KARIL MATEMATIKA KELAS 4 SD PENGGUNAAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
PENGGUNAAN MEDIA MANIK-MANIK
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN
DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN1 JATIMULYO
Oleh:
Rida
Ari Susanti
NIM
819123456
Mahasiswa
S1 PGSD FKIP Universitas Terbuka
e-mail:
ria@gmail.com
ABSTRAK
Media Manik-manik Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan
Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN1 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui informasi tentang: (1) Untuk mengetahui keaktifan siswa tentang penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran
matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SDN1
Jatimulyo.; (2) Untuk
mendeskripsikan penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan
hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN1
Jatimulyo.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika
tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo apabila dalam
pembelajaran menggunakan media manik-manik dan dilaksanakan sesuai dengan
skenario yang ada yang telah dibuat; (2) Penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatan hasil
belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo adalah dengan melaksanakan
pembelajaran
menggunakan media manik-manik dengan baik.
Kata
kunci: media manik-manik, aktivitas,
hasil belajar
I.
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang Masalah
Kemampuan matematika siswa rendah karena sebagian
besar siswa kurang antusias menerimanya. Siswa lebih bersifat pasif, enggan,
takut atau malu mengemukakan pendapatnya. Tidak jarang siswa merasa kurang
mampu dalam mempelajari matematika sebab matematika dianggap sulit, menakutkan,
bahkan sebagian dari mereka ada yang tidak menyukainya. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan
oleh guru, siswa merasa bosan, jenuh dan tidak menyenangi pelajaran matematika
Siswa kurang tertarik terhadap pelajaran matematika.
Hal ini dikarenakan siswa
menganggap metematika itu pelajaran yang menakutkan serta mempunyai soal-soal
yang sulit dipecahkan terutama dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat.
Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat juga terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 1
Jatimulyo Kecamatan Petanahan. Di dalam mempelajari topik soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
walaupun murid-murid sudah berulang kali dijelaskan ternyata masih banyak yang
belum dapat mengerjakan dengan benar. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata
ulangan harian siswa 52 dari 21 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan
13 siswa perempuan. Dari data tersebut diketahui ketuntasan belajar 33% siswa
tuntas dan 67% siswa tidak tuntas dengan rincian 7 siswa tuntas dan 14 siswa
tidak tuntas. Perlu diketahui KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 70.
Berbagai faktor di atas, penggunaan media menjadi
salah satu solusi yang tepat dalam menentukan keberhasilan pembelajaran
Matematika. Dalam proses pembelajaran guru berperan sebagai komunikator dan siswa adalah komunikan sehingga dalam
menyampaikan materi diperlukan perantara berupa media agar dapat merangsang
perhatian minat pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga
tujuan pembelajaran tercapai.
Berdasarkan
permasalahan yang ada dapat di identifikasi masalah sebagai berikut:
1.
Aktivitas siswa
terhadap mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
rendah.
2.
Hasil belajar siswa
terhadap mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
rendah.
Dari
hasil analisis yang telah dilakukan dan didiskusikan dengan teman sejawat
diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah:
1.
Pembelajaran mata
pelajaran matematika tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat yang
dilakukan guru kurang menarik bagi siswa.
2.
Guru tidak menggunakan
media atau alat yang mendukung dalam penyampaian materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Berdasarkan
latar belakang diatas, penulis terdorong mengadakan kegiatan penelitian dengan
judul “Penggunaan Media Manik-manik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil
Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada
Siswa Kelas IV SDN1 Jatimulyo.”
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai
berikut:
1.
Apakah penggunaan media
manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo?
2.
Bagaimana cara
penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
SDN1 Jatimulyo?
C.
Tujuan Penelitian
Secara
umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo
Kecamatan Petanahan, sedangkan tujuan khusus penelitian ini bertujuan untuk:
1.
Untuk mengetahui keaktifan
siswa tentang penggunaan media
manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat kelas IV SDN1 Jatimulyo.
2.
Untuk mendeskripsikan
penggunaan media
manik-manik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo.
D.
Manfaat Penelitian
1. Manfaat
Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memperoleh
pengetahuan dan wawasan tentang penggunaan media manik-manik yang
dapat meningkatkan hasil beajar matematika
tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
2.
Manfaat Praktis
a.
Manfaat Bagi Guru
1)
Melalui hasil penelitian ini
diharapkan guru SDN1
Jatimulyo memiliki pengetahuan dan wawasan tentang
penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat.
2)
Melalui hasil penelitian ini
diharapkan guru SDN1
Jatimulyo dapat menggunakan media manik-manik dalam
pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
b.
Manfaat Bagi Siswa
1)
Dapat
lebih mudah menerima materi pembelajaran karena pembelajaran sesuai dengan
pengalaman peserta didik
2)
Dapat
mengaktifkan siswa SDN1 Jatimulyo dalam pembelajaran sehingga pembelajaran
Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dirasa menarik siswa SDN1
Jatimulyo untuk tetap mengikuti pelajaran.
c.
Manfaat Bagi Sekolah
Memberikan
kontribusi yang baik berupa masukan tentang penggunaan media manik-manik
yang dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Yang mau download lengkapnya DISINI
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar