A.
bahasa dapat diuraikan atas
satuan-satuan terbatas yang berkombinasi dengan kaidah-kaidah yang dapat
diramalkan
B.
bahasa terdiri dari sejumlah unsur
yang saling terkait dan tertata secara beraturan serta memiliki makna
C.
bahasa terdiri atas sejumlah
subsistem yang saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang utuh
D.
bahasa terdiri atas tiga subsistem
bahasa, yaitu fonologi, gramatika, dan leksikon
No 2.
Contoh percakapan di bawah ini yang menggunakan ragam baku
adalah ....
A. Dewi : Wa, mau
kemana?
Dewa: “Rumah sakit.
Semalam ayahku pingsan"
Dewi :
"Jantungnya kambuh lagi?
Dewa: "Iya,
sepertinya tambah parah. Hari ini aku nggak kuliah. Duluan ya, busku udah
datang. Besok pinjam catatannya ya Wi"
B. Bagas : “ Dik, sekarang sudah jam 09.00 loh.
Nanti mau pergi jam berapa?”
Balqis : “ Jam 10.00,
Kak. Aku mandi dulu ya”
Bagas : “Kalau mau
beli kaset kosong, Kakak nitip satu”
Balqis : “Oke”
C. Denny : “ Topi ini harganya berapa Bang?”
Abang : “ Lima belas
ribu”
Denny : “ Kalau yang
ini berapa?’
Abang : “Yang itu
sama”
Denny : “Boleh kurang
Bang? Di toko sebelah cuma dua belas ribu”
D. Pak Sunu : “Bu
Lis, saya mau rapat di ruang sidang sekarang”
Bu Lis : “Saya juga”
Pak Sunu : “Kalau
begitu kita berangkat bersama-sama”
No 3.
Berikut ini merupakan proses pemerolehan bahasa anak.
A.
diperoleh tanpa sadar,secara lisan
melalui menyimak/mendengarkan dan berbicara
B.
dilkukan secara sadar, dengan niat
untuk belajar bahasa
C.
dilakukan secara lisan dan tulisan
dengan mendengarkan dan membaca
D.
berlangsung secara periodik, sesuai
dengan kebutuhan
No 4.
Menurut pandangan
kaum behaviorisme, proses pemerolehan bahasa anak ditentukan oleh ....
A.
daya kognitifnya, anak harus
berperan aktif terlibat dengan lingkungannya
A.
B.rangsangan dari lingkungannya,
lamanya waktu belajar dan peniruan, tetapi peran anak pasif
B.
kemampuan bawaan lahir atau alami
C.
potensi berbahasa yang secara
genitis telah terprogram
No 5.
Inteligensi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi
pemerolehan bahasa pertama, maksudnya ....
A.
anak belajar bahasa karena kebutuhan
dasar yang sifatnya praktis
B.
proses belajar bahasa dikendalikan
oleh sistem syaraf pusat yang berada di otak
C.
anak yang bernalar tinggi proses
pemerolehan bahasanya lebih cepat dan lebih kreatif
D.
anak memerlukan dukungan dari
lingkungannya untuk mengembangkan kemampuan
A.
berbahasanya
No 6.
Meniru merupakan salah satu strategi pemerolehan bahasa,
artinya ....
A.
dengan menyebut suatu benda atau
peristiwa secara berulang-ulang akan memudahkan anak dalam mengingat
B.
dalam berbahasa, anak biasanya lebih
mudah bila dibantu bahasa tubuh
C.
dengan mengulang persis apa yang
telah didengarnya pemerolehan bahasanya lebih mudah
D.
anak menyimak dan berbicara
langsung, sekaligus memperoleh tanggapan dari mitra bicaranya
No 7.
Tahap pralinguistik merupakan tahap pemerolehan bahasa dalam
kondisi ....
A.
A.bunyi bahasa yang dihasilkan belum
mengacu pada kata atau kalimat dengan makna tertentu
B.
anak sudah menghasilkan satu kata
yang bermakna, yang dapat mewakili keseluruhan ide
C.
anak menghasilkan dua kata dalam
tuturannya
D.
anak sudah mampu menghasilkan ujaran
berupa kalimat pendek
No 8.
Perhatikan contoh
kasus berikut ini.
Kasus 1
Ayu dilahirkan di
Solo, Jawa Tengah. Keluarga dan masyarakat sekitarnya sehari-hari menggunakan
bahasa Jawa. Pada usia 14 tahun keluarga Ayu pindah ke Jakarta. Alat komunikasi
keluarga tersebut tetap menggunakan bahasa Jawa, tetapi di sekolah Ayu
mengunakan bahasa Indonesia.
Kasus 2
Astrid dilahirkan dan
dibesarkan di Padang. Astrid menggunakan bahasa Minang untuk berkomunikasi
dengan ayah dan ibunya. Astrid menggunakan bahasa Indonesia bila berkomunikasi
dengan teman-temannya.
Kasus 3
Sheila lahir di
Jakarta, ibu berasal dari Perancis dan ayah dari Makassar. Bahasa yang
digunakan di rumah bahasa Indonesia. Astrid menggunakan bahasa Perancis bila
berkomunikasi dengan keluarga ibunya, dan menggunakan bahasa Bugis bila
berkomunikasi dengan keluarga ayahnya.
Dari ketiga contoh
kasus tersebut yang B2-nya bahasa Indonesia yaitu ....
A.
contoh kasus 1
B.
contoh kasus 1 dan 2
C.
contoh kasus 1 dan 3
D.
contoh kasus 2 dan 3
No 9.
Berikut ini adalah contoh pemerolehan B2 secara terpimpin.
A.
Mira bertempat tinggal di Surabaya,
bahasa yang digunakan sehari-hari bahasa Jawa. Pada waktu kelas 5 SD Mira
sekolah di Bandung dan tinggal bersama bibinya. Mira belajar bahasa Sunda
dengan keluarga bibinya
B.
Shinta dan keluarganya akan bermukim
di Jepang selama beberapa tahun. Untuk;memperlancar komunikasi selama di
Jepang, Shinta kursus bahasa Jepang di sebuah lembaga kursus ternama di kotanya
C.
Nana sehari-hari menggunakan bahasa
Sunda. Di sekolah Nana mendapat teman baru yang berasal dari Surabaya, yang
sehari-harinya menggunakan bahasa Jawa. Karena Nana tertarik dengan bahasa
Jawa, sehingga setiap istirahat di sekolah Nana belajar bahasa Jawa dengan
teman barunya.
D.
Edo bertempat tinggal di Jakarta,
bahasa sehari-harinya menggunakan bahasa Betawi. Waktu liburan sekolah, sepupu
Edo yang tinggal di Kualalumpur menginap di rumah Edo. Edo belajar bahasa
Melayu dari sepupunya dan sepupunya belajar bahasa Betawi dari Edo.
No 10.
Teori wacana dalam pemerolehan B2 adalah sebuah teori yang
menekankan pada ....
A.
perlunya pebelajar B2 menguasai
rumus tata bahasa dari bahasa yang sedang dipelajari
B.
penguasaan sejumlah kosakata bahasa
yang sedang dipelajari
C.
pentingnya pebelajar B2 menemukan
makna bahasa melalui keterlibatannya dalam berkomunikasi
D.
kontinuitas pebelajar B2 dalam
belajar dengan tubian
Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204
(Bagian 1)
No 1.
a. Salah, karena merupakan sifat subsistem bahasa
b. Benar, karena karakteristik bahasa selain terdiri atas
sejumlah unsur yang tertata secara teratur, juga harus memiliki makna.
c. Salah, karena sifat sistemis bahasa harus mempunyai makna
d. Salah, karena merupakan tiga subsistem bahasa
No 2.
a. Salah, karena merupakan percakapan antarteman yang terjadi
di halte bus, menggunakan kosakata nonbaku: semalam, nggak, udah.
b. Salah, karena merupakan percakapan antara kakak dan adik
yang terjadi di rumah, menggunakan kosakata nonbaku: loh, nitip, oke.
c. Salah, karena merupakan percakapan antara pembeli dan
penjual yang terjadi di sebuah toko.
d. Benar, karena menggunakan kosakata baku, suasana di kantor
No 3.
a. Benar, karena proses pemerolehan bahasa dilakukan secara
spontan, tidak disadari, lisan, melalui menyimak dan berbicara.
b. Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya dilakukan secara
tidak disadari dan tidak direncanakan/diniatkan khusus untuk belajar
c. Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak secara tertulis
dan melalui membaca
d. Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak harus dilakukan
secara terus-menerus.
No 4.
a. Benar, karena proses pemerolehan bahasa hanya dilakukan
secara tidak sadar, lisan, melalui menyimak dan berbicara
b. Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya dilakukan secara
tidak sadar dan tidak ada niat khusus untuk belajar;
c. Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak secara tertulis
dan dengan membaca
d. Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak harus dilakukan
secara terus-menerus.
No 5.
a. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan pengertian
faktor motivasi
b. Salah, karena merupakan penjelasan faktor biologis
c. Benar, karena semakin tinggi inteligensinya, semakin cepat
pemerolehan bahasa dan semakin kreatif
d. Salah, karena merupakan penjelasan dari faktor lingkungan
sosial.
No 6.
a. Salah, karena merupakan pengertian strategi mengingat.
b. Salah, karena merupakan strategi mengingat;
c. Benar, karena dengan mengulang persis seperti yang didengar
akan lebih mudah diingat dan diterima
d. Salah, karena merupakan penjelasan strategi mengalami
langsung
No 7.
a. Benar, karena bunyi bahasa tersebut dihasilkan belum
bermakna linguistik,
b. Salah, karena bunyi bahasa yang dihasilkan sudah bermakna
c. Salah, karena tuturan yang dihasilkan secara gramatikal
sudah lebih jelas
d. Salah, karena ujaran yang dihasilkan sudah berupa kalimat,
walaupun mungkin susunan katanya belum teratur
No 8.
a. Salah, karena tidak hanya kasus 1, tapi kasus 2 B2-nya juga
bahasa Indonesia
b. benar, karena Ayu menguasai bahasa Indonesia setelah bahasa
Jawa, dan Astrid menguasai bahasa Indonesia setelah bahasa minang
c. Salah, karena B2 Sheila bukan bahasa Indonesia, tetapi
bahasa Perancis dan bahasa Bugis
d. Salah, karena B2 Sheila bahasa Perancis dan bahasa Bugis.
No 9.
a. Salah, karena bahasa Sunda yang Mira pelajari tidak secara
formal
b. Benar, karena Shinta belajar bahasa Jepang melalui lembaga
formal, yaitu tempat kursus
c. Salah, karena bahasa Jawa yang dipelajari Mira tidak melalui
lembaga formal
d. Salah, karena Edo dan sepupunya saling belajar bahasa
masing-masing secara spontan.
No 10.
a. Salah, karena hanya dengan menguasai rumus tata bahasa tidak
menjamin dapat menguasai bahasa yang sedang dipelajari
b. Salah, karena dengan menguasai sejumlah kosakata kalau tidak
dipraktekkan untuk berkomunikasi sama saja
c. Benar, karena menurut teori wacana, dengan terlibat langsung
dalam berkomunikasi dengan bahasa yang sedang dipelajari akan lebih efektif
d. Salah, karena walaupun belajar dengan tubian kalau tidak
digunakan secara langsung hasilnya kurang maksimal.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar