Sunday, December 21, 2014

Kunci dan Soal Ujian Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 1)

No 1. Salah satu karakteristik bahasa adalah sebuah subsistem, maksudnya ....

A.      bahasa dapat diuraikan atas satuan-satuan terbatas yang berkombinasi dengan kaidah-kaidah yang dapat diramalkan
B.      bahasa terdiri dari sejumlah unsur yang saling terkait dan tertata secara beraturan serta memiliki makna
C.      bahasa terdiri atas sejumlah subsistem yang saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang utuh
D.      bahasa terdiri atas tiga subsistem bahasa, yaitu fonologi, gramatika, dan leksikon

No 2.
Contoh percakapan di bawah ini yang menggunakan ragam baku adalah ....
A.  Dewi : Wa, mau kemana?
 Dewa: “Rumah sakit. Semalam ayahku pingsan"
 Dewi : "Jantungnya kambuh lagi?
 Dewa: "Iya, sepertinya tambah parah. Hari ini aku nggak kuliah. Duluan ya, busku udah datang. Besok pinjam catatannya ya Wi"
    
 B.  Bagas : “ Dik, sekarang sudah jam 09.00 loh. Nanti mau pergi jam berapa?”
 Balqis : “ Jam 10.00, Kak. Aku mandi dulu ya”
 Bagas : “Kalau mau beli kaset kosong, Kakak nitip satu”
Balqis : “Oke”
    
 C.  Denny : “ Topi ini harganya berapa Bang?”
 Abang : “ Lima belas ribu”
 Denny : “ Kalau yang ini berapa?’
 Abang : “Yang itu sama”
 Denny : “Boleh kurang Bang? Di toko sebelah cuma dua belas ribu”

D.  Pak Sunu : “Bu Lis, saya mau rapat di ruang sidang sekarang”
Bu Lis : “Saya juga”
 Pak Sunu : “Kalau begitu kita berangkat bersama-sama”

No 3.
Berikut ini merupakan proses pemerolehan bahasa anak.
A.      diperoleh tanpa sadar,secara lisan melalui menyimak/mendengarkan dan berbicara
B.      dilkukan secara sadar, dengan niat untuk belajar bahasa
C.      dilakukan secara lisan dan tulisan dengan mendengarkan dan membaca
D.      berlangsung secara periodik, sesuai dengan kebutuhan

No 4.
 Menurut pandangan kaum behaviorisme, proses pemerolehan bahasa anak ditentukan oleh ....
A.      daya kognitifnya, anak harus berperan aktif terlibat dengan lingkungannya
A.      B.rangsangan dari lingkungannya, lamanya waktu belajar dan peniruan, tetapi peran anak pasif
B.      kemampuan bawaan lahir atau alami
C.      potensi berbahasa yang secara genitis telah terprogram

No 5.
Inteligensi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pertama, maksudnya ....
A.      anak belajar bahasa karena kebutuhan dasar yang sifatnya praktis
B.      proses belajar bahasa dikendalikan oleh sistem syaraf pusat yang berada di otak
C.      anak yang bernalar tinggi proses pemerolehan bahasanya lebih cepat dan lebih kreatif
D.      anak memerlukan dukungan dari lingkungannya untuk mengembangkan kemampuan
A.      berbahasanya

No 6.
Meniru merupakan salah satu strategi pemerolehan bahasa, artinya ....
A.      dengan menyebut suatu benda atau peristiwa secara berulang-ulang akan memudahkan anak  dalam mengingat
B.      dalam berbahasa, anak biasanya lebih mudah bila dibantu bahasa tubuh
C.      dengan mengulang persis apa yang telah didengarnya pemerolehan bahasanya lebih mudah
D.      anak menyimak dan berbicara langsung, sekaligus memperoleh tanggapan dari mitra bicaranya


No 7.
Tahap pralinguistik merupakan tahap pemerolehan bahasa dalam kondisi ....
A.      A.bunyi bahasa yang dihasilkan belum mengacu pada kata atau kalimat dengan makna tertentu
B.      anak sudah menghasilkan satu kata yang bermakna, yang dapat mewakili keseluruhan ide
C.      anak menghasilkan dua kata dalam tuturannya
D.      anak sudah mampu menghasilkan ujaran berupa kalimat pendek

No 8.
 Perhatikan contoh kasus berikut ini.
 Kasus 1
 Ayu dilahirkan di Solo, Jawa Tengah. Keluarga dan masyarakat sekitarnya sehari-hari menggunakan bahasa Jawa. Pada usia 14 tahun keluarga Ayu pindah ke Jakarta. Alat komunikasi keluarga tersebut tetap menggunakan bahasa Jawa, tetapi di sekolah Ayu mengunakan bahasa Indonesia.
 Kasus 2
 Astrid dilahirkan dan dibesarkan di Padang. Astrid menggunakan bahasa Minang untuk berkomunikasi dengan ayah dan ibunya. Astrid menggunakan bahasa Indonesia bila berkomunikasi dengan teman-temannya.
 Kasus 3
 Sheila lahir di Jakarta, ibu berasal dari Perancis dan ayah dari Makassar. Bahasa yang digunakan di rumah bahasa Indonesia. Astrid menggunakan bahasa Perancis bila berkomunikasi dengan keluarga ibunya, dan menggunakan bahasa Bugis bila berkomunikasi dengan keluarga ayahnya.
 Dari ketiga contoh kasus tersebut yang B2-nya bahasa Indonesia yaitu ....
A.      contoh kasus 1
B.      contoh kasus 1 dan 2
C.      contoh kasus 1 dan 3
D.      contoh kasus 2 dan 3

No 9.
Berikut ini adalah contoh pemerolehan B2 secara terpimpin.
A.      Mira bertempat tinggal di Surabaya, bahasa yang digunakan sehari-hari bahasa Jawa. Pada waktu kelas 5 SD Mira sekolah di Bandung dan tinggal bersama bibinya. Mira belajar bahasa Sunda dengan keluarga bibinya
B.      Shinta dan keluarganya akan bermukim di Jepang selama beberapa tahun. Untuk;memperlancar komunikasi selama di Jepang, Shinta kursus bahasa Jepang di sebuah lembaga kursus ternama di kotanya
C.      Nana sehari-hari menggunakan bahasa Sunda. Di sekolah Nana mendapat teman baru yang berasal dari Surabaya, yang sehari-harinya menggunakan bahasa Jawa. Karena Nana tertarik dengan bahasa Jawa, sehingga setiap istirahat di sekolah Nana belajar bahasa Jawa dengan teman barunya.
D.      Edo bertempat tinggal di Jakarta, bahasa sehari-harinya menggunakan bahasa Betawi. Waktu liburan sekolah, sepupu Edo yang tinggal di Kualalumpur menginap di rumah Edo. Edo belajar bahasa Melayu dari sepupunya dan sepupunya belajar bahasa Betawi dari Edo.

No 10.
Teori wacana dalam pemerolehan B2 adalah sebuah teori yang menekankan pada ....
A.      perlunya pebelajar B2 menguasai rumus tata bahasa dari bahasa yang sedang dipelajari
B.      penguasaan sejumlah kosakata bahasa yang sedang dipelajari
C.      pentingnya pebelajar B2 menemukan makna bahasa melalui keterlibatannya dalam berkomunikasi
D.      kontinuitas pebelajar B2 dalam belajar dengan tubian




Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 1)

No 1.
a.       Salah, karena merupakan sifat subsistem bahasa
b.      Benar, karena karakteristik bahasa selain terdiri atas sejumlah unsur yang tertata secara teratur, juga harus memiliki makna.
c.       Salah, karena sifat sistemis bahasa harus mempunyai makna
d.      Salah, karena merupakan tiga subsistem bahasa

No 2.
a.       Salah, karena merupakan percakapan antarteman yang terjadi di halte bus, menggunakan kosakata nonbaku: semalam, nggak, udah.
b.      Salah, karena merupakan percakapan antara kakak dan adik yang terjadi di rumah, menggunakan kosakata nonbaku: loh, nitip, oke.
c.       Salah, karena merupakan percakapan antara pembeli dan penjual yang terjadi di sebuah toko.
d.      Benar, karena menggunakan kosakata baku, suasana di kantor

No 3.
a.      Benar, karena proses pemerolehan bahasa dilakukan secara spontan, tidak disadari, lisan, melalui menyimak dan berbicara.
b.      Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya dilakukan secara tidak disadari dan tidak direncanakan/diniatkan khusus untuk belajar
c.       Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak secara tertulis dan melalui membaca
d.      Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak harus dilakukan secara terus-menerus.

No 4.
a.      Benar, karena proses pemerolehan bahasa hanya dilakukan secara tidak sadar, lisan, melalui menyimak dan berbicara
b.      Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya dilakukan secara tidak sadar dan tidak ada niat khusus untuk belajar;
c.       Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak secara tertulis dan dengan membaca
d.      Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak harus dilakukan secara terus-menerus.

No 5.
a.       Salah, karena pernyataan tersebut merupakan pengertian faktor motivasi
b.      Salah, karena merupakan penjelasan faktor biologis
c.       Benar, karena semakin tinggi inteligensinya, semakin cepat pemerolehan bahasa dan semakin kreatif
d.      Salah, karena merupakan penjelasan dari faktor lingkungan sosial.

No 6.
a.       Salah, karena merupakan pengertian strategi mengingat.
b.      Salah, karena merupakan strategi mengingat;
c.       Benar, karena dengan mengulang persis seperti yang didengar akan lebih mudah diingat dan diterima
d.      Salah, karena merupakan penjelasan strategi mengalami langsung

No 7.
a.      Benar, karena bunyi bahasa tersebut dihasilkan belum bermakna linguistik,
b.      Salah, karena bunyi bahasa yang dihasilkan sudah bermakna
c.       Salah, karena tuturan yang dihasilkan secara gramatikal sudah lebih jelas
d.      Salah, karena ujaran yang dihasilkan sudah berupa kalimat, walaupun mungkin susunan katanya belum teratur

No 8.
a.       Salah, karena tidak hanya kasus 1, tapi kasus 2 B2-nya juga bahasa Indonesia
b.      benar, karena Ayu menguasai bahasa Indonesia setelah bahasa Jawa, dan Astrid menguasai bahasa Indonesia setelah bahasa minang
c.       Salah, karena B2 Sheila bukan bahasa Indonesia, tetapi bahasa Perancis dan bahasa Bugis
d.      Salah, karena B2 Sheila bahasa Perancis dan bahasa Bugis.

No 9.
a.       Salah, karena bahasa Sunda yang Mira pelajari tidak secara formal
b.      Benar, karena Shinta belajar bahasa Jepang melalui lembaga formal, yaitu tempat kursus
c.       Salah, karena bahasa Jawa yang dipelajari Mira tidak melalui lembaga formal
d.      Salah, karena Edo dan sepupunya saling belajar bahasa masing-masing secara spontan.

No 10.
a.       Salah, karena hanya dengan menguasai rumus tata bahasa tidak menjamin dapat menguasai bahasa yang sedang dipelajari
b.      Salah, karena dengan menguasai sejumlah kosakata kalau tidak dipraktekkan untuk berkomunikasi sama saja
c.       Benar, karena menurut teori wacana, dengan terlibat langsung dalam berkomunikasi dengan bahasa yang sedang dipelajari akan lebih efektif
d.      Salah, karena walaupun belajar dengan tubian kalau tidak digunakan secara langsung hasilnya kurang maksimal.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar