No 31.
Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang
dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....
A.
memberikan penjelasan tentang suatu fenomena
yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B.
menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori
yang baru
C.
dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas
dasar peristiwa sebelumnya
D.
menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam
lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
No 32.
Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
A.
proses pembelajaran dimana anak berinteraksi
secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
B.
kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi
bahasa
C.
kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi,
dan abstraksi
D.
kemampuan mengamati ruang dan visual secara
akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi
33.
Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi
ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple
intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A.
interpersonal
B.
kinestetik
C.
Matematika-logika
D.
intrapersonal
No 34.
Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal
adalah....
A.
program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah
dasar luar biasa
B.
pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi
pendidikan
C.
upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D.
model pendidikan yang terintegrasi
No 35.
Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat
tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu
kecuali hubungan....
A.
reaktif
B.
proaktif
C.
responsif
D.
interaktif
No 36.
Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
A.
mengembangkan metode pembelajaran yang sangat
efektif untuk mata pelajaran IPA
B.
menggunakan alternative fasilitas belajar
C.
mengembangkan media yang mahal
D.
mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan
prasarana ke pemerintah
No 37.
Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
A.
sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B.
tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C.
perjanjian yang mengikat secara yuridis
D.
sesuatu yang melekat pada diri seseorang
semenjak lahir
No 38.
Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku
“Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A.
mengemukakan pendapat
B.
dilindungi tanpa mempertimbangkan ras,
kewarganegaraan atau kebangsaannya
C.
mendapat perawatan jasmani dan rohani yang
memadai
D.
berkembang dengan baik secara fisik dan
psikologis
No 39.
Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah
implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan
kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan
kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta
langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan
konvensi hak anak berdasarkan....
A.
pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi
hak anak
B.
konvensi induk hak asasi manusia
C.
komite hak anak PBB
D.
cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak
anak
No 40.
Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman
Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan,
contohnya....
A.
Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan
berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk
melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
B.
Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan
kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan
penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik
dan mentalnya
C.
Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi
konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa
secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D.
Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang
diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar