No 11.
A.
kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri
dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam
diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
B.
dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang
untuk beradaptasi dengan lingkungannya
C.
aktivitas intelektual yang bertujuan untuk
menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses
pemikiran dengan lingkungan
D.
kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi
yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
No 12
Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh
Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A.
mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan
perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai
cita-cita
B.
menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali
emosi setiap orang serta mengendalikannya
C.
mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang
dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai
keseimbangan
D.
membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti
perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan
kecenderungan yang ditampilkan orang lain
No 13.
Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak
berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A.
yang mengikuti peraturan, memiliki, dan
mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang
baik
B.
cenderung berperilaku dengan cara mengatur
permintaan sosial
C.
cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai
situasi dan masyarakat
D.
menerima aturan dari figur otoritas dan menilai
suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
No 14.
Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui
disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A.
melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai
dengan norma sosial
B.
anak akan mengembangkan kata hatinya dalam
membuat keputusan
C.
anak belajar mengapa pola perilaku tertentu
diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
D.
melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan
tidak boleh dilakukan
No 15.
Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan
mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak
memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang
dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A.
penghargaan
B.
hukuman
C.
alat untuk membentuk moral
D.
konsistensi
No 16.
Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan
disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A.
setiap kali anak melakukan kesalahan
B.
disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C.
fisik sehingga anak tidak mau mengulangi
perbuatan salahnya lagi
D.
dengan cara mengisolasi anak selama beberapa
waktu
No 17.
Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak
usia SD dengan cara....
A.
memberikan hafalan doa harian kepada anak
B.
menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya
masing-masing
C.
memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan
kepada anak
D.
meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan
rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
No 18.
Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan
melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari
pernyataan ini adalah untuk....
A.
membuat anak mengerti mengenai perilaku yang
diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
B.
melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas
sosial
C.
melatih anak mempunyai peran dan memahami peran
yang ada di lingkungan sekitarnya
D.
membuat anak memiliki penyesuaian diri dan
diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
No 19.
Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD
menurut Hurlock adalah....
A.
acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau
bahasa sandi dalam berkomunikasi
B.
kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di
tempat umum
C.
anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D.
menggunakan bahasa sehari-hari dalam
berkomunikasi
No 20.
Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari
lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A.
anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh
kelompoknya
B.
kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati
dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C.
kecenderungan untuk membuat perbedaan antara
individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
D.
kemampuan untuk memahami arti dari situasi
social
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar