Jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya
benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak
tersebut telah memiliki kekekalan ....
A.
Bilangan
B.
Isi
C.
Panjang
D.
Luas
No 2.
Yang merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner adalah
....
A.
Tahap Enaktif
B.
Tahap Representasi
C.
Tahap Simbolisasi
D.
Tahap Formalisasi
No 3.
Berikut ini termasuk dalam tahapan kegiatan rencana
pelaksanaan pembelajaran matematika di SD, kecuali adalah ....
A.
memilih materi pelajaran
B.
mengerjakan latihan soal-soal
C.
tujuan belajar matematika
D.
sumber belajar
No 4.
Dalam suatu pembelajaran mengenal istilah atau pengertian
“penjumlahan” dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut ....
A.
Konsep dasar
B.
Konsep yang berkembang dari konsep dasar
C.
Konsep yang harus dibina keterampilannya
D.
Konsep berhitung
No 5.
Berikut ini termasuk rancangan model-model pendekatan
pembelajaran matematika “mengenal bilangan bulat positif dan bulat negatif”
dengan menggunakan pendekatan pemahaman konsep, kecuali adalah ....
A.
Sebagai apersepsi para siswa diingatkan lagi
tentang bilangan-bilangan asli dan bilangan-bilangan cacah
B.
Melalui lingkungan kehidupan sehari-hari yang
bervariasi diperkenalkan konsep bilangan positif dan bilangan bulat negatif
C.
Guru membantu para siswa dengan beberapa
penjelasan
D.
Siswa melakukan secara mandiri
No 6.
Nilai angka 9 pada lambang bilangan 479.035 adalah ....
A.
900.000
B.
90.000
C.
9.000
D.
900
No 8.
Selesaikan dengan cara susun pendek : 2.342 + 786 + 45 + 3 =
....
A.
3.167
B.
3.176
C.
4.167
D.
4.176
No 9.
Berikut ini termasuk sifat-sifat penjumlahan pada bilangan
cacah, kecuali adalah ....
A.
tertutup
B.
pengelompokkan
C.
pertukaran
D.
tidak tertutup
No 10.
Akar pangkat 3 dari 512 adalah ....
A.
6
B.
7
C.
8
D.
9
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar