No 1.
A.
proses membawa manusia dari apa adanya kepada
bagaimana seharusnya
B.
suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi
peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang
berdimensi lokal, nasional, dan global
C.
pengaruh lingkungan atas individu untuk
menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan
tingkah laku
D.
pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan
keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan
kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang
memuaskan
No 2.
Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan
kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai
tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
A.
memberikan materi yang sama kepada seluruh
siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B.
menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar
bisa diterima oleh masyarakat
C.
memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca,
menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D.
menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan
intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang
berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan
prinsip-prinsip ilmiah
No 3.
Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga
masyarakat dan warga negara adalah....
A.
membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian
individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B.
membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai
dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai
dengan hukum yang berlaku
C.
mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi
berikutnya
D.
memberi berbagai kemampuan, sikap, serta
keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan
dirinya
No 4.
Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo
Kartadinata adalah....
A.
inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia
Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik
sentral
B.
perkembangan adalah proses yang tak pernah
berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang
hayat
C.
setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada
khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang
D.
prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu
harus menjadi titik tolak pendidikan
No 5.
Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap
sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A.
meniru perilaku orang yang berada di
sekelilingnya
B.
mengurutkan cerita sesuai kejadian
C.
mencari penyelesaian masalah setelah
menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D.
mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar
mainannya
No 6.
Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar
adalah....
A.
kondisi di dalam diri seseorang yang
memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B.
kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih
perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C.
kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa
tergantung pada banyak latihan
D.
kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat
latihan terus menerus
No 7.
Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat
adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A.
dukungan keluarga
B.
minat anak
C.
dukungan masyarakat
D.
minat orang tua
No 8.
Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD
adalah....
A.
Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8
keping
B.
Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di
depan kelas
C.
Tony mampu mengembangkan gambar segi empat
menjadi bentuk lain
D.
Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam
bahasa Inggris
No 9.
Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat
melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A.
tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
B.
tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
C.
kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang
tinggi
D.
kreatif belum tentu memiliki tingkat
intelegensia yang tinggi
No 10.
Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A.
memberikan pertanyaan yang mengembangkan
kemampuan berpikir konvergen
B.
menggabungkan pemikiran konvergen dengan
divergen
C.
meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok
di tempat duduk masing-masing
mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar