No 21.
Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari
segi orang tua dapat terlihat melalui....
A.
mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas
yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B.
keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul
dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C.
penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang
laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D.
perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki
yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
No 22.
Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang,
koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di
sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A.
obesitas
B.
malnutrisi
C.
kekurangan makanan
D.
kekurangan waktu istirahat
No 23.
Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi
terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A.
kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel
atau mudah marah
B.
kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam
memahami sesuatu
C.
anak yang kurang gizi akan menjadi sulit
berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D.
kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
No 24.
Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada
pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai
dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A.
terpenuhinya kebutuhan fisik
B.
dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C.
meningkatkan harga diri
D.
terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
No 25.
Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri
pada anak SD adalah....
A.
Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke
sekolah
B.
Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C.
Tasya merupakan salah satu anak yang sangat
berbakat di bidang seni
D.
Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu
diganggu oleh kakak kelasnya
No 26.
Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang
keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan
salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A.
tantangan
B.
rasa ingin tahu
C.
kontrol
D.
fantasi
No 27.
Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen
adalah....
A.
perubahan perilaku akibat suatu pengalaman
tertentu
B.
proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan
perubahan tingkah laku dan pribadi
C.
perubahan tingkah laku yang relatif permanen
yang terjadi karena pengalaman
D.
pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan
pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
No 28.
Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A.
belajar dapat membantu perkembangan optimal
individu sebagai manusia utuh
B.
belajar sebagai proses terpadu harus
memposisikan anak sebagai titik sentral
C.
aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus
membuat anak terlibat sepenuh hati
D.
belajar hanya dapat dilakukan secara individual
dan tidak kompetitif
No 29.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar
anak dari segi proses adalah....
A.
masukan dasar yang menggambarkan kondisi
individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B.
interaksi antara masukan dasar, masukan
instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C.
perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi
pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D.
masukan instrumental yang mencakup guru,
kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
No 30.
Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan
belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A.
Joni mendapat nilai rata-rata pada mata
pelajaran Matematika
B.
Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian
karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C.
Indah selalu lambat dan tertinggal oleh
teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D.
Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia
karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar