No 41.
Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan
tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar
wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A.
27
B.
28
C.
29
D.
31
No 42.
Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib
pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya
operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A.
gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan
belajar lainnya
B.
tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi
pendidik di setiap jenjang pendidikan
C.
pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan
untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D.
dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk
mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
No 43.
Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak
anak adalah....
A.
Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak
ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
B.
Joko yang mengalami cacat fisik diberi
kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
C.
Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam
kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina
Pramuka
D.
Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang
tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
No 44.
Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya
bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di
antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A.
guru hendaknya menyesuaikan diri dengan
kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
B.
penataan kembali strategi dan prosedur
pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun
metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan
demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan
yang baik
C.
pencapaian kehidupan demokrasi melalui
pendidikan demokrasi bagi para siswa
D.
guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat
keputusan yang baik
No 45.
Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di
sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam
kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A.
berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam
konteks lingkungan riil siswa
B.
memberi tugas belajar secara terarah dan memberi
balikan terhadap hasil belajar siswa
C.
berupaya agar setiap siswa memiliki catatan
kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa
dari waktu ke waktu
D.
bekerja sama dengan anak dalam membuat
rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
No 46.
Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam
hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A.
memberi bantuan atau dukungan ketika anak
mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B.
memberikan pujian ketika anak berprestasi dan
tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
C.
memberikan contoh konkret dan tantangan positif
pada anak
D.
memperlakukan anak dengan penerimaan dan
penghargaan tanpa syarat
No 47.
Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan
bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A.
buku pedoman atau paket bimbingan pribadi,
belajar, pendidikan, dan karir
B.
format-format pedoman observasi, catatan
anekdot, dan daftar isian
C.
buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling,
blangko surat panggilan orang tua atau wali
D.
buku pribadi dan map siswa
No 48.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program
bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD
adalah....
A.
menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi
kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
B.
mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan
dibantu oleh guru-guru lain
C.
pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan
tugas perkembangan secara efektif
D.
cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui
aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
No 49.
Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi
kerja sama dapat terlaksana melalui....
A.
penginterpretasian data hasil tes, aktivitas
pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
B.
menjalin hubungan baik secara internal dan
eksternal demi kemajuan sekolah
C.
memberikan layanan konsultasi atau nasihat
kepada siswa
D.
merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang
berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
No 50.
Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling
di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A.
mengulangi presentasi
B.
menjelaskan ulang kepada peserta
C.
mencatat perbedaan kesan ini
D.
mengevaluasi kegiatan presentasi
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar