Wednesday, May 31, 2017

KARIL MATEMATIKA KELAS 4 SD PENGGUNAAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

KARIL MATEMATIKA KELAS 4 SD PENGGUNAAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

PENGGUNAAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN1 JATIMULYO

Oleh:
Rida Ari Susanti
NIM 819123456
Mahasiswa S1 PGSD FKIP Universitas Terbuka
e-mail: ria@gmail.com

ABSTRAK


Media Manik-manik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN1 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang: (1) Untuk mengetahui keaktifan siswa tentang penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SDN1 Jatimulyo.; (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo apabila dalam pembelajaran menggunakan media manik-manik dan dilaksanakan sesuai dengan skenario yang ada yang telah dibuat; (2) Penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo adalah dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan media manik-manik dengan baik.

Kata kunci: media manik-manik,  aktivitas, hasil belajar


I.          Pendahuluan
A.       Latar Belakang Masalah
Kemampuan matematika siswa rendah karena sebagian besar siswa kurang antusias menerimanya. Siswa lebih bersifat pasif, enggan, takut atau malu mengemukakan pendapatnya. Tidak jarang siswa merasa kurang mampu dalam mempelajari matematika sebab matematika dianggap sulit, menakutkan, bahkan sebagian dari mereka ada yang tidak menyukainya. Banyak siswa yang  masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, siswa merasa bosan, jenuh dan tidak menyenangi pelajaran matematika Siswa kurang tertarik terhadap pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan siswa menganggap metematika itu pelajaran yang menakutkan serta mempunyai soal-soal yang sulit dipecahkan terutama dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat juga terjadi pada siswa kelas IV SD  Negeri 1 Jatimulyo Kecamatan Petanahan. Di dalam mempelajari topik soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, walaupun murid-murid sudah berulang kali dijelaskan ternyata masih banyak yang belum dapat mengerjakan dengan benar. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa 52 dari 21 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dari data tersebut diketahui ketuntasan belajar 33% siswa tuntas dan 67% siswa tidak tuntas dengan rincian 7 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas. Perlu diketahui KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 70.
Berbagai faktor di atas, penggunaan media menjadi salah satu solusi yang tepat dalam menentukan keberhasilan pembelajaran Matematika. Dalam proses pembelajaran guru berperan sebagai komunikator dan siswa adalah komunikan sehingga  dalam menyampaikan materi diperlukan perantara berupa media agar dapat  merangsang perhatian minat pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Berdasarkan permasalahan yang ada dapat di identifikasi masalah sebagai berikut:
1.    Aktivitas siswa terhadap mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat rendah.
2.    Hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat rendah.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan dan didiskusikan dengan teman sejawat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah:
1.    Pembelajaran mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang dilakukan guru kurang menarik bagi siswa.
2.    Guru tidak menggunakan media atau alat yang mendukung dalam penyampaian materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis terdorong mengadakan kegiatan penelitian dengan judul “Penggunaan Media Manik-manik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN1 Jatimulyo.”



B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Apakah penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo?
2.    Bagaimana cara penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo?

C.       Tujuan  Penelitian
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo Kecamatan Petanahan, sedangkan tujuan khusus penelitian ini bertujuan untuk:
1.    Untuk mengetahui keaktifan siswa tentang penggunaan media manik-manik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SDN1 Jatimulyo.
2.    Untuk mendeskripsikan penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN1 Jatimulyo.

                                                                                      
D.       Manfaat Penelitian
1.    Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan tentang penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan hasil beajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
2.    Manfaat Praktis
a.    Manfaat Bagi Guru
1)        Melalui hasil penelitian ini diharapkan guru SDN1 Jatimulyo memiliki pengetahuan dan wawasan tentang penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
2)        Melalui hasil penelitian ini diharapkan guru SDN1 Jatimulyo dapat menggunakan media manik-manik dalam pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
b.    Manfaat Bagi Siswa
1)        Dapat lebih mudah menerima materi pembelajaran karena pembelajaran sesuai dengan pengalaman peserta didik
2)        Dapat mengaktifkan siswa SDN1 Jatimulyo dalam pembelajaran sehingga pembelajaran Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dirasa menarik siswa SDN1 Jatimulyo untuk tetap mengikuti pelajaran.
c.    Manfaat Bagi Sekolah
Memberikan kontribusi yang baik berupa masukan tentang penggunaan media manik-manik yang dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


Yang mau download lengkapnya DISINI

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar