a. Benar, jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa
banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun
letaknya berbeda-beda, maka
dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan bilangan
b. Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki kekekalan isi
apabila ia sudah mengerti bahwa air yang ditumpahkan dari sebuah bak atau gelas
yang penuh adalah sama dengan isi sebuah benda yang ditenggelamkannya.
c. Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki kekekalan
panjang apabila ia berpendapat bahwa tali atau kawat yang tidak dikerutkan akan
lebih panjang daripada yang tidak dikerutkan.
d. Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki kekekalan luas
apabila ia berpendapat bahwa luas daerah yang ditutupi oleh benda-benda lebih
luasdaripada yang tersebar, hanya cara menyimpannya saja berbeda sehingga
kelihatannya berbeda.
No 2.
a. Benar, tahap Enaktif merupakan tahapan proses belajar
menurut Brunner
b. Salah, tahap Representasi merupakan tahapan proses belajar
menurut Dienes
c. Salah, tahap Simbolisasi merupakan tahapan proses belajar
menurut Dienes
d. Salah, tahap Formalisasi merupakan tahapan proses belajar
menurut Dienes
No 3.
a. Salah, memilih materi pelajaran termasuk dalam tahapan
rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD
b. Benar, mengerjakan latihan soal-soal tidak termasuk dalam
tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
c. Salah, tujuan belajar matematika termasuk dalam tahapan
rencana pelaksanaan pembelajaran
d. Salah, sumber belajar termasuk dalam tahapan rencana
pelaksanaan pembelajaran
No 4.
a. Benar, dalam suatu pembelajarankonsep yang mengenal istilah
atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut konsep
dasar
b. Salah, karena konsep yang berkembang dari konsep dasar
adalah konsep yang dikembangkan dari konsep-konsep dasar, misalnya “pengenalan
tentang sifat pertukaran pada penjumlahan”
c. Salah, karena konsep yang harus dibina keterampilannya
adalah melakukan latihan untuk membina keterampilan dari sekumpulan” bahasan,
misalnya menyelesaikan soal-soal cerita sederhana yang melibatkan penjumlahan
bilangan 1 sampai dengan 5.
d. Salah, karena tidak ada konsep berhitung dalam pembelajaran
No 5.
a. Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan
pembelajaran matematika
b. Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan
pembelajaran matematika
c. Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan
pembelajaran matematika
d. Benar , karena bukan termasuk rancangan model-model
pendekatan pembelajaran matematika
No 6.
a. Salah, karena tempat di ratusan ribu adalah angka 4
b. Salah, karena tempat di puluhan ribu adalah angka 7
c. Benar, karena 9 merupakan nilai tempat di ribuan
d. Salah, karena tempat diratusan adalah angka 0
No 8.
a. Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
b. Benar, 3.176
c. Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
d. Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
No 9.
a. Salah, benar bahwa tertutup merupakan sifat-sifat pada
penjumlahan bilangan cacah
b. Salah, benar bahwa pengelompokkan merupakan sifat-sifat pada
penjumlahan bilangan cacah
c. Salah, benar bahwa pertukaran merupakan sifat-sifat pada
penjumlahan bilangan cacah
d. Benar, bahwa tidak
tertutup bukan merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
No 10.
a. Salah, karena hasilnya adalah 8
b. Salah, karena hasilnya adalah 8
c. Benar, bahwa Akar pangkat 3 dari 512 = ( 83 )1/3=
8
d. Salah, karena hasilnya adalah 8
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar