut, kecuali...
- A. keragaman dalam jenjang pendidikan
- B. pendidikan bermuatan keagamaan yang diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan
- C. pemisahan sekolah eropa dan sekolah bumi putra
- D. sekolah dilengkapi dengan fasilitas asrama
Pendidikan
di jaman kolonial belanda, pelaksanaan pendidikan dengan tujuan misi
keagamaan, adanya dualisme pendidikan untuk yaitu pendidikan untuk
bangsa Belanda dan pendidikan untuk bumi putera, Sisitem konkordnasi,
yaitu pendidikan di daerah jajahan diarahkan dan dipolakan menurut
pendidikan Belanda, Sentralisasi pengelolaan pendidikan, (5.10)(A)
27. Tujuan pendidikan pada awal kemerdekaan adalah...
27. Tujuan pendidikan pada awal kemerdekaan adalah...
- A. membentuk manusia susila yang cakap
- B. membentuk warga negara yang demokratis
- C. menekankan pada jiwa patriotisme
- D. Pembentuk manusia yang bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat
Menteri
PendidikanPengajaran dan Kebudayaan mengeluarkan instruksi umum agar
para guru membuang sistem pendidikan kolonial dan mengutamakan
patriotisme.(5.15)(C)
28. Tantangan yang dihadang pembangunan pendidikan selama PJP I selain rendahnya relevansi dan mutu pendidikan serta kurangnya peran serta dunia usaha dalam pendidikan juga....
28. Tantangan yang dihadang pembangunan pendidikan selama PJP I selain rendahnya relevansi dan mutu pendidikan serta kurangnya peran serta dunia usaha dalam pendidikan juga....
- A. efisiensi pendidikan
- B. banyaknya kelompok umur 30 tahun ke atas yang buta huruf
- C. tingginya putus sekolah
- D. efektivitas pendidikan
Pendidikan
pada PJP I masih dihadapakan dengan berbagai tantangan, baik kualitatif
maupun kuantitatif, Secara kuantitatif menyangkut pemerataan kesempatan
memperoleh pendidikan khususnya pendidikan dasar. Secara kualitatif
berkenaan dengan peningkatan mutu pendidikan, peneingkatan relevansi
pendidikan dengan pembangunan, serta efektifitas dan efisiensi
pendidikan.(5.17)(D)
29. Konstruktivisme adalah suatu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah...
29. Konstruktivisme adalah suatu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah...
- A. pengalaman kita sendiri
- B. konstruksi kita sendiri
- C. latihan kita sendiri
- D. penemuan kita sendiri
Konstruktivisme
berpendapat bahwa "pengetahuan seseorang adalah konstruksi (bentukan)
orang yang bersangkutan karena itu transfer pengetahuan dari guru kepada
siswa tidaklah mungkin.(4.31)(B)
30. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kebudayaan adalah...
30. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kebudayaan adalah...
- A. lama dan baru
- B. terlihat dan tersembunyi
- C. stabil dan berubah
- D. organik dan super organik
Karakteristik
kebudayaan yaitu organik dan super organik, Overt dan covert (terlihat
dan tersembunyi), Ideal dan dan aktual, stabil dan berubah. Jadi yang
tidak termasuk karakteristik kebudayaan adalah lama dan baru.(6.5)(A)
31. Tingkah laku dan tindakan yang melekat pada diri seseorang selama hidupnya, menurut Kontjaraningrat disebut...
31. Tingkah laku dan tindakan yang melekat pada diri seseorang selama hidupnya, menurut Kontjaraningrat disebut...
- A. kebudayaan
- B. pribadi
- C. kepribadian
- D. karakter
Menurut
Koentjaraningrat (1983) kepribadian adalah unsur-unsur akal dan jiwa
yang menentukan perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap
individu manusia.(6.6)(A)
32. Kegiatan pembelajaran secara perorangan mengikuti sistem...
32. Kegiatan pembelajaran secara perorangan mengikuti sistem...
- A. fisik
- B. organik
- C. terbuka
- D. alamiah
33. Ras melayu yang sebagian berada di Indonesia yang disebut juga dengan ras...
- A. Vedoid
- B. Mongolid
- C. Negritto
- D. Wedda
Ras
Mongolid di Indonesia kadang-kadang disebut disebut Ras Melayu dengan
karakteristik kulit sawo matang, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih
1,5 meter, bentuk kepala pendek. Suku bangsa yang memperlihatkan
karakteristik ini merupakan sebagian besar yang sampai sekarang terdapat
di Indonesia.(6.17)(B)
34. Contoh masyarakat yang mendiami pedalaman di Indonesia adalah suku...
34. Contoh masyarakat yang mendiami pedalaman di Indonesia adalah suku...
- A. bangsa Bugis-Makasar
- B. bangsa Nias
- C. masyarakat Badui
- D. bangsa Mentawai
Contoh masyarakat yang mendiami pedalaman di Indonesia adalah suku Badui (C)
35. Pak Karta menghidupi keluarganya dengan menggarap sawah milik keluarga Sastra Sasmita. Setiap bulan Pak Karta digaji oleh keluarga Sastra Sasmita. Profesi Pak Karta ini disebut sebagai petani...
35. Pak Karta menghidupi keluarganya dengan menggarap sawah milik keluarga Sastra Sasmita. Setiap bulan Pak Karta digaji oleh keluarga Sastra Sasmita. Profesi Pak Karta ini disebut sebagai petani...
- A. penggarap
- B. pemilik tanah
- C. buruh tani
- D. peladang
Buruh tani adalah buruh yang menerima upah dengan bekerja di kebun atau di sawah orang lain. Petani penggarap adalah petani yang menggarap tanah orang lain dengan sistem bagi hasil. (C)
36. Contoh ciri kegiatan elisitasi pada pembelajaran konstruktif adalah...
36. Contoh ciri kegiatan elisitasi pada pembelajaran konstruktif adalah...
- A.pembelajaran di kelas diberikan dengan metode ceramah dan tanya jawab
- B. dilaksanakan evaluasi pada awal pembelajaran
- C. adanya kegiatan diskusi menulis pengalaman baik lisan maupun tertulis sesuai dengan topik yang dipelajari
- D. pembelajaran disesuaikan dengan lingkungan sekolah
Proses Pembelajaran Konstruktivisme
- Orientasi (Apersepsi)
- Elisitasi, Pengungkapan ide siswa
- Restrukturisasi ide : (menjelaskan ide, berargumentasi, membangun ide baru dan mengevaluasi ide baru)(C)
37. Yang bukan merupakan tujuan pendidikan dasar yaitu....
- A. memberikan kemampuan dasar
- B. mengembangkan kehidupanya
- C. meletakan dasar ke arah perkembangan
- D. mempersiapkan peserta didik mengikuti pendidikan menengah
Tujuan tingkat pendidikan satuan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. (B)
38. Dalam masa globalisasi sekarang ini informasi yang diserap oleh siswa terlalu banyak, baik informasi yang bermanfaat maupun yang tidak. Kadang siswa sering memanfaatkan informasi tersebut untuk berbagai kegiatan di sekolah. Dalam konteks kebudayaan yang dilakukan para siswa itu disebut...
38. Dalam masa globalisasi sekarang ini informasi yang diserap oleh siswa terlalu banyak, baik informasi yang bermanfaat maupun yang tidak. Kadang siswa sering memanfaatkan informasi tersebut untuk berbagai kegiatan di sekolah. Dalam konteks kebudayaan yang dilakukan para siswa itu disebut...
- A. difusi
- B. originasi
- C. reinpretasi
- D. idealisasi
Difusi
adalah suatu proses menyebarnya unsur-unsur kebudayaan dari satu
kelompok ke kelompok lainnya atau dari satu masyarakat ke masyarakat
lainnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, difusi dinyatakan sebagai
proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak
kepada pihak lain. W.A. Haviland menyatakan bahwa difusi adalah
penyebaran kebiasaan atau adat istiadat dari kebudayaan satu kepada
kebudayaan lain. Proses difusi berlangsung menggunakan teknik meniru
atau imitasi. Meniru lebih mudah daripada menciptakan sendiri, terutama
tentang hal-hal yang baru.
Originasi yaitu masuknya unsur budaya baru yang sebelumnya tidak dikenal menimbulkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakatnya. Contohnya, proyek listrik masuk desa menimbulkan perubahan besar dalam ke hidupan masyarakat desa. Energi listrik tidak hanya meng gantikan lampu teplok dengan lampu listrik, tetapi juga mengubah perilaku masyarakat desa akibat masuknya berbagai media elektronik, seperti televisi, radio, dan film.(A)
39. Karena Pancasila dan UUD 1945 merupakan jiwa, kepribadian, dan pandangan hidup bangsa Indonesia, maka keduanya tergolong ke dalam...
Originasi yaitu masuknya unsur budaya baru yang sebelumnya tidak dikenal menimbulkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakatnya. Contohnya, proyek listrik masuk desa menimbulkan perubahan besar dalam ke hidupan masyarakat desa. Energi listrik tidak hanya meng gantikan lampu teplok dengan lampu listrik, tetapi juga mengubah perilaku masyarakat desa akibat masuknya berbagai media elektronik, seperti televisi, radio, dan film.(A)
39. Karena Pancasila dan UUD 1945 merupakan jiwa, kepribadian, dan pandangan hidup bangsa Indonesia, maka keduanya tergolong ke dalam...
- A. dasar negara
- B. karakterisrik masyarakat
- C. kebudayaan nasional
- D. nilai-nilai budaya
Pancasila
dan UUD 45 tergolong ke dalam wujud ideal kebudayaan bangsa atau
kebudayaan nasional. Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia,
pandangan hidup dan sebagai dasar negara Indonesia.(6.32)(C)
40. Yang dimaksud dengan manegemen berbasis sekolah adalah...
40. Yang dimaksud dengan manegemen berbasis sekolah adalah...
- A. manajemen yang dikelola oleh sekolah dibantu oleh komite sekolah
- B. penyelenggaraan manejemen oleh sekolah itu sendiri
- C. sekolah yang diklola masyarakat setempat
- D. manajemen sekolah yang dikelola oleh para orang tua murid
Nurkolis
(2006: 11) mengemukakan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah
model pengelolaan sekolah dengan memberikan kewenangan yang lebih besar
pada tingkat sekolah untuk mengelola sekolahnya sendiri secara
langsung.(B)
41. Yang dimaksud kepribadian bangsa Indonesia bukan kepribadian keseluruhan adalah...
41. Yang dimaksud kepribadian bangsa Indonesia bukan kepribadian keseluruhan adalah...
- A. ciri kesukuan masih nampak, bebas memeluk agama masing-masing
- B. lingkungan fisik dan sosial-budaya diajarkan di sekolah
- C. masyarakat indonesia harus mempelajari budaya yang ada
- D. masyarakat Indonesia harus memahami Bhinnekatunggalika
Kepribadian bangsa Indonesia bukan kepribadian keseluruhan adalah ciri kesukuan masih nampak, bebas memeluk agama masing-masing.(A)
42. Perubahan perilaku masyarakat akibat diciptakanya TV, merupakan contoh perubahan sosial dari faktor...
42. Perubahan perilaku masyarakat akibat diciptakanya TV, merupakan contoh perubahan sosial dari faktor...
- A. teknologi
- B. ideologi
- C. geografi
- D. somatic
Perubahan perilaku masyarakat akibat diciptakanya TV, merupakan contoh perubahan sosial dari faktor teknologi.(A)
43. Memperluas sistem pendidikan modern, partisipasi, revisi kurikulum yang memenuhi kebutuhan kini dan masa akan datang merupakan strategi pendidikan menurut aliran...
43. Memperluas sistem pendidikan modern, partisipasi, revisi kurikulum yang memenuhi kebutuhan kini dan masa akan datang merupakan strategi pendidikan menurut aliran...
- A. evolusi
- B. mark
- C. modernisasi
- D. ketergantungan
44. Yang dimaksud dengan sistem tertutup adalah sistem yang...
- A. tidak berhubungan dengan ligkungannya
- B. tidak mengenal aturan-aturan
- C. sangat erat hubungannya dengan dunia luar
- D. tergantung dengan dunia luar
45. Contoh terjadinya perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor budaya adalah...
- A. ditemukan TV
- B. status quo
- C. perubahan sosial yang drastis
- D. perkawinan antar etnik
Di
era globalisasi sekarang ini, pengaruh kebudayaan masyarakat lain
merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan lagi. Adanya hubungan
kerja sama antarnegara serta sarana komunikasi dan informasi yang
semakin canggih, seperti televisi, radio, dan internet memudahkan
pengaruh kebudayaan masyarakat lain masuk dalam suatu negara. Akibatnya
muncul perubahan pada masyarakat yang menerima pengaruh kebudayaan
itu.(A)
46. Pembahasan pendidikan pada intinya terpusat pada mutu kegiatan pendidikan seperti...
46. Pembahasan pendidikan pada intinya terpusat pada mutu kegiatan pendidikan seperti...
- A. penambahan jumlah ruang kelas
- B. pertambahan jumlah kelas
- C. penggunaan berbagai metode pembelajaran
- D. penambahan dana pendidikan
Pembahasan pendidikan pada intinya terpusat pada mutu kegiatan pendidikan seperti penggunaan berbagai metode pembelajaran.(C)
47. Proses difusi inovasi yang berlangsung dalam masyarakat dapat diprediksi kecenderunganya di dalam masyarakat dengan adanya...
47. Proses difusi inovasi yang berlangsung dalam masyarakat dapat diprediksi kecenderunganya di dalam masyarakat dengan adanya...
- A. struktur sosial
- B. norma sosial
- C. kepercayaan masyarakat
- D. tanggung jawab pendidikan
Struktur
sosial pada dasarnya merupakan susunan yang terpola dari berbagai unit
dalam suatu sistem. Dengan adanya struktur sosial kita akan mampu
memprediksi kecenderungan perilaku masyarakat.(9.15)(A)
48. Kuriulum berbasis kompetensi KBK adalah kurikulum resmi yang harus digunakan oleh semua sekolah di Indonesia. Kurikulum ini mengharapkan para lulusan sekolah memiliki kompetensi yang sesuai dengan jenjang pendidikanya, namun pada akhirnya kurikulum tersebut kurang mendapatkan respon dari para guru, khususnya guru-guru yang mengajar di daerah terpencil. Kegagalan difusi inovasi pendidikan dalam bidang kurikulum ini diakibatkan oleh kurang efektifnya komunikasi yang bersifat...
48. Kuriulum berbasis kompetensi KBK adalah kurikulum resmi yang harus digunakan oleh semua sekolah di Indonesia. Kurikulum ini mengharapkan para lulusan sekolah memiliki kompetensi yang sesuai dengan jenjang pendidikanya, namun pada akhirnya kurikulum tersebut kurang mendapatkan respon dari para guru, khususnya guru-guru yang mengajar di daerah terpencil. Kegagalan difusi inovasi pendidikan dalam bidang kurikulum ini diakibatkan oleh kurang efektifnya komunikasi yang bersifat...
- A. homofil
- B. heterofil
- C. mutual understanding
- D. mutual agreement
Komunikasi
heterofil : Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih,
dimana pengirim pesan dan penerima pesan, memiliki latar belakang yang
berbeda, baik sosial budaya, pendidikan, agama dan karakteristik sosial
lainnya. Difusi melalui komunikasi berlangsung lama, prosesnya ditandai
dengan banyak gangguan atau distorsi. Oleh karena komunikasi yang
bersifat hterofil maka proses difusi inovasi tidak senantiasa berjalan
mulus karena perbedaan latar belakang.(9.13)(B)
49. Ada sebagian guru di Indonesia yang tidak dapat menerima pembaharuan dalam cara mengajar di sekolah, karena selama ini mereka menganggap tidak ada masalah dengan proses pembelajaran di kelas. Hambatan pada para guru dalam mengdopsi inovasi karena...
49. Ada sebagian guru di Indonesia yang tidak dapat menerima pembaharuan dalam cara mengajar di sekolah, karena selama ini mereka menganggap tidak ada masalah dengan proses pembelajaran di kelas. Hambatan pada para guru dalam mengdopsi inovasi karena...
- A. cenderung berpikir negatif
- B. tidak mau mengambil resiko terlalu dalam
- C. malas
- D. sudah merasa aman dan nyaman
Hambatam
dalam difusi inovasi dari faktor mental block barier, yaitu hambatan
yang disebabkan sikap mental seperti : salah persepsi atau asumsi,
cenderung berpikir negatif, dihantui oleh kecemasan dan kekagalan, tidak mau mengambil resiko terlalu dalam, malas, sudah berada pada sudah merasa aman dan nyaman, cenderung resisten terhadap perubahan.(9.27)(D)
50. Inovasi pendidikan untuk bidang peserta didik meliputi...
50. Inovasi pendidikan untuk bidang peserta didik meliputi...
- A. kemampuan kelompok ajar, dan staf ajar
- B. perlunya reward dan punishment
- C. perlu adanya multi exit entry system
- D. fasilitas-fasilitas pendidikan
Tujuan
inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas
dan efektivitas: sarana serta jumlah pendidikan sebesar-besarnya
(menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan
pembangunana), dengan menggunakan sumber, tenaga, uang, alat, dan waktu
dalam jumlah yang sekecil-kecilnya.(B)
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar